PELATIHAN GOOGLE APPS FOR EDUCATION KEPADA GURU MADRASAH ALIYAH (MA) TANBIHUL GHOFILIIN BANJARNEGARA

Authors

  • Sarmini Sarmini Universitas Amikom Purwokerto
  • Palupi Pandanarum Universitas Amikom Purwokerto
  • Dinda Apriyatul Permanasari Universitas Amikom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3213

Keywords:

training, teacher, google, learning, online.

Abstract

ABSTRAK

Mayoritas guru-guru MA di Tanbihul Ghofiliin telah menggunakan google namun belum semua guru mengetahui dan paham bagaimana memanfaatkan fasilitas google apps for education untuk mendukung kegiatan belajar mengajar. Solusi permasalahan yang ditawarkan kepada mitra adalah memberikan pelatihan penggunaan google classroom, form, meeting dan drive sebagai alternatif model pembelajaran baru yaitu pembelajaran kolaboratif non tatap muka (daring). Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam kegiatan mengajar sehingga lebih menjadi profesional. Kegiatan Amikom Mitra Masyarakat pelatihan google aps for education kepada guru MA Tanbihul Ghofiliin dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 8 Agustus 2020, kegiatan diawali dengan menjelaskan apa fungsi dari masing-masing aplikasi dan bagaimana cara penggunaannya. Kegiatan berikutnya melakukan praktik langsung bagaimana membuat kelas daring pada google classroom, membuat form pada google form dan pemanfaatan google drive sebagai penyimpanan awan dan diakhiri dengan diskusi/sesi tanya jawab dengan peserta. Hasil kegiatan menunjukan antusiasiame peserta yang cukup tinggi dengan kegiatan pelatihan yang diberikan dan diharapkan kedepannya akan ada pelatihan selanjutnya seperti pelatihan edit video untuk pembelajaran.

 

Kata kunci: pelatihan; guru; google; pembelajaran; daring.

 

ABSTRACT

The majority of MA teachers in Tanbihul Ghofiliin have used Google, but not all teachers know and understand how to use Google Apps for Education facilities to support teaching and learning activities. The solution to the problems offered to partners is to provide training on the use of google classrooms, forms, meetings and drives as an alternative to new learning models, namely non-face-to-face (online) collaborative learning. This training aims to improve the ability of teachers in teaching activities so that they become more professional. Amikom Community Partners activities Google Aps for Education training for MA Tanbihul Ghofiliin teachers was held on Saturday, August 8, 2020, the activity begins by explaining what the function of each application is and how to use it. The next activity is to do hands-on practice on how to make online classes in google classroom, create forms on google forms and use google drive as cloud storage and ends with a discussion / question and answer session with participants. The results of the activity show that the participants' enthusiasm is quite high with the training activities provided and it is hoped that in the future there will be further training such as video editing training for learning.

 

Keywords: training; teacher; google; learning; online.

References

Buntoro, G. A., Ariyadi, D., & Astuti, I. P. (2018). Pemanfaatan E-Learning Quipper School oleh Guru dan Siswa untuk Optimalisasi Pembelajaran di MAN 1 Ponorogo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), Vol. 3, pp. 153–160. https://doi.org/10.22146/jpkm.27404

Google. (2010). Professional development handbook. Mountain View: Google.

Hamdani, A. U., Suryadi, L., Harsanto, K., & Broto, S. (2020). PELATIHAN PENGGUNAAN GOOGLE CLASS ROOM UNTUK MENUNJANG KEGIATAN BELAJAR BAGI GURU SMK MUHAMMADIYAH 9 JAKARTA. IKRAITH-ABDIMAS, 3(1), 95–100.

Kurniawan, B., Purnomo, A., & Idris. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Online. International Journal of Community Service Learning, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i1.22236

Leba, S. M. R., & Habeahan, N. L. S. (2020). PELATIHAN MODEL PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS GOOGLE FORM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN Universitas Musamus merauke KOMMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang. KOMMAS, 1(2), 42–46.

Malalina, & Yeni, R. F. (2018). Pelatihan Google Classroom untuk Mengoptimalisasi Proses Pembelajaran di FKIP Univeristas Tamansiswa Palembang. Jurnal Cemerlang, 1(1), 58–70.

Maulana, D. A. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Google Apps for Education Bagi Guru - Guru di MGMP Matematika SMA Kabupaten dan Kota Kediri. 1390–1396.

Mayasari, F., Dwita, D., Jupendri, Jayus, Nazhifah, Hanafi, K., & Putra, N. M. (2019). PELATIHAN KOMUNIKASI EFEKTIF MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM BAGI GURU MAN 2 MODEL PEKANBARU. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 3(1), 18–23.

McKinsey, & Company. (2016). Unlocking Indonesia’s Digital Opportunity. Jakarta.

Post, G. (2017). eIQ Data: Gmail is the Most Used Email Service in Indonesia.

Saifullah, S., & Akbar, B. M. (2020). PELATIHAN E-LEARNING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM BAGI GURU MA RADEN FATAH PRAMBANAN. GERVASI, 4(1), 93–103.

Downloads

Published

2020-11-02

Issue

Section

Articles