PMP MGMP GURU PPKN PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN PEMBUATAN BUKU AJAR BERBASIS DIGITAL BERBASIS FLIPBOOK

Authors

  • I Nyoman Sudirman ITP Markandeya Bali
  • Desak Putu Anam Janawati ITP Markandeya Bali
  • I Nengah Sueca ITP Markandeya Bali
  • Kadek Yogi Dwi Payana Putra ITP Markandeya Bali
  • Ni Komang Febrianti ITP Markandeya Bali

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.19890

Keywords:

digital textbooks based on flipbooks, PPKN teachers, educational technology

Abstract

ABSTRAK

Kabupaten Bangli, Provinsi Bali, memiliki 13 Sekolah Menengah Keguruan (SMK) yang tersebar di 4 Kecamatan. Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan merupakan bagian penting dari kurikulum di SMK tersebut. Namun, belum ada kantor resmi untuk organisasi MGPM PPKN di Kabupaten Bangli, dan guru-guru PPKN menghadapi kendala dalam mengembangkan buku ajar digital berbasis flipbook. Dalam rangka mengatasi permasalahan ini, dilakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat Pemula (PMP) dengan pendekatan berbagai metode seperti sosialisasi, pelatihan, pendampingan, evaluasi, dan keberlanjutan program. Tujuan kegiatan pengabdian ini ialah memberikan pengetahuan dan pemahaman terhadap guru membuat buku ajar digital berbasis flipbook dengan menggunakan aplikasi canva dan heyzine. Kegiatan ini melibatkan guru-guru PPKN SMK di Kabupaten Bangli. Hasil dari kegiatan ini adalah peningkatan pemahaman guru-guru PPKN tentang pembuatan buku ajar digital berbasis flipbook menggunakan aplikasi Canva dan Heyzine. Mereka juga berhasil membuat beberapa buku ajar PPKN berbasis flipbook, yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah-sekolah di Kabupaten Bangli. Kegiatan PMP ini memberikan dampak positif dalam menyegarkan dan memperbarui pemahaman guru-guru PPKN tentang pemanfaatan teknologi dalam pendidikan. Saran untuk ke depan adalah melanjutkan pendampingan dan pelatihan serupa serta memperluas dampak positif ini ke wilayah lain di Provinsi Bali.

 

Kata kunci: buku ajar digital berbasis flipbook; guru PPKn; teknologi pendidikan

 

ABSTRACT

Bangli Regency, Bali Province, has 13 Teachers' Secondary Schools (SMK) spread across 4 sub districts. Learning Pancasila and Citizenship Education is an important part of the curriculum at the vocational school. However, there is no official office for the MGPM PPKN organization in Bangli Regency, and PPKN teachers face obstacles in developing flipbook-based digital textbooks. In order to overcome this problem, Beginner Community Service (PMP) activities were carried out using various methods such as socialization, training, mentoring, evaluation and program sustainability. The aim of this service activity is to provide knowledge and understanding for teachers to create flipbook-based digital textbooks using the Canva and Heyzine applications. This activity involved PPKN SMK teachers in Bangli Regency. The result of this activity is an increase in PPKN teachers' understanding of creating flipbook-based digital textbooks using the Canva and Heyzine applications. They also succeeded in making several flipbook-based PPKN textbooks, which can improve the quality of learning in schools in Bangli Regency. This PMP activity has had a positive impact in refreshing and updating PPKN teachers' understanding of the use of technology in education. Suggestions for the future are to continue similar assistance and training and expand this positive impact to other areas in Bali Province.

 

Keywords: digital textbooks based on flipbooks; PPKN teachers; educational technology

References

Pahmi, S., Suciani, A., Yulianti, R., Putri, C. S., & Sagita, T. (2021). Pendampingan Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa Di Desa Gegerbitung. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1), 55–59. Https://doi.org/10.31334/jks.v4i1.1635

Setiani, R., Susanti, E., Susilowati, R., Hardiyanto, A., Kotabumi, U. M., Sari, S., Utara, K. L., Studi, P., Bahasa, P., & Ajar, B. (2022). Pendampingan Pembuatan Buku Ajar Berbasis IT Pada Sekolah Muhammadiyah di Kecamatan Kotabumi ( Solusi Alternatif Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 ). Jurnal Abdimas PHB, 5(3), 525–534.

Sukmanasa, E., Novita, L., & Maesya, A. (2020). PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON BAGI GURU SEKOLAH DASAR GUGUS 1 KOTA BOGOR Pendahuluan. 16(1), 95–105.

Azizah, V. N., & Budijastuti, W. (2021). Media Pembelajaran Ilustratif E-Book Tipe Flipbook Pada Materi Sistem Imun Untuk Melatihkan Kemampuan Membuat Poster. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 2(2), 40–51. https://doi.org/10.26740/jipb.v2n2.p40-51

Pahmi, S., Suciani, A., Yulianti, R., Putri, C. S., & Sagita, T. (2021). Pendampingan Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa Di Desa Gegerbitung. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1), 55–59. https://doi.org/10.31334/jks.v4i1.1635

Putri, R. I. R., Sa’diyah, K., Mukmila, A., & Widyaningrum, D. A. (2022). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat JURNAL DAMARWULAN Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 45–49.

Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi canva sebagai media pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335–343.

Rukmi, W., Astuti, D., Nathanael, G. K., & Yudono, R. M. (2022). Penyuluhan Peningkatan Kesadaran Bela Negara Di Paud Srikandi , Jakarta Timur. 2(1), 7–11.

Setiani, R., Susanti, E., Susilowati, R., Hardiyanto, A., Kotabumi, U. M., Sari, S., Utara, K. L., Studi, P., Bahasa, P., & Ajar, B. (2022). Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis IT Pada Sekolah Muhammadiyah di Kecamatan Kotabumi ( Solusi Alternatif Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 ). Jurnal Abdimas PHB, 5(3), 525–534.

Sriyanto, S. (2019). BAHAN AJAR PPKn BERBASIS KARAKTER DAN LITERASI UNTUK SISWA KELAS IX SMP AL HIKMAH SURABAYA. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(2), 130–142. https://doi.org/10.17977/um039v4i22019p130

Sudirman, I. N., Komang, N., Ani, P., & Utari, P. D. (2023). ANALISIS KEBUTUHAN SISWA TERHADAP PENGEMBANGAN MEDIA AJAR DIGITAL PENDIDIKAN IPS. 6(1), 51–54.

Sukmanasa, E., Novita, L., & Maesya, A. (2020). PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON BAGI GURU SEKOLAH DASAR GUGUS 1 KOTA BOGOR Pendahuluan. 16(1), 95–105.

Downloads

Published

2023-12-07

Issue

Section

Articles