PENDAMPINGAN KELOMPOK KEWIRAUSAHAAN MUDA BAGI PEMULA BIDANG KELAUTAN DAN PERIKANAN DI POLITEKNIK KELAUTAN DAN PERIKANAN SORONG

Authors

  • Hendra Poltak Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong
  • Gatot Hendra Prakoso Universitas Binus
  • Endang Gunaisah Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong
  • Muhammad Ali Ulat Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong
  • Mustasim Mustasim Politeknik KP Sorong
  • Muhammad Zaky Latif Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong
  • Mohammad Sayuti Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong
  • Misbah Sururi Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong
  • Muhfizar Muhfizar Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong
  • Bambang Winarno Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4025

Keywords:

young entrepreneurs, accompaniment, lectures, discussions and assignments, coaching.

Abstract

ABSTRAK

Evaluasi yang dilakukan terhadap kegiatan wirausaha muda masih terdapat beberapa kelemahan kelompok seperti ide yang ditampilkan merupakan ide tahun sebelumnya, penyusunan proposal belum sesuai, belum ada strategi pemasaran, dan teknik presentasi yang kaku. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berwirausaha sehingga dapat menjadi bekal Ketika lulus pendidikan. Metode pendampingan dilakukan dengan ceramah, diskusi, dan tanya jawab serta proses coaching kepada tiga kelompok wirausaha taruna dan satu wirausaha alumni. Hasil pendampingan dengan metode CPDT dan coaching meningkatnya kreativitas kelompok wirausaha, proposal bisnis sesuai pedoman, dan kelompok mampu melakukan presentasi lebih menarik dan efektif.

 

Kata kunci: wirausaha muda; pendampingan; ceramah; diskusi dan penugasan; coaching.

 

ABSTRACT

The evaluation carried out on young entrepreneurial activities still has several weaknesses in the group, such as the ideas presented in the previous year, inadequate proposal preparation, no marketing strategy, and rigid presentation techniques. This community service aims to improve entrepreneurial skills so that they can become provisions when graduating from education. The mentoring method is carried out by lectures, discussions, and questions and answers as well as a coaching process to three youth entrepreneur groups and one alumni entrepreneur. The results of assistance with the CPDT method and coaching increased the creativity of entrepreneurial groups, business proposals according to guidelines, and groups were able to make more attractive and effective presentations.

 

Keywords: young entrepreneurs; accompaniment; lectures, discussions and assignments; coaching.

Author Biographies

Hendra Poltak, Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong

Teknik Budidaya Perikanan

Gatot Hendra Prakoso, Universitas Binus

Manajemen

Endang Gunaisah, Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong

Teknik Penangkapan Ikan

Muhammad Ali Ulat, Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong

Teknik Penangkapan Ikan

Mustasim Mustasim, Politeknik KP Sorong

Teknik Penangkapan Ikan

Muhammad Zaky Latif, Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong

Mekanisasi Perikanan

Mohammad Sayuti, Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong

Teknik Budidaya Perikanan

Misbah Sururi, Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong

Teknik Penangkapan Ikan

Muhfizar Muhfizar, Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong

Mekanisasi Perikanan

Bambang Winarno, Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong

Pusat Pengembangan Wirausaha

References

Ananda, R., & Amiruddin, A. (2019). Perencanaan Pembelajaran.

Budianto, A. E., Dianawati, E., & Iswahyudi, D. (2019). Penerapan Program Pengembangan Kewirausahaan Pada Mahasiswa (Tenant) di Universitas Kanjuruhan Malang. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 93–103.

Fitriani, S., & Ma’ruf, F. (2019). Membentuk jiwa kewirausahaan melalui pendampingan proposal bisnis. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 453–458.

Jaharuddin, J., Purnawan, I., Mujiastuti, R., Muthmainnah, R. N., &

Prasetyawati, M. (2019). Strategi Melahirkan Mahasiswa Pengusaha Pemula (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta). Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis, 24(13), 25–37.

Jerusalem, M. A. (2011). Peningkatan keterampilan bisnis mahasiswa dengan teknik coaching. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 6(1).

Kadar, A. (2015). Pengelolaan kemaritiman menuju Indonesia sebagai poros maritim dunia. Jurnal Keamanan Nasional, 1(3), 427–442.

Kusuma, R., & Erlita. (2012). Pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode ceramah plus diskusi dan tugas (CPDT) terhadap sikap remaja putri di SMPN 29 Surabaya. Jurnal Ilmu Kesehatan, 1(1).

Lasabuda, R. (2013). Pembangunan wilayah pesisir dan lautan dalam perspektif Negara Kepulauan Republik Indonesia. Jurnal Ilmiah Platax, 1(2), 92–101.

Lokobal, A., Sumajouw, M., & Sompie, B. (2014). Manajemen Risiko Pada Perusahaan Jasa Pelaksana Konstruksi Di Propinsi Papua (Study Kasus Di Kabupaten Sarmi). Jurnal Ilmiah Media Engineering, 4(2), 109–118.

Meinel, C., & Von Thienen, J. (2016). Design thinking. Informatik-Spektrum, 39(4), 310–314.

Sarooghi, H., Sunny, S., Hornsby, J., & Fernhaber, S. (2019). Design Thinking and Entrepreneurship Education: Where Are We, and What Are the Possibilities? Journal of Small Business Management, 57(S1), 78–93. https://doi.org/10.1111/jsbm.12541

Sasvia, H. (2019). Penegakan Hukum Perikanan di Wilayah Laut Indonesia. Lex Scientia Law Review, 3(2), 227–234.

Suprapto, H. A. (2019). Pengaruh Pembuatan Proposal Rencana Bisnis (Business Plan) Terhadap Kemampuan Berwirausaha di SMK Bhakti Husada. JURNAL ILMIAH WAHANA PENDIDIKAN, 5(2), 19–23.

Suranto, S., Setiawan, E., & Sujalwo, S. (2018). Menumbuhkan Semangat Wirausaha Mahasiswa Berbasis Potensi. IENACO (Industrial Engineering National Conference) 6 2018.

Yuliawan, T. P. (2011). Coaching Psychology: Sebuah Pengantar. Buletin Psikologi, 19(2).

Downloads

Published

2021-04-04

Issue

Section

Articles