PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN BADAN USAHA MILIK DESA MELALUI PELATIHAN ADMINISTRASI PROGRAM SIMPAN PINJAM DI SELEBUNG BATUKLIANG LOMBOK TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.31764/jpmb.v1i2.457Keywords:
Pelayanan, BUMDes dan Simpan PinjamAbstract
Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) memiliki peranan penting dalam meningkatkan kesejahteraanmasyarakat perdesaan. Keberadaan BUMDes terutama program simpan pinjam memberikan nilai
lebih dalam memberikan peluang akses lebih cepat dan mudah dalam meminjamkan uang
sebagai modal usaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan badan
usaha milik desa melalui pelatihan administrasi program simpan pinjam pada Desa Selebung
Batukliang Lombok Tengah. Metode Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.
Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dengan pihak desa, pengelola BUMDes
dan masyarakat penerima manfaat program. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan
model analisis interaktif yaitu analisis dengan menggunakan reduksi data, display data, dan
verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa keberadaan pelatihan
administrasi pada program simpan pinjam memberikan dampak positif dalam pengembangan
usaha. Hal ini dibuktikan dari sebelumnya pengolahan admnistrasi masih bersifat administrasi
manual dan berubah menggunakan komputerisasi dengan sistem yang teratur.
Downloads
Published
2018-07-21
Issue
Section
Articles
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.