DASI GANDA ( WADAH PROMOSI DENGAN GAYA BERBEDA ) DI ERA INDUSTRI 4.0 DENGAN PEMANFAATAN PLATFORM BAGI PENGRAJIN SANDAL C’KER

Authors

  • Galang Abdul Aziz Universitas Amikom Purwokerto
  • Nadila Al Azhar Universitas Amikom Purwokerto
  • Fauzan Aufa Pradiva Universitas Amikom Purwokerto
  • Oryz Agnu Dian Wulandari Universitas Amikom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3164

Keywords:

UMKM, digital marketing, bandol sandals.

Abstract

ABSTRAK

UMKM di Indonesia saat ini memiliki pengaruh yang besar dalam membantu meningkatkan kemajuan bangsa. Perkembangan UMKM tersebut, dapat berkembang jauh lebih pesat apabila UMKM dalam pemasarannya mengikuti perkembangan saat ini yaitu dengan menggunakan digital marketing agar dapat terjangkau diberbagai wilayah bahkan hingga ke tingkat Internasional. Kegiatan pemasaran dapat dinilai berhasil apabila produk yang dijual dapat menembus pasaran hingga ke tingkat Internasional. Pemanfaatan dengan menggunakan digital marketing dapat dilakukan dengan memanfaatkan media sosial, marketplace, website sebagai media dalam melakukan berbagai transaksi baik  promosi, menjual produk maupun digunakan sebagai kegiatan transaksi jual – beli bagi pelaku usaha. Kabupaten Banyumas terdapat berbagai UMKM salah satunya adalah pengrajin sandal bandol. Pemasaran sandal bandol di Kabupaten Banyumas saat ini masih menggunakan cara tradisional, sehingga masih banyak masyarakat di Indonesia yang belum mengetahui bahkan mengenal produk sandal bandol. Mitra dari kegiatan pengabdian kami yakni pengrajin Sandal Bandol C’KER di Kabupaten Banyumas milik Bapak Subandi. Tujuan dari pengabdian kami yaitu untuk mengembangkan pemasaran digital bagi pengrajin sandal bandol agar dapat meningkatkan penjualan serta pendapatan bagi pelaku usaha dengan cara membuat wadah promosi dengan memanfaatkan media sosial yang sudah ada serta platform yang telah kami miliki. Metode yang kami gunakan yaitu dengan melakukan wawancara secara daring dikarenakan situasi covid saat ini untuk memperoleh hasil dari perbedaan sebelum dan sesudah dilakukan pendampingan oleh DASI GANDA. Hasil dari kegiatan pengabdian kami setelah melakukan pendampingan kepada pengrajin sandal bandol selama 4 bulan yakni bulan april sampai dengan bulan juli adalah adanya peningkatan penjualan serta respon positif dari masyarakat untuk mengenal jauh produk sandal bandol. Hasil tersebut diperoleh dari hasil wawancara dengan mitra yakni Bapak Subandi yang menyatakan bahwa sebelum dilakukan pendampingan oleh DASI GANDA dengan sistem penjualan secara offline, dapat menjual sandal bandol dalam 1 bulan sebanyak 4-6 buah tetapi setelah dilakukan pendampingan oleh DASI GANDA, dalam 1 bulan dapat menjual Sandal Bandol C’KER sebanyak 8-10 pasang sandal bandol.

 

Kata kunci: UMKM; pemasaran digital; sandal bandol.

 

ABSTRACT

UMKM in Indonesia currently have a big influence in helping to improve the progress of the nation. The development of these UMKM can develop much more rapidly if UMKM in their marketing follow current developments, namely by using digital marketing so that they can be reached in various regions even to the international level. Marketing activities can be considered successful if the products being sold can penetrate the market to the international level. Utilization using digital marketing can be done by utilizing social media, marketplaces, websites as media in carrying out various transactions, both promotions, selling products and being used as buying and selling transactions for business actors. Banyumas Regency has various UMKM, one of which is a bandol sandal craftsman. Currently, the marketing of bandol sandals in Banyumas Regency still uses traditional methods, so that there are still many people in Indonesia who do not know or even know about bandol sandals. The partner of our service activities is the Sandal Bandol C'KER craftsman in Banyumas Regency owned by Mr. Subandi. The goal of our service is to develop digital marketing for bandol sandal craftsmen in order to increase sales and income for business actors by creating a promotional platform by utilizing existing social media and the platforms we already have. The method we use is to conduct online interviews due to the current covid situation to obtain results from differences before and after assistance by DASI GANDA. The result of our service activities after mentoring bandol sandal craftsmen for 4 months, from April to July, is an increase in sales and a positive response from the community to get to know the bandol sandal products. These results were obtained from the results of interviews with partners, namely Mr. Subandi, who stated that before assistance by DASI GANDA with an offline sales system, he could sell 4-6 bandol sandals in 1 month but after assistance by DASI GANDA, within 1 month sells C'KER Bandol Sandals as many as 8-10 pairs of bandol sandals.

 

Keywords: UMKM; digital marketing; bandol sandals.

Author Biography

Galang Abdul Aziz, Universitas Amikom Purwokerto

 

 

References

Afrilia, A. M. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran “Waroenk Ora Umum†Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 147–157. https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i1.21

Andriani, (2017). Aplikasi Quality Fuction Deployment Untuk Redesign Kontainer Penyimpanan Pada Industri Kemasan Kaleng. Jurnal Teknik Industri. 176-190.

Dudi Sudrajat, (2017). “Menggenjot UMKM Jawa Barat Agar Naik Kelasâ€, Pikiran Rakyat,https://www.pikiranrakyat.com/ekonomi.

Hardilawati, W.L. (2019). The Role Of Innovation And E-Commerce In Small Business . 83-87.

Jinling, Chang et all. (2009). Modeling E-Commerce Website Quality with Quality Function Deployment, IEEE International Conference on Deployment e-Business Engineering. 21-23 Oct. 2009

Pakpahan, A.K. (2020). COVID19 dan Implikasinya Bagi Usaha Mikro, Kecil, Menengah, (April).

Prabowo, W.A. (2018). Pengaruh Digital Marketing terhadap Organizational Performance Dengan Intelectual Capital dan Perceived Quality sebagai Variabel Intervening pada Hotel Bintang Tiga di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2)., 101-112.https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.2.101-112.

Stelzner, M. . (2015). How marketers are using Social Media to grow their businesses. Social Media Examiner, (May), 1–53. https://doi.org/10.1007/BF02653755

Sukirno, S. 2004. Makroekonomi Suatu Pengantar. Rajawali Pers. Jakarta.

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, (April 2015), 327–337.

Downloads

Published

2020-11-01

Issue

Section

Articles