PELATIHAN DAN PEMBELAJARAN AKSARA BALI PADA ANAK-ANAK DI PASRAMAN AMERTA SANJIWANI

Authors

  • I Wayan Agus Gunada Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
  • Gede Eka Puja Dyatmika Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
  • Gusti Lanang Ngurah Weda Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4136

Keywords:

Balinese script, training, children, hinduism

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dalam penulisan hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan gambaran terkait kegiatan pelatihan menulis aksara Bali  pada anak-anak di Pasraman Amerta Sanjiwani  Desa Rincung. Aksara Bali  merupakan jenis aksara yang masih berkembang di Pulau Bali  yang merupakan bahasa tulis yang umumnya digunakan pada teks-teks suci dalam bentuk lontar. Anak-anak pada Pasraman Amerta Sanjiwani di Desa Rincung Kabupaten Lombok Barat merupakan warga keturunan Bali , secara umum anak-anak mengenal keberadaan aksara Bali  namun hanya sebatas visual sehingga pelatihan ini penting dilakukan untuk memberikan pemahaman dan penguatan dalam dasar-dasar menulis aksara Bali  dan membaca aksara Bali . Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan pelatihan dan pembelajaran namun karena dalam keadaan pandemi Covid-19 proses pelatihan tetap mengedepankan pelaksanaan protokol kesehatan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara serta studi dokumentasi selama kegiatan pengabdian kepada masyarakat berlangsung. Secara garis besar dalam proses pelatihan dan pembelajaran anak-anak terlihat antusias dan mulai memahami dasar-dasar bentuk dan penulisan aksara Bali  melalui model pendekatan dan pembimbingan secara langsung. Adapun dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat memberikan manfaat berupa penambahan wawasan pengetahuan mengenai aksara Bali  kepada anak-anak dan diharapkan pelatihan dapat dilakukan kemBali  untuk penguatan pemahaman tentang aksara Bali .

 

Kata kunci: aksara Bali; pelatihan; anak-anak; agama hindu

 

ABSTRACT

The purpose of writing the results of this community service activity is to give an overview of Balinese writing training activities to children in Pasraman Amerta Sanjiwani Rincung Village. Balinese script is a type of script that is still developing on Bali's island, which is a written language commonly used in sacred texts in the form of lontar. The children of Pasraman Amerta Sanjiwani in Rincung Village, West Lombok Regency, are Balinese, who know Balinese characters. However, only visually so this training is essential to understand and strengthen in the basics of writing Balinese characters and reading Balinese characters. This devotional activity is carried out using a training and learning approach, but because of a Covid-19 pandemic, the training process still prioritizes the implementation of health protocols. The data collection is carried out by observation and interview techniques and documentation studies during community service activities. In the training and learning process, the children seem enthusiastic and understand the basics of Balinese form and scriptwriting through a direct approach and mentoring model. Meanwhile, this community service activity can provide benefits in the form of additional knowledge about Balinese script to children, and it is expected that training can be done again to strengthen understanding of Balinese characters.

 

Keywords: Balinese script; training; children; hinduism

Author Biographies

I Wayan Agus Gunada, Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram

Asisten Ahli pada Program Studi S1 Pendidikan Agama Hindu

Gede Eka Puja Dyatmika, Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram

Lektor pada Program Studi S1 Pendidikan Agama Hindu

Gusti Lanang Ngurah Weda, Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram

Lektor Kepala pada Program Studi S1 Pendidikan Agama Hindu

References

Agustino, L. (2020). Analisis Kebijakan Penanganan Wabah Covid-19 : Pengalaman Indonesia Analysis Of Covid-19 Outbreak Handling Policy : The Experience Of Indonesia. Junal Borneo Administrator, 16(2), 253–270. https://doi.org/10.24258/jba.v16i2.685

Al-Muwattho, F. P., Aminuyati, & Okianna. (2018). Pengaruh Pemberian Apersepsi Terhadap Kesiapan Belajar Siswa Pada Pelajaran Akuntansi Kelas Xi Sma Islamiyah Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(2), 1–10. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/24076

Fatimah, & Kartikasari, R. D. (2018). Strategi Belajar Dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Pena Literasi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 108–113. https://doi.org/10.24853/pl.1.2.108-113

Giri, I. M. A. (2017). Pelestarian Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali Melalui Pengoptimalan Tripusat Pendidikan. Purwadita, 1(1), 27–32. Retrieved from http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/Purwadita/article/view/6

Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2012). Taksonomi Bloom-Revisi Ranah Kognitif: Kerangka landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 2(2), 98–117. https://doi.org/10.25273/pe.v2i02.50

Merthawan, G. (2017). Kajian Makna Dan Fungsi Pis Bolong Dalam Upacara Dewa Yajna Bagi Umat Hindu Di Kota Palu. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 8(1), 21–28. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v8i1.215

Nurhayati, H. (2018). Pendidikan Dan Pelatihan Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Pustakawan. Libria, 10(1), 95–115. Retrieved from https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/libria/article/view/3384

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Parsua, G. R. (2018). Aksara Dalam Tubuh Manusia Menurut Lokalitas Hindu di Bali. Vidya Samhita Jurnal Penelitian, 4(1), 34–40. Retrieved from https://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/vs/article/view/697

Rai, I. B. (2013). Perkembangan Pasang Aksara Bali Dalam Upaya Pelestarian Budaya Bali. Jurnal IKA, 11(2), 16–26. https://doi.org/10.23887/ika.v11i2.1986

Randa, S., Lumbantoruan, J., & Putra, I. E. D. (2018). Penggunaan Strategi Ekspositori Pada Pembelajaran Musik Tradisional Minangkabau Di Sma Negeri 3 Padang. Jurnal Sendratasik, 7(1), 1–6. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/sendratasik/article/view/100357

Setiyawan, P. A., Cahyawan W, A. A. K. A., & Bayupati, I. P. A. (2014). Balinese Alphabet Sebagai Aplikasi Media Pembelajaran Aksara Bali Berbasis Android Mobile Platform. Merpati, 2(2), 226–237. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/17890

Setyosari, P. (2020). Desain Pembelajaran (1st ed.; Bunga Sari Fatmawati, ed.). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sudiarta, I. G. (2016). Kemampuan Berbahasa Bali Pada Kalangan Remaja Di Desa Pakraman Peraupan Denpasar. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(2), 59. https://doi.org/10.25078/jpm.v1i2.51

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian yang bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif (1st ed.; S. Y. Suryandari, ed.). Bandung: ALFABETA.

Suwija, I. N. (2014). Pasang Aksara Bali (1st ed.; I. N. Suwija, ed.). Denpasar: Pelawa Sari.

Yusuf L.N, S., & Sugandhi, N. M. (2013). Perkembangan Peserta Didik: Mata Kuliah Dasar Profesi (MKDP) Bagi Para Mahasiswa Calon Guru di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) (1st ed.). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2021-04-04

Issue

Section

Articles