PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH
DOI:
https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3143Keywords:
interactive media, macro media flash, teacher competences.Abstract
ABSTRAK
Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi guru dalam mengajar di dalam kelas dengan menggunakan media interaktif berbasis macromedia flash bagi guru SD Muhammadiyah Kota Medan. Pelatihan dan pendampingan tersebut dalam bentuk training and workshop. Pengabdian diikuti oleh 12 orang guru dari 2 sekolah, SD Muhammadiyah 29 Sei Mencirim dan SD Muhammadiyah 38 Medan Krio. Kegiatan pengabdian ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahapan pertama sosialisasi dengan mengadakan observasi dan wawancara kepada kepala sekolah, tahap kedua pelatihan dan pendampingan dan tahap ketiga evaluasi. Hasil pelatihan dan pendampingan ini menunjukkan bahwa 10 guru (83,33%) guru mampu membuat media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash dan 2 guru (16,7%) belum mampu membuat media pembelajaran berbasis macromedia flash. Hal ini terjadi karena guru baru pertama kali menggunakan software macromedia flash untuk membuat media pembelajaran.
Â
Kata Kunci: media interaktif; macromedia flash; kompetensi guru.
Â
ABSTRACT
This community services activity aims to develop teacher competences in teaching in the class by using Interactive Media based on macromedia flash for teachers’ of SD Muhammadiyah Medan City. Training and mentoring take the form training and workshop. The service is followed by 12 teachers’ from two schools, SD Muhammadiyah 29 Sei Mencirim and SD Muhammadiyah 38 Medan Krio. This service activity consists of three stages, namely the first stage of socialization by conducting observations and interviews with the head master, the second stage of training and mentoring and the third stage of evaluation. The results of training and mentoring show that 10 teachers’ (83,33%) have been able to create learning active media based on macromedia flash dan 2 teachers’ (16,7%) have not been able to create learning interactive media based on macromedia flash. This thing occours as teachers’ have just used Macromedia flash software for the first time to create learning media.
Â
Keywords: interactive media; macro media flash; teacher competences.
Â
References
Ali, M. (2018). Macromedia Flash Untuk Inovasi Pengajaran Matematika Dan Sains SDN Kota Baubau. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI, 2(2), 85–93.
Angraini, L. M., Sudiarta, I. W., Qomariyah, N., Alaa, S., & Handayana, I. G. N. Y. (2019). Peningkatan Kompetensi Komputasi Fisika Dan Kimia Untuk Mahasiswa Program Studi Fisika FMIPA Universitas Mataram. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(3), 37–41.
Kartimi, Mulyani, A., & Riyanto, O. R. (2019). Pemberdayaan Guru Dalam Implementasi Pembelajaran Abad 21. DIMASEJATI, 1(2), 160–170.
Mulyono, A. (2009). Pendidikan Bagi Anak Kesulitan Belajar. Rineka Cipta.
Nugraheny, D., Wintolo, H., Kusum, A., & Sudaryanto. (2018). Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Menggunakan Macromedia Flash Bagi Para Guru SD IT Salsabila Al Muthi ’ in, Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Mayarakat Bidang Teknologi, KACANEGARA, 1(1), 23–28.
Nurgayah. (2011). Strategi Dan Metode Pembelajaran. Cita Pustaka.
Rahmaibu, F. H., Ahmadi, F., & Prasetyaningsih, F. D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 7(1).
Rahmawati, F., Haryanto, & Alamsyah. (2017). Pelatihan Model Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Bagi Guru SMP Negeri 2 Jati Agung Lampung Selatan. Adiguna: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 20–24. http://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/adiguna
Sani, A. R. (2014). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013 (Y. S. Hartati (ed.)). Bumi Aksara.
Sari, H. L., & Negara, E. K. (2011). Media Pembelajaran Kimia Terpadu Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri (MAN) 2 Kota Bengkulu. Jurnal Media Infotama, 7(2), 103–120.
Surachman, E. (2013). Workshop Pemanfaatan Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatkan Efektifitas Pembelajaran Serta Profesionalitas Pendidik Di SMP Negeri 194 Jakarta. Jurnal Sarwahita, 13(2), 111–119. https://doi.org/DOI : https://doi.org/10.21009/sarwahita.132.06
Tri, S., & Atika, N. H. (2018). Penggunaan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (P2TIK) Sektor Pendidikan 2018.
Umbara, U., Rosyid, A., & Setiawan, D. L. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Flash Menggunakan Adobe Animate bagi Guru SMP di Kabupaten Kuningan. Jurnal Pengabdian Pada Mayarakat, 4(1), 93–104. https://doi.org/10.30653/002.201941.84
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.