PENDAMPINGAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN DARING DITENGAH PANDEMI COVID 19 BAGI GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
DOI:
https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i3.4799Keywords:
learning, management, online, covid 19Abstract
ABSTRAK
Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan dan pendampingan manajemen pembelajaran daring bagi guru di tengah pandemi covid 19 di MI Tarbiyatul Islamiyah Bojonegoro. Metode pelaksanaan dalam program pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan dan pendampingan ini melalui tiga kegiatan: pra kegiatan, pelaksanaan kegiatan, dan pasca kegiatan. Hasil dari kegiatan masyarakat ini adalah berupa jasa berupa pelatihan dan pendampingan dan artikel pengabdian masyarakat yang dipulikasikan. Hasil pengabdian masyarakat yang dilakukan menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan dan pendampingan manajemen pembelajaran berbasis daring bagi guru di tengah pandemi covid 19 di MI Tarbiyatul Islamiyah Bojonegoro berjalan dengan sukses karena dukungan dari berbagai pihak yang terlibat dengan pengabdian mansyaraat. Guru sangat antusias dalam kegiatan pelatihan dan pendampingan secara daring, guru juga sudah memahami caramerencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi siswa secara daring. Rencana tindak lanjut pelaksanaan pengabdian masyarakat sebagai saran adalah mengadakan pelatihan dan pendampingan dalam melaksanakan pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi digital bagi guru sekolah dasar.
Â
Kata kunci: manajemen; pembelajaran; daring; covid 19
Â
ABSTRACT
The purpose of this community service is to give training and mentoring online learning management for teachers in the midst of the Covid 19 pandemic at MI Tarbiyatul Islamiyah Bojonegoro. The method of this community service program through training and mentoring is through three activities are: Pre-activity, implementation of activities, and post-activity. The result of this community activity is in the form of services in the form of training and mentoring, published articles of community service. The results of the community service carried out show that online-based learning management training and assistance activities for teachers in the midst of the COVID-19 pandemic at MI Tarbiyatul Islamiyah Bojonegoro are running successfully because of the support of various parties involved with community service. The teacher is very enthusiastic about online training and mentoring activities, the teacher also understands how to plan, implement and evaluate students online. The follow-up plan for implementing community service as a suggestion is to hold training and assistance in implementing online learning using digital applications for elementary school teachers.
Â
Keywords: learning; management; online; covid 19
References
Agustin, F. et al. (2020) ‘Manajemen Pembelajaran Daring Menggunakan Education Smart Courses’, Technomedia Journal, 5(1), pp. 40–53. doi: 10.33050/tmj.v5i1.1315.
Alharbi, S. and Drew, S. (2014) ‘Using the technology acceptance model in understanding academics behavioural intention to use learning management systems’, International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 5(1), pp. 143–155.
Nafiah, N. (2017) ‘Manajemen Pembelajaran Tematik Integratif Sesuai Kurikulum 2013 Pada Kelas 4 Sd Khadijah Surabaya’, Education and Human Development Journal, 2(1), p. 60=71. doi: 10.33086/ehdj.v2i1.385.
Nafiah, N. and Hartatik, S. (2020) ‘Penerapan Manajemen Pembelajaran Berbasis Daring Dengan Menggunakan Aplikasi Google Classroom Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Membuat Perangkat Pembelajaran’, 5(April), pp. 9–23. doi: 10.33086/ehdj.V5i1.1486.
Nugraha, S. A., Sudiatmi, T. and Suswandari, M. (2020) ‘Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV’, Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), pp. 265–276.
Santika, I. W. E. (2020) ‘Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring’, Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), pp. 8–19.
Swasti, I. K. (2020) ‘Implementasi Manajemen Pembelajaran Daring Dengan Platform WA, CR, M-Z dan Kepuasan Mahasiswa’, JAMP: Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(4), pp. 342–351.
Yamin, M. and Maisah (2010) Standarisasi Kinerja Guru, Jakarta: Gaung Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.