WORKSHOP STRATEGI PENINGKATAN POPULARITAS KONTEN SERTA MENJAGA KEAMANAN DATA PRIBADI DI BERBAGAI PLATFORM MEDIA SOSIAL

Authors

  • Siti Alvi Sholikhatin Universitas Amikom Purwokerto
  • Wanda Fitrianingsih Universitas Amikom Purwokerto
  • Sahira Dhiyaulhaq Universitas Amikom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2929

Keywords:

community service, workshop, social media, security, personal data.

Abstract

ABSTRAK

Media sosial telah merubah gaya hidup masyarakat di era digital yang perkembangannya kini semakin pesat. Media sosial dimanfaatkan oleh masyarakat di berbagai bidang kehidupan, tak terkecuali di bidang pendidikan. Penggunaan media sosial selain untuk mendukung kegiatan belajar mengajar, juga sebagai media promosi institusi tersebut kepada masyarakat luas. Popularitas media sosial mempengaruhi rating dan bagaimana seseorang menciptakan branding untuk diri mereka. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang efektif agar media sosial yang digunakan dapat memberikan manfaat yang optimal. Aspek lain yang tak kalah penting adalah menjaga keamanan informasi data diri seseorang di akun media sosial. Oleh sebab itu, pengetahuan untuk meningkatkan kesadaran diri akan pentingnya menjaga keamanan informasi data diri perlu terus digalakkan, terutama di kalangan guru yang menjadi penggiat media sosial baik untuk kepentingan pribadi maupun institusi. Menjawab kebutuhan tersebut, maka diadakan workshop tentang keamanan data diri dan konten media sosial. Tujuan diadakannya workshop ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga keamanan data pribadi sekaligus mempelajari strategi tentang peningkatan popularitas konten di media sosial. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan workshop ini adalah dengan penyampaian materi dalam bentuk ceramah, hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini yaitu sebanyak 90% guru di SMP Negeri 3 Purbalingga menilai bahwa workshop ini sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan kesadaran dalam menjaga data pribadi di akun media sosial.

 

Kata kunci: pengabdian masyarakat; workshop; media sosial; keamanan; data pribadi.

 

ABSTRACT

Social media has changed the lifestyle of people in the digital era. Social media is used in various fields, including education. The use of social media is not only to support the teaching process and learning activities, but also to promote the institution to the wider community. The popularity of social media influences rating and how a person creates branding for themselves. Therefore, an effective strategy is needed so that the social media can provide optimal benefits. Another aspect that is also important is the security of personal data on social media accounts. Thus, knowledge to increase self-awareness of the importance of maintaining the security of personal data information needs to be continuously promoted, especially among teachers who are social media activists for both personal and institutional interests. Responding to the need, workshop about privacy security and social media content was held.   This workshop is conducted with the main goal is to raise the awareness of privacy security and strategic ways to improve popularity in social media. The method used in this workshop is a lecture performed in front of the audience, and the result shows as many as 90% of teachers at SMP Negeri 3 Purbalingga considered this workshop is useful to increase knowledge and awareness in maintaining personal data on social media accounts.

 

Keywords: community service; workshop; social media; security; personal data.

References

Ahmad Fathan Hidayatullah. (2016). Twitter Sebagai Media Dakwah. Teknoin, 22(1), 38–43.

Ali, I. (2012). Kejahatan Terhadap Informasi (Cybercrime) Dalam Konteks Perpustakaan Digital. Visi Pustaka, 14(1), 32–38.

Andriany, D., & Arda, M. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Impulse Buying Pada Generasi Millenial. Festival Riset Ilmiah Manajemen & Akuntansi, 6681, 428–432.

Group, K. G. D. (2020). Kompas.com. https://tekno.kompas.com/read/2016/09/30/17120067/kenapa.banyak.serangan.cyber.dari.indonesia.?page=all

Hanifawati, T., Ritonga, U. S., & Puspitasari, E. E. (2019). Popularitas Merek di Sosial Media: Analisis Pengaruh Waktu, Konten, dan Interaksi Merek. Esensi: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 9(1), 9–26. https://doi.org/10.15408/ess.v9i1.9037

Inc., W. A. S. (2020). We Are Social. https://wearesocial.com/

Inc, H. (2020). Social is your superpower. https://hootsuite.com/id/

Izzati, A. N., Pratama, A., Aristamy, I. M., Najwa, N. F., & Rakhmawati, N. A. (2018). KATEGORISASI JENIS INTERAKSI PEMERINTAH DAN MASYARAKAT SERTA POPULARITAS MEDIA SOSIAL PEMERINTAH DAERAH. Jurnal Sistem Informasi, 14(1), 1–8.

Junaidi, J., Alfiah, F., Susanti, E., Kristinna, J., Ardiansyah, O. R., & Pradipta, D. (2015). Manfaat Menganalisis Pengaruh Sosial Media Facebook Terhadap Kampanye Politik Di Indonesia. Seminar NasionalTeknologiInformasidan Multimedia, 6–8. https://www.ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/download/1020/982

Rahayu, E. S., & Laela, S. (2018). Pengaruh Minat Berwirausaha Dan Penggunaan Sosial Media Terhadap Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(3), 203. https://doi.org/10.33370/jpw.v20i3.246

Rorimpandey, P. A. (2016). Perilaku Komunikasi Mahasiswa Pengguna Sosial Media Path (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Sam Ratulangi). Acta Diurna, 5(3), 1–5.

Sindang, E. (2013). Manfaat Media Sosial Dalam Ranah Pendidikan dan Pelatihan. Pusdiklat KNPK, 1–8.

Siswanto, T. (2018). Optimalisasi Sosial Media Sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah. Liquidity, 2(1), 80–86. https://doi.org/10.32546/lq.v2i1.134

Downloads

Published

2020-11-01

Issue

Section

Articles