PENDAMPINGAN DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI BAGI WARGA DUSUN MACANAN

Authors

  • Nofi Nur Yuhenita Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Yuni Ma’rufatul Majid Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Afan Rif’at Murat Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Riski Muliyani Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Royan Aulia Alfahmi Universitas Muhammadiyah Magelang
  • M. Zaqi Abdillah Universitas Muhammadiyah Magelang

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.3711

Keywords:

tutoring, study from home.

Abstract

ABSTRAK

Covid-19 memberikan banyak dampak pada manusia, salah satunya pada proses Pendidikan yang dari tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh. Banyak kendala yang dihadapi oleh para orang tua dalam membimbing, mengarahkan terutama mengajari anaknya jika ada kesulitan dalam belajar di rumah. Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan di Dusun Macanan berupa pendampingan bimbingan belajar di rumah bagi siswa sekolah dasar Dusun Macanan, Tanjung, Muntilan, Magelang. Kegiatan ini dilakukan untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa dan membantu permasalahan yang terjadi pada siswa sekolah dasar. Selain itu juga diberikan sosialisasi kepada orang tua agar lebih maksimal dalam mendampingi anak belajar dari rumah. Kegiatan dilakukan dalam tahap persiapan, pelaksanaan, sosialisasi, dan evaluasi. Evaluasi dilakukan dengan diskusi untuk mengetahui kebermanfaatan kegiatan bagi masyarakat.

 

Kata kunci: pendampingan; belajar dari rumah.

 

ABSTRACT

Covid-19 has many impacts on the human being, one of those is in the process of learning from face-to-face learning becomes online learning. There are many problems faced by parents in terms of guide and help their child if there are difficulties in studying at home. Community services activity which implemented in Dusun Mancanan in the form of home tutoring assistance for elementary school students in Dusun Macanan, Tanjung, Muntilan, Magelang. This activity is aimed for motivate elementary school students and helping their study problems. On the other hand, also gives socialization for the parents to give maximum result to guide their children to study at home. This event is done in the preparation stage, implementation, socialization, and evaluation. The evaluation is done by discussion to know about usefulness event for the society

 

Keywords: tutoring; study from home.

References

Basar, A. M., Islam, P. A., Nurul, S., Cikarang, F., & Bekasi, B. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 ( Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi ). Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218.

Handayani, T., Khasanah, H. N., & Yoshinta, R. (2020). Pendampingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 107. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3209

Nuriansyah, F. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Online Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Saat Awal Pandemi Covid-19. Jurnal Pendididikan Ekonomi Indonesia, 1(2), 61–65. https://ejournal.upi.edu/index.php/JPEI/article/view/28346

Sumarno. (2020). Adaptasi Sekolah Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Smp Muhammadiyah Karanggeneng Kabupaten Lamongan). Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo, I(2), 149–162.

Syaharuddin S. (2020). Menimbang Peran Teknologi dan Guru dalam Pembelajaran di Era COVID-19. Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/9148/1/2. Menimbang Peran Teknologi dan Guru dalam Pembelajaran di Era COVID-19.pdf

Wahyuningsih S dan Abbas E. W. & Mutiani M. (2020). Implementation of Leadership Value of Rudy Resnawan as a Leaning Resources on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1(2), 169–177.

Downloads

Published

2021-04-04

Issue

Section

Articles