PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS WHITEBOARD ANIMATION SEDERHANA BERBANTUAN EXPLEE

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.4045

Keywords:

training, whiteboard animation, explee application.

Abstract

ABSTRAK

Corona Virus Disease (Covid-19) membawa dampak yang sangat besar bagi sektor pendidikan. Salah satunya adalah pergeseran pembelajaran yang tadinya terdapat tatap muka menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Hal ini membuat guru sebagai pendidik dituntut kreatif dalam menyampaikan materi melalui media pembelajaran online. Seorang guru dapat dikatan professional jika mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan serta mampu menerapkan model, metode, media, maupun pendekatan pembelajaran berdasarkan kebutuhan peserta didik. Sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme guru, maka perlu dilakukan upaya berkesinambungan seperti kegiatan pelatihan maupun pembimbingan bagi guru. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini untuk meningkatkan profesionalitas guru melalui kegiatan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pembelajaran Berbasis Whiteboard Animation Sederhana Berbantuan Aplikasi Explee. Bentuk kegiatan yang telah dilakukan yaitu 1) memperkenalkan konsep whiteboard animation; 2) memperkenalkan tahapan pembuatan media ajar berbasis animasi dari mulai pra produksi, produksi, hingga pasca produksi; 3) mengenalkan bahan ajar digital berbasis whiteboard animation tematik sesuai dengan mata pelajaran yang diampu.

 

Kata kunci: pelatihan; whiteboard animation; aplikasi Explee.

 

ABSTRACT

Corona Virus Disease (Covid-19) has a huge impact on the education sector. One of them is the shift of learning that was once face-to-face to Distance Learning (PJJ). This makes teachers as educators are required to be creative in delivering materials through online learning media. A teacher can be a professional if he is able to adapt to the development of science and is able to apply models, methods, media, and learning approaches based on the needs of learners. As an effort to increase the professionalism of teachers, it is necessary to make continuous efforts such as training and mentoring activities for teachers. The purpose of this community service activity is to improve teacher professionalism through Teacher Competency Improvement Training through Simple Whiteboard Animation-Based Learning Assisted by Explee Application. The form of activities that have been done is 1) introducing the concept of whiteboard animation; 2) introduce the stages of making animation-based teaching media from pre-production, production, to post-production; 3) introduce digital teaching materials based on thematic whiteboard animation in accordance with the subjects that are mastered.

  

Keywords: training; whiteboard animation; explee application.

 

References

Hikmawati, H., Rokhmat, J., & Sutrio, S. (2018). Penyuluhan Pembuatan Media Tiga Dimensi dan Penerapannya Melalui Model Siklus Belajar 5E Pada Guru-Guru di MGMP Fisika Se-Lombok Barat. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–8. http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/479/0

Nugraha, D. A., & Sudiyono, S. (2018). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Autoplay Media Studio Bagi Guru-Guru Sdn Merjosari 1. Jurnal Terapan Abdimas, 3(2), 182. https://doi.org/10.25273/jta.v3i2.2811

Nurrahmah, A., Mulyatna, F., & Rusmana, I. M. (2019). PkM Model Pembelajaran di Pondok Pesantren An-Nahl Darunnajah 5 Cikeusik. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(1), 53. https://doi.org/10.31764/jpmb.v3i1.976

Sanaky, H. A. (2011). Media Pembelajaran: Buku Pegangan Wajib Guru Dan Dosen. Yogyakarta: Kaukaba.

Seruni, S., Mulyatna, F., & Nurrahmah, A. (2019). Pkm Inovasi Pembelajaran Matematika Sd/Mi Melalui Permainan Ular Tangga. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(1), 75. https://doi.org/10.31764/jpmb.v3i1.1128

Wijayanti, R., Hasan, B., & Loganathan, R. K. (2018). Media comic math berbasis whiteboard annimation dalam pelajaran matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 53. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.19207

World Health Organization (WHO). (2020). Novel Coronavirus (2019-nCoV) SITUATION REPORT - 1. https://www.who.int/docs/default-source/coronaviruse/situation-reports/20200121-sitrep-1-2019-ncov.pdf?sfvrsn=20a99c10_4

Downloads

Published

2021-12-05

Issue

Section

Articles