PENGENALAN APLIKASI ANDROID SEBAGAI BAHAN BANTU PENGAJARAN MATA PELAJARAN KIMIA SMA
DOI:
https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2656Keywords:
education, software, technology.Abstract
ABSTRAK
Pengabdian masyarakat yang dilakukan pada beberapa sekolah menengah atas di daerah Banjarmasin ini bertujuan untuk mengenalkan  pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran.Pengabdian ini berfokus pada pemanfaatan teknologi berbasis perangkat lunak Android pada ponsel siswa sekolah menengah atas di daerah Banjarmasin untuk digunakan sebagai media belajar. Sehingga pelajar tidak merasa jenuh saat melakukan aktivitas pembelajaran. Berdasarkan observasi dan pembagian angket pada 34 siswa di 5 sekolah menengah atas daerah Banjarmasin didapatkan bahwa lebih dari 80% siswa-siswa di sekolah menengah atas masih menggunakan media konvensional dalam memahami sebuah materi pelajaran. Selain itu penggunaan teknologi dalam memahami materi pembelajaran didapatkan siswa dari internet dan hanya sedikit yang mengetahui bahwa sudah ada aplikasi-aplikasi berbasis android yang bisa digunakan sebagai salah satu media pembelajaran. Hal ini menjadi salah satu faktor pendorong rendahnya minat anak untuk belajar sehingga ada anggapan jika mata pelajaran tertentu sangat sulit dipahami, terutama mata pelajaran berbasis sains. Salah satu solusi yang coba ditawarkan adalah penggunaan aplikasi berbasis android sebagai media pembelajar. Hal ini ditunjang dengan gaya keseharian pelajar zaman sekarang yang tidak terlepas dari penggunaan gawai. Sosialisasi penggunaan aplikasi kepada siswa sekolah menengah atas menunjukkan hasil yang positif, dimana siswa merasa terbantu untuk memahami materi pembalajaran. Hal ini dapat dilihat dari respon pengisisan kuosiener setelah pengenalan aplikasi, dimana lebih dari 95% responden merasa lebih mudah memahami materi dengan adanya aplikasi android.
Â
Kata kunci:pendidikan; perangkat lunak; teknologi.
Â
ABSTRACT
This community service which was carried out at several senior high schools in the Banjarmasin area aims to introduce the use of technology as a learning medium. This service focuses on the use of Android software-based technology on the mobile phones of high school students in the Banjarmasin area to be used as learning media. So that students do not feel bored when doing learning activities. Based on observations and questionnaires distribution to 34 students in 5 high schools in the Banjarmasin area, it was found that more than 80% of students in high schools still used conventional media in understanding a subject matter. In addition, the use of technology in understanding learning material is obtained by students from the internet and only a few know that there are Android-based applications that can be used as a learning medium. This is one of the factors driving children's low interest in learning so that there is an assumption that certain subjects are very difficult to understand, especially science-based subjects. One solution that is being offered is the use of Android-based applications as a learning medium. This is supported by the daily style of students today which cannot be separated from the use of gadgets. The socialization of the use of the application to high school students shows positive results, where students find it helpful to understand the learning material. This can be seen from the response to filling in the questionnaire after the introduction of the application, where more than 95% of respondents find it easier to understand the material with the android application.
Â
Keywords: education; software; technology.
References
Agarwal, M., & Saha, S. (2011). Learning chemistry through puzzle based game: Atoms to Molecule. ICETA 2011 - 9th IEEE International Conference on Emerging ELearning Technologies and Applications, Proceedings, 189–193. https://doi.org/10.1109/ICETA.2011.6112613
Andiani, T. (2015). Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sosial Budaya: Media Komunikasi Ilmu-Ilmu Sosial Dan Budaya, 12(1).
B.Ses, E. Polonia, dkk. (2015). Pemanfaatan Aplikasi Mobile Berbasis Android dalam Pembelajaran Fisika SMA. Seminar Nasional Fisika Dan Pembelajarannya 2015 (95).
Ismanto, Edi, dkk. (2017). Pemanfaatan Smartphone Android Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru Sma Negeri 2 Kota Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 1(1), 42. 10.37859/jpumri.v1i1.33.
Kuswanto, Joko & Radiansyah, Ferri. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1), 15-20.
Listiani, L., & Kusuma, A. E. (2017). Memperkenalkan Penerapan Strategi Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik Kepada Guru Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Singkat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 1(1), 1. https://doi.org/10.35334/jpmb.v1i1.235
Nurmala. (2019). Pemanfaatan Internet sebagai Media E-Learning untuk Siswa dan Guru SMPN 3 Tarakan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 2(2), 21. https://doi.org/10.35334/jpmb.v2i2.518
Sutabri, T. (2014). Pengantar Teknologi Informasi (A. Sahala & S. Wibowo (eds.); 1st ed.). CV. Andi Offset.
U.Labib, & B.Yolinda. (2019). Pengembangan Aplikasi berbasis Android yang Terintegrasi dengan Website sebagai Media Pembelajaran Biologi. Jurnal Bioterdidik, 7(5), 33-42.
Zulfadhilah, M., & Hidayah, N. (2019). Aplikasi Penyusunan Ikatan Kimia Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Edik Informatika, 6(1), 37–41. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22202/ei.2019.v6i1.3690
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.