STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA SUSU KEDELAI UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DI KOTA MAKASSAR

Authors

  • Rahmawati Tahir Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian YAPI Bone
  • Andi Murniati Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Yapi Bone
  • Andi Tenri Lawa Putri Lanrang Haris Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tri Dharma Nusantara
  • Andi Tenri Ellyana Haris Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tri Dharma Nusantara
  • Dian Utami Zainuddin Universitas Sulawesi Barat

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.19798

Keywords:

strategy, development, business, soy milk

Abstract

ABSTRAK

Program Kegiatan Pengabdian Masyarakat bekerjasama dengan Mitra ATI (Air Tahu Alami) merupakan salah satu UKM home industry. Adapun tujuan dari PKM ini yaitu untuk meningkatkan kegiatan usaha dengan perbaikan manajemen, peningkatan produksi, kemasan baru, promosi & pembuatan Ms. Exel yang memberikan berbagai keunggulan. Adapun tahapan pada PKM ini yaitu Tahapan persiapan, tahapan pengadaan alat dan bahan, tahapan pendampingan proses pembuatan susu kedelai, tahapan pendampingan desain kemasan dan labeling, tahapan pendampingan pembuatan laporan menggunakan Exel. Adapun luaran dari Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat PKM ini menjadikan usaha home industry ATI (Susus Air Tahu) menggunakan suatu konsep inovasi, penetrasi pasar, dimana mitra fokus pada penjualan produk yang sebelumnya telah ada di pasar dengan peningkatan jumlah produksi, menggunakan kemasan desain dan labeling baru yang menarik dan pembukuan laporan  usaha menggunakan perangkat Ms. Excel. Dimana usaha ATI tersebut berada pada posisi progresif, yaitu kuat dan dapat bersaing. Sehingga dapat memperbaiki perekonomian.

 

Kata Kunci : strategi; pengembangan; usaha; susu kedelai

 

ABSTRACT

The Community Service Activity Programme, in collaboration with ATI Partners (Air Tahu Alami), is one of the UKM home industries. The aim of this PKM is to increase business activities by improving management, increasing production, new packaging, promotion, and making Ms. Excel, which provides various advantages. The stages in this PKM are the preparation stage, the stage for procuring tools and materials, the stage for assisting in the process of making soy milk, the stage for assisting with packaging design and labeling, and  the stage for assisting in making reports using Excel. The output of this PKM Community Service Activity is that the home industry business ATI (Susus Air Tahu) uses the concept of innovation and market penetration, where partners focus on selling products that previously existed on the market by increasing the amount of production and using new packaging designs and labeling. interesting and bookkeeping business reports using MS Excel. ATI's business is in a progressive position, namely strong and able to compete. So it can improve the economy.

 

Keywords: strategy; development; business; soy milk

Author Biography

Rahmawati Tahir, Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian YAPI Bone


References

Arianty. N.,MD. Masyhura. (2019). Strategi Pemasaran Susu Kedelai Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Keluarga. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 2019, hal 257-264 Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat ISSN 2714-8785 DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3620

Cahyani, S. D., Imamah, N., & Wahyuni, S. T. (2021). Strategi Pengembangan Pengelolahan Susu Sari Kedelai di Desa Modopuro Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto. Bharanomics, 1(2), 114-120. https://doi.org/10.46821/bharanomics.v1i2.160

Fajarningsih, R. U., & Riptanti, E. W. (2016). Peningkatan Usaha Susu Kedelai Skala Home Industry. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni bagi Masyarakat), 4(2). https://jurnal.uns.ac.id/jurnal-semar/article/view/4540

Lubis, I., Lubis, H., Effendy, M. F., Zulkirahmadhani, D., Putri, M. I., & Aslamiyah, R. (2022). Pembuatan Desain Logo Dan Kemasan Susu Kedelai Serta Pemasaran Produk Berbasis Sosial Media. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(07), 793-797. file:///Users/user/Downloads/723+793-797.pdf

Masdani, M., & Ariyanto, A. (2021). PKM Usaha Air Susu Kedelai Untuk Home Industry. Jurnal Pengabdian Masyarakat Polmanbabel, 1(01), 29-35. https://ejournal.polman-babel.ac.id/index.php/dulang/article/view/145

Mawarni, R. D., Anggraini, Y., & Jumari, A. (2018). Pembuatan Susu Kedelai Yang Tahan Lama Tanpa Bahan Pengawet. Prosiding SNTK Eco-SMART, 1(1). https://jurnal.uns.ac.id/ecosmart/article/view/29592

Nirmagustina, D. E., & Rani, H. (2013). Pengaruh jenis kedelai dan jumlah air terhadap sifat fisik, organoleptik dan kimia susu kedelai. Jurnal Teknologi & Industri Hasil Pertanian, 18(2), 168-174. https://jurnal.fp.unila.ac.id/index.php/JTHP/article/view/188

Prasetiyo, J., Debora, F., Pupung, M., & Widodo, A. (2022). Perbaikan Desain Kemasan Makanan Ringan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD). Jurnal Optimalisasi, 8(1), 96-105. http://jurnal.utu.ac.id/joptimalisasi/article/view/5334

Sari, A. M., Yudistirani, S. A., Sudarwati, W., & Aqli, W. (2021, February). Solusi Bertahan bagi UKM Produk Susu Kedelai di Masa Pandemi. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/8076

Sari, C. T., & Indriani, E. (2017). Pentingnya Pembukuan Sederhana Bagi Kelompok UMKM KUB Murakabi Desa Ngargoyoso. Wasana Nyata, 1(1),17-21. https://doi.org/10.36587/wasananyata.v1i1.189

Sawitri, M. E., Manab, A., Siswijono, S. B., Rahayu, P. P., & Andriani, R. D. (2017). Pengembangan Usaha Pengolahan Susu Kedelai menjadi Pangan Fungsional Soyagurt dan Tawasutra di Kecamatan Karangploso dan Sukun Kabupaten Malang. JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 2(2), 8-14. https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/japi/article/view/823

Setiawan, O. (2020). STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS SUSU KEDELAI DI DESA KEDUNG BOTO KECAMATAN TAMAN. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Teknik Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo (Vol. 1). https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/teknik/article/view/666

Supardi, N. (2023). Penyuluhan Tentang Manfaat Sari Kacang Kedelai Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Ibu hamil di Puskesmass Bontomarannu Kabupaten Gowa. Jurnal Pengabdian Ilmu Kesehatan, 3(1), 56-63.DOI: https://doi.org/10.55606/jpikes.v3i1.1387

Widiati, A. (2019). Peranan kemasan (packaging) dalam meningkatkan pemasaran produk usaha mikro kecil menengah (umkm) di “mas pack†terminal kemasan Pontianak. Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura, 8(2), 67-76. https://core.ac.uk/download/pdf/326041462.pdf

Winarsih, H. (2010). Protein Kedelai Dan Kecambah. Yogyakarta: Kanisius.

Downloads

Published

2023-12-11

Issue

Section

Articles