UPAYA PENINGKATAN SADAR WISATA BERBASIS BAHASA DAN KEWIRAUSAHAAN PADA KEGIATAN PROMOSI KAMPUNG WISATA KUNGKUK
DOI:
https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.3087Keywords:
tourism village development, language awareness, tourism awareness, local economy.Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan dan menerapkan pengetahuan terkait kegiatan promosi berbasis Bahasa dan kewirausahaan masyarakat desa wisata. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan ini adalah ceramah bervariasi, demonstrasi, dan latihan. Pendampingan kegiatan pengabdian ini dilakukan secara luring dan daring. Kegiatan secara luring dilaksanakan secara sarahsehan dengan mentaati protocol kesehatan yang disarankan oleh pemerintah. Kegiatan luring terdiri dari pelatihan Bahasa Inggris, pelatihan promosi wirausaha, peluncuran aplikasi untuk latihan komunikasi Bahasa Inggris, pemasangan pelakat petunjuk arah sebagai promosi wisata serta kerjasama untuk menjadikan dusun-dusun lainnya menjadi dusun tematik dengan potensi wisata yang dimiliki. Kegiatan secara daring juga dilakukan pelatihan melalui aplikasi yang didesain khusus untuk pembelajaran komunikasi bagi penggiat wisata. Hasil dari pengabdian ini adalah peserta memahami dan dapat mempraktekkan secara langsung kegiatan promosi melalui Bahasa dan wirausaha untuk peningkatan kualitas pelayanan dan peningkatan kualitas ekonomi masyarakat lokal desa wisata.
Â
Kata kunci: pengembangan desa wisata; sadar bahasa; sadar wisata; ekonomi lokal.
Â
ABSTRACT
The purpose of this community service is to provide and apply knowledge related to language-based promotion activities and entrepreneurship in tourism village communities. The methods used to achieve the goal are varied lectures, demonstrations, and exercises. Assistance for this service activity is carried out offline and online. Offline activities are carried out in a sarahsehan manner in accordance with the health protocol recommended by the government. Offline activities consist of English language training, entrepreneurial promotion training, launching applications for English communication training, installing direction signs as tourism promotions and cooperation to turn other hamlets into thematic hamlets with their tourism potential. Online activities are also conducted through training through applications specifically designed for communication learning for tourism activists. The result of this service is that participants understand and can directly practice promotional activities through language and entrepreneurship to improve service quality and improve the economic quality of local tourism village communities.
Â
Keywords: tourism village development; language awareness; tourism awareness; local economy.
References
Akhiruddin, Sujarwo, Atmowardoyo, H., & Nurhikmah. (2019). BAHAN AJAR: BELAJAR DAN PEMBELAJARAN.
Antara, M., & Arida, N. S. (2015). Panduan Pengelolaan Desa Wisata Berbasis Potensi Lokal. Konsorium Riset Pariwisata Universitas Udayana, 23.
Arida, I. N. S., & Pujani, L. K. (2017). Kajian Penyusunan Kriteria-Kriteria Desa Wisata Sebagai Instrumen Dasar Pengembangan Desawisata. Jurnal Analisis Pariwisata, 17(1), 1–9.
Costache, M. (2010). Qualman, Eric. (2009) Socialnomics: how social media transforms the way we live and do business. John Wiley & Sons, New Jersey. Journal of Comparative Research in Anthropology and Sociology, 1(2), 225–228. http://search.proquest.com/docview/1040722412?accountid=28180%5Cnhttp://xt6nc6eu9q.search.serialssolutions.com/?ctx_ver=Z39.88-2004&ctx_enc=info:ofi/enc:UTF-8&rfr_id=info:sid/ProQ:pqrl&rft_val_fmt=info:ofi/fmt:kev:mtx:journal&rft.genre=unknown&rft.jtitle=
Raden Rizky Amaliah, Abdul Fadhil, S. N. (2014). Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta. Studi Al-Qur’an; Membangun Tradisi Berfikir Qur’an, 10(2), 119–131. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jsq/article/view/4441
Samiarta, I. G., & Mahagangga, I. G. A. O. (2016). PERKEMBANGAN DESA WISATA DI KABUPATEN BADUNG (Studi Kasus Desa Wisata Baha). Jurnal Destinasi Pariwisata, 4(2), 114. https://doi.org/10.24843/jdepar.2016.v04.i02.p20
Sastrayuda, G. (2010). KONSEP PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA SPA ( SOLUS PER AQUA ). 1–17.
Setyanto, A. (2014). Pentingnya Penguasaan Bahasa dan Budaya Asing Sebagai Pendukung Utama Sektor Pariwisata. Jurnal Pariwisata: FIB Universitas Brawijaya, 1(1), 1–12.
Sukma, A. I. N. (2014). Buku Ajar Pariwisata Berkelanjutan.
Titin, S. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Praktik Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Studia Didkatika Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2), 1–18.
Wibowo, A., & Kristina, D. (2018). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BAHASA INGGRIS DALAM MEDIA PROMOSI PARIWISATA SOLO RAYA MENUJU PEMBANGUNAN SISTEM ONLINE TOURISM PROMOTION Agus Hari Wibowo, Diah Kristina Abstrak PENDAHULUAN Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam beberapa tahun ter. Cakra Wisata, 19, 12–22.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.