PENDAMPINGAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN DARING DITENGAH PANDEMI COVID 19 BAGI GURU MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  • Nafiah Nafiah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Syamsul Ghufron Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Sri Hartatik Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i3.4799

Keywords:

learning, management, online, covid 19

Abstract

ABSTRAK

Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan dan pendampingan manajemen pembelajaran daring bagi guru di tengah pandemi covid 19 di MI Tarbiyatul Islamiyah Bojonegoro. Metode pelaksanaan dalam program pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan dan pendampingan ini melalui tiga kegiatan: pra kegiatan, pelaksanaan kegiatan, dan pasca kegiatan. Hasil dari kegiatan masyarakat ini adalah berupa jasa berupa pelatihan dan pendampingan dan artikel pengabdian masyarakat yang dipulikasikan. Hasil pengabdian masyarakat yang dilakukan menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan dan pendampingan manajemen pembelajaran berbasis daring bagi guru di tengah pandemi covid 19 di MI Tarbiyatul Islamiyah Bojonegoro berjalan dengan sukses karena dukungan dari berbagai pihak yang terlibat dengan pengabdian mansyaraat. Guru sangat antusias dalam kegiatan pelatihan dan pendampingan secara daring, guru juga sudah memahami caramerencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi siswa secara daring. Rencana tindak lanjut pelaksanaan pengabdian masyarakat sebagai saran adalah mengadakan pelatihan dan pendampingan dalam melaksanakan pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi digital bagi guru sekolah dasar.

 

Kata kunci: manajemen; pembelajaran; daring; covid 19

 

ABSTRACT

The purpose of this community service is to give training and mentoring online learning management for teachers in the midst of the Covid 19 pandemic at MI Tarbiyatul Islamiyah Bojonegoro. The method of this community service program through training and mentoring is through three activities are: Pre-activity, implementation of activities, and post-activity. The result of this community activity is in the form of services in the form of  training and mentoring, published articles of community service. The results of the community service carried out show that online-based learning management training and assistance activities for teachers in the midst of the COVID-19 pandemic at MI Tarbiyatul Islamiyah Bojonegoro are running successfully because of the support of various parties involved with community service. The teacher is very enthusiastic about online training and mentoring activities, the teacher also understands how to plan, implement and evaluate students online. The follow-up plan for implementing community service as a suggestion is to hold training and assistance in implementing online learning using digital applications for elementary school teachers.

 

Keywords: learning; management; online; covid 19

Author Biography

Nafiah Nafiah, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya


References

Agustin, F. et al. (2020) ‘Manajemen Pembelajaran Daring Menggunakan Education Smart Courses’, Technomedia Journal, 5(1), pp. 40–53. doi: 10.33050/tmj.v5i1.1315.

Alharbi, S. and Drew, S. (2014) ‘Using the technology acceptance model in understanding academics behavioural intention to use learning management systems’, International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 5(1), pp. 143–155.

Nafiah, N. (2017) ‘Manajemen Pembelajaran Tematik Integratif Sesuai Kurikulum 2013 Pada Kelas 4 Sd Khadijah Surabaya’, Education and Human Development Journal, 2(1), p. 60=71. doi: 10.33086/ehdj.v2i1.385.

Nafiah, N. and Hartatik, S. (2020) ‘Penerapan Manajemen Pembelajaran Berbasis Daring Dengan Menggunakan Aplikasi Google Classroom Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Membuat Perangkat Pembelajaran’, 5(April), pp. 9–23. doi: 10.33086/ehdj.V5i1.1486.

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T. and Suswandari, M. (2020) ‘Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV’, Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), pp. 265–276.

Santika, I. W. E. (2020) ‘Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring’, Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), pp. 8–19.

Swasti, I. K. (2020) ‘Implementasi Manajemen Pembelajaran Daring Dengan Platform WA, CR, M-Z dan Kepuasan Mahasiswa’, JAMP: Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(4), pp. 342–351.

Yamin, M. and Maisah (2010) Standarisasi Kinerja Guru, Jakarta: Gaung Persada.

Downloads

Published

2021-10-27

Issue

Section

Articles