PENINGKATAN KEGIATAN OPERASIONAL KLINIK PRATAMA AL-IKHLAS MUHAMMADIYAH BOROBUDUR

Authors

  • Nur Hidayah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Mahendro Prasetyo Kusumo Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.3967

Keywords:

improvement, operational activities, performance, pratama clinic.

Abstract

ABSTRAK

Kegiatan operasional sebuah klinik yang berjalan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan dan kebijakan pemilik mendukung tercapainya visi dan misi klinik. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan kegiatan operasional Klinik Pratama Al-Ikhlas Muhammadiyah Borobudur untuk memperbaiki kinerja klinik yang selama beberapa tahun terakhir mengalami penurunan. Metode yang digunakan adalah studi kasus menggunakan observasi partisipatif dengan mensinergikan kegiatan pengabdian masyarakat dosen Magister Administrasi Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan kegiatan operasional Klinik Al-Ikhlas Muhammadiyah Borobudur (Klinik) bekerja sama dengan Ranting Aisyiyah Borobudur 3 dan Cabang Borobudur. Hasil dari pengabdian masyarakat adalah peningkatan kegiatan operasional klinik dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat terutama warga Muhammadiyah dan Aisyiyah Borobudur dan warga masyarakat yang berada di sekitar klinik. Hasil dari pengabdian masyarakat yang lain adalah peningkatan motivasi dari sumber daya manusia klinik untuk memperbaiki kinerjanya sehingga klinik dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

 

Kata kunci: peningkatan; kegiatan operasional; kinerja; klinik pratama. 

 

ABSTRACT

The clinic's operational activities that work according to the provisions that have been set in regulations and stakeholder policy can support the clinic to achieve the clinic’s vision and mission. This community service aimed to improve the operational activities of Klinik Pratama Al-Ikhlas Muhammadiyah Borobudur, especially in improving the clinic’s performance which decreases in recent years. The method applied was a case study using participatory observation by synergizing both the community service of the master of Hospital administration lecturers, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, and clinics operational of Klinik Pratama Al-Ikhlas Muhammadiyah Borobudur which collaborate with Aisyiyah Borobudur Branch 3 and Borobudur Branch. The result of this community service was the improvement of the clinic’s operational activities in providing health service to the community, especially the residents of Muhammadiyah dan Aisyiyah Borobudur and also the residents around the clinic. Besides, another result of the community service was the enhancement of the motivation of clinical human resources to improve the clinical performance, so the clinic can carry out its function properly.                                                              

Keywords: improvement; operational activities; performance; pratama clinic.

Author Biography

Nur Hidayah, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Magister of Hospital administration

References

Agustina, R., Dartanto, T., Sitompul, R., Susiloretni, K. A., Suparmi, Achadi, E. L., Taher, A., Wirawan, F., Sungkar, S., Sudarmono, P., Shankar, A. H., Thabrany, H., Susiloretni, K. A., Soewondo, P., Ahmad, S. A., Kurniawan, M., Hidayat, B., Pardede, D., Mundiharno, … Khusun, H. (2019). Universal health coverage in Indonesia: Concept, progress, and challenges. The Lancet, 393(10166), 75–102. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(18)31647-7

Argaw, M. D., Desta, B. F., Kibret, M. A., Abebe, M. G., Heyi, W. K., Mamo, E., Gebru, T., Gelan, C., Tefera, B. B., & Bele, T. A. (2020). Accelerating the performance of district health systems towards achieving UHC via twinning partnerships. BMC Health Services Research, 20(1), 892. https://doi.org/10.1186/s12913-020-05741-1

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. (2015). Peraturan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Nomor 2 Tahun 2015 tentang norma penetapan besaran kapitasi dan pembayaran kapitasi berbasis pemenuhan komitmen pelayanan pada fasilitas kesehatan tingkat pertama. Animal Genetics, 39(5), 561–563.

Carter, P. M., Desmond, J. S., Akanbobnaab, C., Oteng, R. A., Rominski, S. D., Barsan, W. G., & Cunningham, R. M. (2012). Optimizing clinical operations as part of a global emergency medicine initiative in Kumasi, Ghana: Application of lean manufacturing principals to low-resource health systems. Academic Emergency Medicine, 19(3), 338–347. https://doi.org/10.1111/j.1553-2712.2012.01311.x

Gauld, R., Blank, R., Burgers, J., Cohen, A. B., Dobrow, M. K., Ikegami, N. K. I., Kwon, S., Luxford, K., Milett, C., & Wendt, C. (2012). The World Health report 2008—Primary healthcare: How wide is the gap between its agenda and implementation in 12 high-income health systems? Healthcare Policy, 7(3), 38–58. https://doi.org/10.12927/hcpol.2013.22778

Jin, Y., Xu, J., Zhu, W., Zhang, Y., Xu, L., & Meng, Q. (2020). Synergy of policies to strengthen primary care: Evidence from a national repeated cross-sectional study. BMC Health Services Research, 20(1), 865. https://doi.org/10.1186/s12913-020-05695-4

Kementerian Kesehatan. (2004). Undang-Undang RI Nomor 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. XXXIII(2), 81–87. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Kementerian Kesehatan. (2011). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 028 Tahun 2011. Kementerian Kesehatan. https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/Permenkes28-2011.pdf

Kementerian Kesehatan. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2014 Tentang Klinik (Vol. 11, Issue c). Kementerian Kesehatan.

Meng, Q., Mills, A., Wang, L., & Han, Q. (2019). What can we learn from China’s health system reform? The BMJ, 365, 1–5. https://doi.org/10.1136/bmj.l2349

Meng, Q., Yang, H., Chen, W., Sun, Q., & Liu, X. (2015). People’s Republic of China Health System Review. Health Systems in Transition, 5(7), 16.

PERMENKES. (2011). UU Republik Indonesia nomor 24 Tahun 2011. Kementerian Kesehatan. https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/dmdocuments/20e67493084e6d2e600888b1dd9f94f4.pdf

Republik of Ghana. (2012). National Health Insurance ACT 2012 (ACT 852). Republik of Ghana. http://www.nhis.gov.gh/files/ACT852.pdf

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan. (2014).

Downloads

Published

2021-04-04

Issue

Section

Articles