SHARING SESSION: PENCEGAHAN TINDAKAN PLAGIARISME DALAM PENULISAN KARYA ILMIAH MAHASISWA STKIP CITRA BAKTI SHARING SESSION: PENCEGAHAN TINDAKAN PLAGIARISME DALAM PENULISAN KARYA ILMIAH MAHASISWA STKIP CITRA BAKTI SHARING SESSION: PENCEGAHAN TINDAKAN PLAGIARISME DALAM PENULISAN KARYA ILMIAH MAHASISWA STKIP CITRA BAKTI

Authors

  • Natalia Rosalina Rawa STKIP Citra Bakti
  • Dek Ngurah Laba Laksana STKIP Citra Bakti
  • Aan Nurfahrudianto Universitas Nusantara PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i3.4811

Keywords:

scientific paper, writing, prevention, sharing session.

Abstract

ABSTRAK

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mahasiswa STKIP Citra Bakti, antara lain: (1) penguasaan teori-teori yang digunakan dalam menulis karya ilmiah sangat minim; (2) kemampuan mengakses informasi karya ilmiah dari berbagai sumber masih minim. (3) kaidah ilmiah yang digunakan dalam menulis masih rendah; (4) masih banyak ditemukan copy paste. Oleh karena itu, perlu adanya upaya pencegahan tindakan plagiarisme dalam menulis karya ilmiah di kalangan mahasiswa STKIP Citra Bakti melalui kegiatan sharing se­ssion dengan tema “Perilaku Plagiarisme dan Strategi Anti Plagiarisme dalam Menulis Karya Ilmiah†dan membuka ruang konsultasi apabila mahasiswa kesulitan dalam menghadapi masalah plagiarism di lingkup STKIP Citra Bakti. Metode pelaksanaan kegiatan melalui ceramah, presentasi, tatap muka, dan diskusi secara semi-online. Khalayak sasaran dari program pendampingan ini adalah 109 orang mahasiswa STKIP Citra Bakti yang sedang mengambil program mata kuliah skripsi. Indikator keberhasilan kegiatan didasarkan pada respon positif peserta terhadap pelaksanaan kegiatan  sharing session dan seluruh naskah skripsi mahasiswa bebas dari tindakaan plagiarisme dengan toleransi kemiripan sebesar < 30% sebagai syarat dalam mengikuti sidang skripsi di STKIP Citra Bakti. Adapun hasil cek similarity naskah skripsi mahasiswa ditemukan ada 128 kali pengecekan naskah skripsi dimana terdapat 46 (35,9%) lolos cek similarity di tahap pertama, 31(24,2%) lolos cek similarity di tahap kedua, 25 (19,5%) lolos cek similarity lebih dari dua kali.

 

Kata kunci: karya ilmiah; menulis; pencegahan; plagiarism; sharing session.

 

ABSTRACT

This community service activity is motivated by the problems of STKIP Citra Bakti students, including: (1) mastery of the theories used in writing scientific papers is very minimal; (2) the ability to access scientific work information from various sources is still minimal. (3) scientific principles used in writing are still low; (4) there are still many copy-pastes found. Therefore, there is a need for efforts to prevent plagiarism in writing scientific papers among STKIP Citra Bakti students through sharing sessions with the theme "Plagiarism Behavior and Anti-Plagiarism Strategies in Writing Scientific Papers" and open a consultation room if students have difficulty dealing with plagiarism problems in the scope of STKIP Citra Bakti. The method of carrying out activities is through lectures, presentations, face-to-face, and discussions by semi-online.The target audience of this mentoring program is 109 STKIP Citra Bakti students who are currently taking thesis courses. The indicator for the success of the activity is based on the positive response of participants to the implementation of sharing session activities and the student's thesis script passes the similarity check with a similarity tolerance <30% as a requirement for participating in the thesis trial at STKIP Citra Bakti. The results of the similarity check for student thesis scripts found that there were 128 thesis checks where 46 (35.9%) passed the similarity check in the first stage, 31 (24.2%) passed the similarity check in the second stage, 25 (19.5%) passed the similarity check. similarity check more than twice.

 

Keywords: scientific paper; writing; prevention; sharing session.

Author Biography

Natalia Rosalina Rawa, STKIP Citra Bakti


References

Adhikara, M. A., Handayani, S., Jumono, S., & Darmansyah, D. (2014). Pelatihan penyusunan artikel publikasi ilmiah pada mahasiswa perguruan tinggi di jakarta barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas, 1(1), 41–53. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/ABD/article/viewFile/1189/1084

Arbie, A. (2014). Pemetaan dan peningkatan mutu karya ilmiah mahasiswa fakultas mipa universitas negeri gorontalo. In Laporan Hasil Penelitian Pengembangan Fakultas Dana BOPTN Tahun Anggaran 2012.

Arifin, Z. (2008). Metodologi penelitian pendidikan. Surabaya: Lentera Cendikia.

Asmawi, M. R. (2005). Strategi meningkatkan lulusan bermutu di perguruan tinggi. Makara Human Behavior Studies in Asia, 9(2), 66-71. https://doi.org/10.7454/mssh.v9i2.124

Cahyani, I. (2010). Peningkatan kemampuan menulis makalah melalui model pembelajaran berbasis penelitian pada mata kuliah umum bahasa indonesia. Sosiohumanika: Jurnal Pendidikan Sains Sosial Dan Kemanusiaan, 3(2), 175–192. http://mindamas-journals.com/index.php/sosiohumanika/article/view/411

Farhat, L. (2019). Upaya pencegahan tindakan plagiarisme untuk meningkatkan kualitas penulisan karya tulis ilmiah di dalam pembimbingan tugas akhir (skripsi) bagi mahasiswa STIE jambi. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 4(2), 326-333. https://doi.org/10.33087/jmas.v4i2.114

Ismail, I., & Elihami, E. (2019). Pelatihan penyusunan artikel publikasi ilmiah bagi mahasiswa perguruan tinggi STKIP muhammadiyah enrekang. Maspul Journal of Community Empowerment, 1(1), 12–20.

Lubis, M. S., Rahimah, A., & Lubis, I. S. (2019). Kemampuan menulis karya tulis ilmiah mahasiswa. Padang: CV. Berkah Prima

Murcahyanto, H., Rizki, R., Yuspianal, Y., & Alwan, I. (2021). Kegiatan sharing session performance art kabupaten lombok timur. Jurnal Abdi Populika, 02(1), 25–30.

Rawa, N. R., Bela, M. E., & Pegi, M. J. (2021). Pengembangan bahan ajar geometri datar berbasis model learning cycle 7e untuk siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 25-37. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.132

Sholeh, M., Susetyo, J., & Hapsari, P. (2017). IbM kelompok guru sebagai upaya meningkatkan kompetensi profesional melalui pendampingan penulisan karya tulis ilmiah dan pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. In Prosiding SNST (98–103). Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim Semarang.

Downloads

Published

2021-10-27

Issue

Section

Articles