PELATIHAN PEMASANGAN LAMPU LISTRIK BERSAKLAR DI RUMAH TANGGA MENGGUNAKAN KONSEP EWB (ELECTRONICS WORKBENCH) BAGI SISWA SMKN I BATU KLIANG UTARA DESA AIK BERIQ KECAMATAN BATU KLIANG UTARA KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN 2017

Authors

  • Islahudin Islahudin
  • Johri Sabaryati

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v1i2.455

Keywords:

Training, Installation of Household Electric Lights, EWB Media.

Abstract

Pengetahuan tentang listrik merupakan salah satu sarana untuk mengerti tentang perkembangan
teknologi yang terjadi saat ini. Oleh karena itu, peranan guru dalam mengajarkan siswa tentang
rangkaian listrik sangat penting. Guru terutama guru sains fisika harus mampu mengerti tentang
rangkaian listrik baik secara teoritis maupun praktik. Salah satu cara agar guru dan siswa mengerti
dan menguasai tentang rangkaian listrik adalah dengan mengadakan pelatihan pemasangan lampu
listrik di rumah tangga menggunakan media EWB (Electronics Workbench) sehingga dapat
digunakan dalam memahami rangkaian listrik di dalam rumah tangga. Tujuan diadakan kegiatan
pelatihan ini adalah untuk memberikan pelatihan pemasangan lampu bersaklar listrik menggunakan
media EWB yang dapat membantu siswa maupun guru dalam membuat rangkaian listrik dan untuk
meningkatkan kemampuan guru dan siswa dalam mengikuti perkembangan software simulasi yang
ada saat ini. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di SMKN 1 Batu Kliang Utara Desa Aiq Beriq,
Kecamatan Batu Kliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah. Kegiatan ini diikuti oleh 19 orang peserta
yang merupakan siswa/i SMKN 1 Batu Kliang Utara Desa Aiq Beriq. Kegiatan pelatihan ini
berlangsung selama dua hari dan berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan dengan antusiasme
peserta untuk mengikuti pelatihan ini yang sangat besar terlihat dari kehadiran yang lengkap mulai
dari acara pembukaan sampai penutupan pelatihan.

References

Islahudin, I., Darmayanti, N.W.S., Zulkarnain, Z, (2017). Pengaruh Pemanfaatan Alat Peraga Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas VIII DI MTs Nurul Iman NW Kembang Kerang Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. ORBITA : Jurnal Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 3(2), 69-74

Islahudin, I., Isnaini, M, (2019). Pemanfaatan Laboratorium Virtual Berbasis Software Electronics Workbench (EWB) Untuk Menunjang Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Mata Kuliah Elektronika Dasar I, ORBITA : Jurnal Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 5(2), 96-100

Islahudin, I., Khaerani, Siti., Zulkarnain, Z, (2018). Pemanfaatan Laboratorium Virtual Berbasis EWB (Electronics Workbench) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa IPA Kelas XII IPA MA NW Darussalimin Sengkol, Batukliang Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019, ORBITA : Jurnal Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 4(2), 47-51

Luh Putu Budi Yasmini, dkk. 2014. Pelatihan Penggunaan IC 555 untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Fisika SMP dan SMA Pembinaan Ekstrakuliker Elektronik Di Kecamatan Buleleng. Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA IV Tahun 2014.

Nurkancana, dkk. 1991. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

_______. 1983. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Suraya, Ayu. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Software Electronics Workbench (EWB) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Macam-Macam Rangkaian Flip-Flop Kelas X TAV Di SMK Negeri 1 Madiun. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 03 Nomor 02, Tahun 2014, 289-294

Sugiono 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & d. Bandung: CV Alfabeta.

_______. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & d. Bandung: CV Alfabeta.

Winarno. 2012. Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Elektronika Dasar Pada Sekolah Menengah Kejuruan Teknik Elektronika Audio Video. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi – Volume 4 No 3 - 2012 - ijns.org

Downloads

Published

2018-07-21

Issue

Section

Articles