PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS CONCEPTUAL CHANGE TEXT BAGI GURU KELAS SD

Authors

  • Yogi Kuncoro Adi PGMI, FTIK, UIN SALATIGA

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.19697

Keywords:

science learning materials, conceptual change text, elementary school teacher.

Abstract

ABSTRAK

Perkembangan kurikulum selalu membawa perkembangan pembelajaran. Dalam bentuk terpadu, bahan ajar IPA SD harus dikembangkan untuk mencapai nilai inovatif. Melalui bantuan Conceptual Change Text (CCT), guru diharapkan mampu mengembangkan bahan ajar IPA SD untuk mengatasi miskonsepsi siswanya. Guru sendiri mungkin saja menimbulkan miskonsepsi di kalangan siswa. Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan melalui metode pelatihan yang terdiri dari sesi ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan. Modus yang digunakan adalah tatap muka dengan tiga kali pertemuan, terdiri dari ceramah, pendampingan pengembangan bahan ajar, dan refleksi-evaluasi program ini. Keberhasilan program ini diukur melalui kuesioner mengenai pemahaman dan dampak pelatihan. Pada akhirnya, program ini dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam mengembangkan bahan ajar IPA SD yang dapat mengatasi miskonsepsi. Namun, guru memerlukan dukungan lebih dalam mengimplementasikan pemahaman dan keterampilannya secara mandiri.

 

Kata kunci: bahan ajar ipa; conceptual change text, guru sd.

 

ABSTRACT

Curriculum developments always bring learning developments. In the integrated form, Elementary science teaching materials must be developed to achieve innovative value. Through the assistance of Conceptual Change Text (CCT), teachers are expected to be able to develop elementary science teaching materials to overcome their students' misconceptions. The teachers themselves may cause misconceptions among students. This community service is implemented through a training method consisting of lecture sessions, discussions, questions and answers, and assignments. The mode used is face-to-face with three meetings, consisting of lectures, assistance in developing teaching materials, and reflection-evaluation of this program. The success of this program is measured through a questionnaire regarding the understanding and impact of the training. Ultimately, this program can improve teachers' understanding and skills in developing elementary science teaching materials that can overcome misconceptions. However, teachers need more support in implementing their understanding and skills independently.

 

Keywords: science learning materials; conceptual change text; elementary school teacher.

References

Creswell, J. W. (2012). Educational research: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research 4th ed. Pearson Education Inc.

Damayanti, D. D., & Sukarmin. (2019). Pengembangan software anti mischem (sam) untuk mendeteksi dan mereduksi miskonsepi siswa dengan strategi conceptual change text pada materi struktur atom kelas x. UNESA Journal of Chemical Education, 8(1), 59–66. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/ujced.v8n1.p%25p

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to design and evaluate research in education. McGraw-Hill.

Ilhamdi, M. L., Novita, D., & Rosyidah, A. N. K. (2020). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis ipa sd. Jurnal KONTEKSTUAL, 1(2), 49–57. https://doi.org/https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i02.162

Kumalaningtias, R., & Sukarmin. (2019). Pengembangan software anti mcb dengan strategi conceptual change text untuk mereduksi miskonsepsi pada materi ikatan kimia. Unesa Journal of Chemical Education, 8(3), 420–426. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/ujced.v8n3.p%25p

Maghfiroh, N., & Sukarmin. (2021). Pengembangan media interaktif misabas untuk mendeteksi dan mereduksi miskonsepsi siswa pada materi asam basa melalui strategi conceptual change text. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 17–33. https://doi.org/10.32832/educate.v6i1.3942

Prastowo, A. (2014). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Diva Press.

Pratama, E. Y., & Sukarmin. (2021). Pengembangan media interaktif hace (hydrocarbon) dalam mereduksi miskonsepsi peserta didik dengan strategi conceptual change text pada materi hidrokarbon. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 14(1), 41–50. https://doi.org/10.24114/jtp.v14i1.22641

Sa’diyah, E. Z., & Sukarmin. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif c-bonds untuk mendeteksi dan mereduksi miskonsepsi dengan strategi conceptual change text. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(4), 1039–1050. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jtp.v14i1.22641

Saputri, C. Y., & Sukarmin. (2019). Pengembangan software anti miskim untuk mereduksi miskonsepsi melalui strategi conceptual change text siswa kelas xi pada materi asam basa. Unesa Journal of Chemical Education, 8(3), 463–468. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/ujced.v8n3.p%25p

Sugiarti, F., & Sukarmin. (2019). Mendeteksi dan mereduksi miskonsepsi dengan menggunakan software dered misequilibri pada materi kesetimbangan kimia. Unesa Journal of Chemical Education, 8(1), 94–100. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/ujced.v8n1.p%25p

Suparno, P. (2013). Miskonsepsi & perubahan konsep dalam pendidikan fisika (2nd edition). PT Grasindo.

Utami, D. B., Rahmawati, Y., & Slamet, R. (2017). Penggunaan conceptual change text dengan model pembelajaran 5e untuk mengatasi miskonsepsi siswa pada materi asam basa di sman 4 tambun selatan. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 7(1), 30–37. https://doi.org/10.21009/jrpk.071.10

Wardani, K. S. K., Astria, F. P., Nurwahidah, & Hasnawati. (2023). Workshop pengembangan kegiatan pembelajaran ipa berbasis etnosains pada calon guru sekolah dasar. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(3), 1980–1985. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i3.17239

Zainab, & Sukarmin. (2020). Pengembangan software anti mischem untuk mereduksi miskonsepsi peserta didik pada materi hidrolisis garam dengan strategi conceptual change text development of software anti mischem to reduce misconception of students in hydrolysis of salt with conceptual. UNESA Journal of Chemical Education, 9(3), 387–396. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/ujced.v9n3.p387-396

Downloads

Published

2023-12-08

Issue

Section

Articles