EDUKASI FISIKA DAN PRAKTIK ROKET AIR DI MTS N 6 SIJUNJUNG

Authors

  • Dedi Mardiansyah Universitas Andalas
  • Ramacos Fardela Universitas Andalas
  • Hafizha Fitri Annisa Universitas Andalas
  • Rial Rifwandi Universitas Andalas
  • Juli Fardilla Diana Rapitri Universitas Andalas
  • Rindina Armysa Universitas Andalas

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.19666

Keywords:

physics, newton's laws, water rocket.

Abstract

ABSTRAK

Belajar Fisika bagi beberapa siswa dirasa sulit dan membosankan. Sehingga banyak dari siswa cendrung menghindari Pelajaran fisika. Pelaksanaan pembelajaran yang monoton tanpa praktikum kurang mengembangkan proses berfikir siswa. Padahal kemampuan berfikir siswa dalam membangun konsep Fisika juga bisa dikembangkan melalui kegiatan praktikum. Kegiatan praktikum dapat mengasah rasa ingin tahu siswa dan keterlibatan siswa menjadi lebih besar. Atas dasar itulah kegiatan pengabdian dilakukan dengan tema edukasi Fisika dan praktik roket air di MTSN 6 Sijunjung Sumatera Barat. Siswa diminta terlibat langsung dalam proses kegiatan pembelajaran. Prinsip dasar roket merupakan implemantasi dari perubahan momentum serta Hukum III Newton mengenai aksi-reaksi. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan 3 langkah, yaitu: 1. Ceramah singkat, 2. Demonstrasi langsung, dan 3. Diskusi dan tanya jawab. Dari hasil yang di dapatkan, siswa-siswi lebih antusias belajar fisika karena mereka terlibat langsung didalam praktikum. Diharapkan kedepannya pembelajaran sains juga bisa menggunakan praktikum sebagai salah satu metode untuk meningkatkan minat siswa.

 

Kata kunci: fisika; hukum newton; roket air.

 

ABSTRACT

Learning Physics if it is only carried out in class without practical work does not develop students' thinking processes. In fact, students' thinking abilities in building Physics concepts can also be developed through practical activities. Practical activities can hone students' curiosity and increase student involvement. On this basis, service activities were carried out with the theme of Physics education and water rocket practice at MTs N 6 Sijunjung. The basic principle of a rocket is the implementation of changes in momentum and Newton's Third Law regarding action-reaction. From the results obtained, students were more enthusiastic about studying physics because they were directly involved in the practicum. It is hoped that in the future science learning can also use practicums as a method to increase student interest.

 

Keywords: physics; newton's laws; water rocket.

Author Biographies

Dedi Mardiansyah, Universitas Andalas

Departmen Fisika

Ramacos Fardela, Universitas Andalas

Departemen Fisika

Hafizha Fitri Annisa, Universitas Andalas

Departemen Fisika

References

Basuki, U. J., Sholeh, M., & Triyono, J. (2016). Pengenalan Teknologi Roket Air Pada Remaja Dan Anak-Anak Di Dusun Sembung Sendang Tirto Berbah Kabupaten Sleman. Jurnal Gaung Informatika, 35–44. https://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/GI/article/view/236%0Ahttps://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/GI/article/download/236/193

Broto, P. E. (2023). Design And Manufacture Of Water Rockets For Practicum Activities In Increasing The Demand Of Physics Lessons. 3(1), 75–83. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v3i1.37427

Chandra Prasetyo Oentoro, Marmi Sudarmi, F. S. R. (2003). Pembelajaran Fisika Menggunakan Roket Air ; Sebuah Rancangan Pembelajaran Kontekstual Tentang Gerak , Momentum Dan Tekanan. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan PEendidikan Sains VII UKSW.

Erniwati, Eso, R., & Rahmia, S. (2014). Penggunaan Media Praktikum Berbasis Video Dalam Pembelajaran Ipa-Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Perubahannya. Jurnal Sains DanPendidikan Fisika, 10(3), 269–273.

Haryani, F. F., Amaliah, R., Fitrasari, D., & Viridi, S. (2016). Konsep fisika dalam gerak permainan roket air. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN SAINS “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sains Dan Kompetensi Guru Melalui Penelitian & Pengembangan Dalam Menghadapi Tantangan Abad-21,†245–254.

Hekmah, N. (2022). Implementasi Alat Peraga IPA “Roket Air†Berbasis Project Based Learning (PJBL) Dengan Memanfaatkan Barang Bekas Pada Materi Tekanan Hidrostatis Siswa …. EduCurio: Education Curiosity, 2013. http://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/69%0Ahttp://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/download/69/40

Nurhaliza, Yakob, M., & Nafaida, R. (2019). Pengembangan Modul Lab Mandiri Roket Air Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Hukum III Newton Di SMA Negeri 4 Langsa. Gratvitasi: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 2(2), 1–6. https://ejurnalunsam.id/index.php/JPFS/article/view/1704/1285

Pitriana, P., Agustina, R. D., Zakwandi, R., Ijharudin, M., & Kurniawan, D. T. (2018). Fun Science: Roket Air Sebagai Media Edu-Sains untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 2(1), 1–7. https://doi.org/10.30599/jipfri.v2i1.143

Sari, T. P., Issafira, R. D., Saputro, W., Faizin, A. K., & Hasan, N. (2023). PELATIHAN RANCANG BANGUN ROKET AIR KEPADA SISWA SMAN 8 MALANG. III(1), 47–53.

Setiawan, J. T., Rohim, D. C., & Rusilowati, A. (2023). Peningkatan Struktur Kognitif Fisika Siswa SMK pada Pembelajaran Roket Air. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 8(3), 567. https://doi.org/10.28926/briliant.v8i3.1403

Downloads

Published

2023-12-08

Issue

Section

Articles