PENDAMPINGAN KEGIATAN BELAJAR DI RUMAH SECARA PRIVAT DI MASA PANDEMI COVID-19 DILINGKUNGAN KABUPATEN BANGLI BAGIAN UTARA

Authors

  • Putu Beny Pradnyana STKIP Suar Bangli
  • I Nyoman Sudirman STKIP Suar Bangli
  • Desak Putu Anom Janawati STKIP Suar Bangli

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3383

Keywords:

elementary school, home learning, covid-19 pandemic.

Abstract

ABSTRAK

Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah (1) untuk mengatasi masalah dan membantu masyarakat khusunya anak-anak usia sekolah dasar yang mendapatkan hambatan pada kegiatan pembelajaran di rumah, mengingat pembelajaran yang dilakukan secara daring di lingkungan Kabupaten Bangli bagian Utara yang merupakan kawasan wilayan Kota Bangli yang terpencil, (2) Membantu siswa kelas rendah tidak punya bahan pembelajaran di rumah, (3) membantu meminjamkan fasilitas dan media pembelajaran di rumah, dan (4) membantu meringankan beban orang tua dalam mengajarkan anak-anak meraka di rumah. Kegiatan ini dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu (1) Identifikasi masalah (2) analisis kebutuhan; (3) merancang pembinaan dan pendampingan; (4) melaksanakan pembimbingan; (5) monitoring dan Observasi hasil kegiatan; (6) pelaporan dan tindaklanjut. Hasil pengabdian ini adalah terbantunya pembelajaran daring di rumah selama masa pandemic Covid-19, orang tua siswa sudah bisa menggunakan gadget untuk pembelajaran daring anak mereka, bagi siswa kelas rendah sudah dibantu dalam menyediakan bahan ajar, meminjamkan fasilitas dan media pembelajaran dan para orang tua sangat merasa terbantukan dengan kegiatan pendampingan ini di masa pandemic Covid-19 dan dalam belajar di rumah selama masa pandemic Covid-19 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

 

Kata kunci: sekolah dasar; pembelajaran di rumah; pandemik covid-19.

 

ABSTRACT

The objectives of this community service are (1) to solve problems and help the community, especially elementary school-age children who face obstacles to learning activities at home, given that learning is carried out online in the northern part of Bangli Regency which is a remote area of Bangli City. , (2) Helping low-grade students who do not have learning materials at home, (3) helping to lend facilities and learning media at home, and (4) helping to ease the burden on parents in teaching their children at home. This activity is carried out in several stages, namely (1) problem identification (2) needs analysis; (3) designing guidance and assistance; (4) carry out guidance; (5) observation of activity results; (6) reporting and follow-up. The result of this service is the help of online learning at home during the Covid-19 pandemic, parents of students can use gadgets for their children's online learning, low-grade students have been assisted in providing teaching materials, lending facilities and learning media and parents are very felt helped by this assistance activity during the Covid-19 pandemic and in studying at home during the Covid-19 pandemic by still paying attention to health protocols.

 

Keywords: elementary school; home learning; covid-19 pandemic.

Author Biographies

Putu Beny Pradnyana, STKIP Suar Bangli

Ketua Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

I Nyoman Sudirman, STKIP Suar Bangli

STKIP Suar Bangli

Desak Putu Anom Janawati, STKIP Suar Bangli

STKIP Suar Bangli

References

Falahudin, I. (2004). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Tari. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104–117.

Kompas.com. (2020). Diumumkan awal Maret, Ahli: Virus Corona Masuk Indonesia dari Januari. Diterima pada 11 Mei 2020 melalui. Https://Www.Kompas.Com/Sains/Read/2020/05/11/130600623/Diumumkan-Awal-Maret-Ahli--Virus-Corona-Masuk-Indonesia-Dari-Januari., 1. https://www.kompas.com/sains/read/2020/05/11/130600623/diumumkan-awal-maret-ahli--virus-corona-masuk-indonesia-dari-januari

Rahma, F. I. (2019). (kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran bagi Anak Sekolah Dasar). Jurnal Studi Islam.

Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. (2018). PENGGUNAAN GADGET SEBAGAI SUMBER BELAJAR MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH MATEMATIKA DASAR. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika. https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.25-36

Supriyono, S. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana Prenada Media.

WHO. (2020). WHO COVID-2019 Situational Report 20 May 2020. Https://Www.Who.Int/Docs/Default-Source/Coronaviruse/Situation-Reports/20200520-Covid-19-Sitrep-121.Pdf?Sfvrsn=c4be2ec6_2, 8(1), 3–8.

World Health Organization., World Bank., Ruiz-Ibán, M. A., Seijas,

R., Sallent, A., Ares, O., Marín-Peña, O., Muriel, A., Cuéllar, R., Mobasheri, A., Batt, M., Quintana, J. M., Escobar, A., Arostegui, I., Bilbao, A., Azkarate, J., Goenaga, J. I., Arenaza, J. C., Murphy, L. B., … Cardiel, M. H. (2020). KENDALA PEMBELAJARAN DARING GURU SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BANJARNEGARA. Osteoarthritis and Cartilage.

Downloads

Published

2020-11-15

Issue

Section

Articles