PELATIHAN PEMBUATAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN FILMORA KEPADA GURU MADRASAH ALIYAH (MA) TANBIHUL GHOFILIIN, KABUPATEN BANJARNEGARA

Authors

  • Sarmini Sarmini Universitas Amikom Purwokerto
  • Niken Lia Prihatiningtias Pembayun Universitas Amikom Purwokerto
  • Nilam Puspita Nurdewanti Universitas Amikom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i3.4834

Keywords:

training, editing, videos, teaching materials, filmora.

Abstract

ABSTRAK

Beberapa kendala dialami oleh guru-guru di MA Tanbihul Ghofiliin dengan adanya perubahan model pembelajaran tersebut diantara adalah bagaimana membuat materi pembelajaran yang menarik dan tidak monoton yang hanya berupa teks disampaikan dalam powerpoint ataupun file dokumen word atau pdf.  Pelatihan pembuatan bahan ajar menggunakan Filmora kepada guru MA Tanbihul Ghofiliin Banjarnegara bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam membuat bahan ajar berupa video pembelajaran. Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 5 Juni 2021 di Laboratorium Komputer 2 MA Tanbihul Ghofiliin Banjarnegara yang diikuti oleh 9 orang peserta yaitu bapak dan ibu guru MA Tanbihul Ghofiliin. Kegiatan pelatihan dilakukan dengan mempraktikkkan langsung bagaimana cara mengedit video menggunakan aplikasi Filmora, dari tahap membuat video pembuka sampai dengan video penutup hingga menambahkan efek-efek dalam video serta rendering video. Berdasarkan hasil pengamatan selama kegiatan berjalan dan juga jawaban peserta, kegiatan pelatihan dapat diikuti dengan baik oleh peserta, dimana peserta dapat mengikuti setiap tahapan editing video hingga akhir menjadi sebuah video utuh. Tanggapan positif diberikan oleh peserta yang antusias dan berharap akan ada pelatihan-pelatihan pemanfaatan teknologi lainnya yang dapat menunjang proses kegiatan belajar mengajar khususnya di masa pandemi covid-19.

 

Kata kunci: bahan ajar; filmora; editing; pelatihan; video.

 

ABSTRACT

Some of the obstacles experienced by the teachers at MA Tanbihul Ghofiliin with the changes in the learning model, including how to make learning materials that are interesting and not monotonous, which are only in the form of text delivered in powerpoint or word or pdf document files. Training on making teaching materials using Filmora for MA Tanbihul Ghofiliin Banjarnegara teachers aims to improve the ability of teachers to make teaching materials in the form of learning videos. The training activity was carried out on Saturday, June 5, 2021 at the Computer Laboratory of MA Tanbihul Ghofiliin Banjarnegara which was attended by 9 participants, namely the teacher of MA Tanbihul Ghofiliin. The activity was carried out by practicing directly how to make videos using the Filmora application, from the stage of making the opening video to closing the video to adding effects in the video and rendering the video. Based on observations during the activity as well as participants' answers, the training activities can be followed well by the participants, where participants can follow each stage of video editing until the end becomes a complete video. The positive response was given by enthusiastic participants and hoped that there would be trainings on the use of other technologies that could support the teaching and learning process, especially during a pandemic Covid-19.

 

Keywords: training; editing; videos; teaching materials; filmora.

Author Biography

Sarmini Sarmini, Universitas Amikom Purwokerto


References

Agustiningsih. (2015). Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Pancaran, 4(1), 55–68.

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2016). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 47–66.

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenuddin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida, 3(1), 116–137.

Hardianti, & Asri, W. K. (2017). Keefektifan Penggunaan Media Video dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 11 Makasar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(2), 123–130.

Lubis, S. P. W. (2017). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII. Jurnal Dedikasi, 1(2), 169–174.

Mulyana, A. (2020). Isi Surat Keputusan Bersama 4 Menteri Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021.

Mutia, R., Adlim, & Halim, A. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Ipa Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 108–114.

Nissa, N. K. (2020). Dampak Perubahan Pola Mobilitas Masyarakat Indonesia terhadap Sektor Transportasi saat Pandemi COVID-19.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72.

Pabane, I. (2020). 8 Alasan Filmora adalah Aplikasi Video Editor Terbaik Bagi Pemula.

Rosali, E. S. (2020). Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Geography Science Education Journal (GEOSEE), 1(1), 21–30.

Siagian, S. P. (1994). Administrasi Pembangunan.

Sipayung, O., & Darwin. (2016). Pemanfaatan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik Dasar Kelas X Program Keahlian Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 2 Pematangsiantar. Jurnal Educational Building, 2(1), 87–93.

Taufik, D. K. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V SD Se-Kecamatan Gedangsari Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(1), 21–26.

Downloads

Published

2021-10-27

Issue

Section

Articles