PEMBERIAN PENGAYAAN MATERI PELAJARAN FISIKA UNTUK SISWA MELALUI KEGIATAN BIMBINGAN BELAJAR DI LUAR JAM SEKOLAH DI DESA GONTORAN, KECAMATAN LINGSAR, LOMBOK BARAT
DOI:
https://doi.org/10.31764/jpmb.v1i2.454Keywords:
Pengayaan materi, Bimbingan belajarAbstract
Penyampaian materi pelajaran belum optimal karena alokasi waktu di sekolah terbatas dan didalam kelas guru dihadapkan dengan sejumlah karakterisktik siswa yang beraneka ragam. Siswa
yang memahami materi dengan cepat perlu diberikan waktu untuk pengayaan materi sehingga
dapat menambah pemahaman materi. Begitu juga dengan siswa yang dalam kegiatan belajarnya
mengalami kesulitan juga perlu diberikan pemantapan dan pengayaan materi sehingga nantinya
dapat meningkatkan pemahaman konsep dan lancar dalam kegiatan belajarnya. Hal tersebut bisa
dilakukan melalui bimbingan belajar (bimbel) di luar sekolah. bimbel di luar sekolah merupakan
program bimbingan belajar yang dilakukan oleh pihak di luar sekolah.Kegiatan ini bertujuan
untuk memberikan pengayaan materi pelajaran fisika untuk siswa smp melalui kegiatan
bimbingan belajar di luar jam sekolah. Bimbel ini dilaksakan di desa gontoran, kecamatan lingsar,
lombok barat. Hasil kegiatan ini dapat menambah pengetahuan dan dapat mengatasi kesulitan
belajar siswa di sekolah serta dapat meningkatkan pemahaman siswa terkait konsep fisika.
Pelaksanaan kegiatan ini secara teknis berjalan cukup lancar tanpa ada hambatan yang cukup
berarti. Namun ada sedikit masalah, di mana ada beberapa siswa yang jarang datang bimbel
dikarenakan cuaca yang kurang mendukung (setiap sore terjadi hujan).
Downloads
Published
2018-07-21
Issue
Section
Articles
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.