PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MELALUI PELATIHAN PENGGUNAAN MEDIA ICT

Authors

  • Ningrum Astriawati Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta
  • Gino Erman Agusta Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta
  • Himawan Aditya Pratama Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i3.4804

Keywords:

competence, media ict, training, professional

Abstract

ABSTRAK

Tujuan utama pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini yaitu untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengelola kelas online melalui pelatihan penggunaan media information and communications technology (ICT) bagi guru-guru PAUD IT dan SD IT Harapan Bunda. Media ICT yang dipilih oleh guru-guru PAUD IT dan SD IT Harapan Bunda adalah berbasis Google Forms dan Google Meet. Pelatihan dilakukan dengan pemberian materi, diskusi/tanya jawab, dan praktek langsung pembuatan media ICT yang digunakan. Untuk mengetahui keberhasilan kegiatan pengabdian ini, dilakukan evaluasi dengan pengisian angket respon terhadap kegiatan PKM, angket kepuasan serta angket kompetensi profesional guru. Dari hasil angket menunjukkan rata-rata persentase respon peserta pelatihan terhadap pelaksanaan PKM ini menjawab sangat setuju sebesar 70,7%. Tingkat kepuasan peserta pelatihan dari segi materi, penyampaian materi, proses diskusi serta pelatihan individu adalah 93,3%. Sedangkan sekitar 73,3% menyatakan mengalami peningkatan terkait kemampuan menggunakan media ICT dan  pengelolaan kelas online. Dari hasil pelatihan juga disarankan agar guru-guru di masa pandemi ini lebih  memahami  dan  menggunakan  media ICT agar pembelajaran  lebih efektif dan menyenangkan ­

 

Kata kunci: kompetensi; media ict; pelatihan; profesional

 

ABSTRACT

The main objective of community service is to increase teacher competence through training in the use of ICT media for PAUD IT and SD IT Harapan Bunda teachers. The ICT media chosen by PAUD IT and SD IT Harapan Bunda are based on Google Forms and Google Meet. The training was carried out by providing materials, discussion / question and answer, and direct practice of making the ICT media used. In addition to the introduction of ICT media, this training also conducted an assignment to better understand the use of online ICT media. Reliable in this service activity, evaluation is carried out by filling out questionnaires and direct interviews. The results of the questionnaire showed that the average proportion of training participants on the implementation of this community service answered strongly agree at 70,7%. The level of satisfaction of the training participants in terms of material, material delivery, discussion process, individual training was 93,3%. Meanwhile, around 73,3% stated that the increase was related to the ability to use ICT media and manage online learning. From the results of the training, it is also recommended that teachers during this pandemic better understand and use ICT media so that learning is more effective and fun.

 

Keywords: competence, media ict, training, professional

Author Biography

Ningrum Astriawati, Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta


References

Kemdikbud, (2020) “SURAT EDARAN MENDIKBUD NO 4 TAHUN 2020 TENTANG PELAKSANAAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM MASA DARURAT PENYEBARAN CORONA VIRUS DISEASE (COVID- 1 9) - Pusdiklat Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,†Https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/,. .

J. Hassan and F. Rashida, (2011). “Penggunaan ICT Dalam Proses Pengajaran Dan Pembelajaran Di Kalangan Pendidik Fakulti Pendidikan Universiti Teknologi Malaysia Skudai, Johor,†J. Tech. Vocat. Eng. Educ.

K. A. Wulandari, N. Hudallah, and I. Rosyidi, (2016). “PERAN GURU TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP KOLEGA SEJAWAT DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR Prodi PTIK FT Unnes 2 SMP Negeri 2 Kendal,†J. Penelit. Pendidik. Indones.

Kemdikbud, (2007). “Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007,†vervalsp.data.kemdikbud.go.id.

R. R. Pangestika and F. Alfarisa, (2015). “Pendidikan Profesi Guru (PPG): Strategi Pengembangan Profesionalitas Guru dan Peningkatan Mutu Pendidikan Indonesia,†Pendidikan Profesi Guru.

Sahid, (2007). ,“Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT,†Pendidik. Mat. FMIPA UNY.

S. Sumaryati, (2013). “Peningkatan kompetensi profesional guru melalui pelatihan model-model pembelajaran inovatif,†INOTEKS, vol. 17, no. 2.

Downloads

Published

2021-10-27

Issue

Section

Articles