PENGEMBANGAN PRODUK KOPI HERBAL OLAHAN DESA INKLUSIF GUNA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KAUM DISABILITAS DI DESA BEDALI LAWANG KABUPATEN MALANG

Authors

  • Mochamad Fariz Irianto Universitas Kanjuruhan
  • Supami Wahyu Setiyowati Universitas Kanjuruhan
  • Shodiq Auludin Rafiqu Hidayah Universitas Kanjuruhan

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3346

Keywords:

herbal coffee, people with disabilities, inclusive villages.

Abstract

ABSTRAK

Pengembangan produk kopi herbal merupakan bagian dari pemberdayaan masyarakat dalam bentuk kegiatan produktif yang bertujuan untuk melatih masyarakat disabilitas untuk menghasilkan produk kopi herbal yaitu kopi koerja yang diharapkan memberikan dampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah dengan sosialisasi program, pengadaan mesin dan pengadaan bahan penunjang, pelatihan pengolahan produk kopi herbal, dan pelatihan pemasaran strategi produk. Kegiatan ini diikuti oleh kelompok sasaran yaitu masyarakat disabilitas yang tergabung dalam organisasi difabel Lingkar Sosial Omah Difabel dengan peserta sebanyak 10 orang.  Pelatihan ini sangat dirasakan manfaatnya oleh para peserta pelatihan anggota disabilitas seperti kemudahan pengoperasian alat produksi, rebranding produk, dan peningkatan jaringan pemasaran produk.

 

Kata kunci: kopi herbal; masyarakat disabilitas; desa inklusif.

 

ABSTRACT

The development of herbal coffee products is part of community empowerment in the form of productive activities that aim to train people with disabilities to produce herbal coffee products namely koerja coffee which is expected to have an impact on improving people's well-being. The implementation method is by socializing the program, procurement of machinery and procurement of supporting materials, training in processing herbal coffee products, and marketing training of product strategies. This activity was attended by a target group, namely people with disabilities who belonged to the Omah Difabel Social Circle disability organization with 10 participants.  This training is strongly felt by the participants of disability member training such as ease of operation of production tools, product rebranding, and improvement of product marketing network

 

Keywords: herbal coffee; people with disabilities; inclusive villages.

Author Biographies

Mochamad Fariz Irianto, Universitas Kanjuruhan

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Prodi Akuntansi

Supami Wahyu Setiyowati, Universitas Kanjuruhan

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Prodi Akuntansi

Shodiq Auludin Rafiqu Hidayah, Universitas Kanjuruhan

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Prodi Akuntansi

References

Abdul Aziz. (2020). Dampak Negatif yang Dialami Difabel Selama Pandemi COVID-19 - Tirto.ID. Retrieved November 7, 2020, from https://tirto.id/dampak-negatif-yang-dialami-difabel-selama-pandemi-covid-19-fGi1

Aryanta, I. W. R. (2019). Manfaat Jahe Untuk Kesehatan. Widya Kesehatan, 1(2), 39–43.

Indonesia, P. R. (2016). UU Nomor 8 Tahun 2016. Jakarta: Undang Undang Republik Indonesia.

Nastain, M. (2017). Branding dan eksistensi produk (kajian teoritik konsep branding dan tantangan eksistensi produk). CHANNEL, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, 5, 14–26.

Nugraha, R. P., Fauzi, A., & Ekayani, M. (2019). Ekonomi Pertanian , Sumberdaya Dan Lingkungan ( Journal of Agriculture , Resource , and Environmental Economics ) Analisis Pendapatan Usaha Pertanian dan Peternakan. Jurnal Ekonomi Pertanian, Sumberdaya Dan Lingkungan, 2, 1–14.

Salsabela Nur Fauzia. (2020). Kesejahteraan Sosial Pada Masa Pandemi Covid-19 : Apa Kabar Kesejahteraan Penyandang Disabilitas? | Puspensos. Retrieved November 7, 2020, from https://puspensos.kemsos.go.id/kesejahteraan-sosial-pada-masa-pandemi-covid-19-apa-kabar-kesejahteraan-penyandang-disabilitas

Setiawati, I., & Widyartati, P. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba UMKM. In PROCEEDINGS (Vol. 1).

Thaha, A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand, 2(1), 147–153.

Yenti Sumarni. (2020). Pandemi Covid-19: Tantangan Ekonomi Dan Bisnis. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(2), 46–58.

Downloads

Published

2020-11-17

Issue

Section

Articles