TINGKAT KEPUASAN PESERTA WORKSHOP MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID

Authors

  • Monica Fransisca Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Yuliawati Yunus Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Renny Permata Saputri Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.4854

Keywords:

android, learning media, workshop.

Abstract

ABSTRAK

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berlandaskan pada dua masalah yaitu kondisi pandemi yang mengubah proses pembelajaran dan perkembangan teknologi pada media pembelajaran, berdasarkan pada masalah tersebut maka perlu dilaksanakan pelatihan perancangan media ajar android bagi mahasiswa Praktek Lapangan Kependidikan (PLK) di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang. Tujuan pelatihan adalah untuk membantu mahasiswa PLK dalam mengembangkan media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan secara jarak jauh. Pelatihan dilaksanakan secara daring karena keterbatasan tempat dan keadaan yang tidak memungkinkan untuk pelatihan secara tatap muka. Metode pengabdian adalah berupa workshop atau pelatihan dengan rincian tahapan persiapan, screening, implementasi, evaluasi, dan laporan. Kegiatan pengabdian dilakukan secara bertahap mulai dari pengenalan media, teori media, dan simulasi pembuatan media berbasis android. Peserta dari kegiatan pengabdian berjumlah sebanyak 36 orang yang terdiri dari mahasiswa program studi pendidikan teknik informatika. Setelah kegiatan pelatihan selesai dilaksanakan, semua peserta diminta untuk mengisi kuesioner penilaian pelatihan. Kuesioner ini bertujuan untuk melihat tingkat kepuasan peserta terhadap pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis android. Indikator penilaian kuesioner terdiri atas empat aspek yang mencakup 18 pernyataan. Hasil pengisian kuesioner dari peserta menunjukkan tingkat kepuasaan berada pada rata-rata persentase 90%. Maka dapat disimpulkan bahwa peserta merasa sangat puas dengan kegiatan pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis android.

 

Kata kunci: android; media pembelajaran; workshop

 

ABSTRACT

This community service activity was based on two problem such as pandemic situation changed the learning process and technological developments in learning media, based on those problem it’s important to conducting a workshop on creating android-based learning media which aimed for teacher students at Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang.  The training purpose was to assisted teacher students in developing learning media that can be used remotely. Training was carried out online due to limited space and circumstances. This activity used a workshop method which contains with steps of preparations, screening, implementation, evaluation and reports. Training activity was consists of a few stages such as media introduction, media theory, and simulations. The participant’s amounts were 36 students of informatics engineering education program. After the training activities were completed, all participants asked to fill out an assessment questionnaires. The questionnaires were aims to see the level of participant’s satisfaction in the training. The questionnaires contain with 18 statements as an indicator, and consist of four main aspects. The questionnaires results from participants showed that the level of satisfaction is 90% in average. So it can be concluded that the participants were very satisfied with training activities.

 

Keywords: android; learning media; workshop.

 

Author Biographies

Monica Fransisca, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Yuliawati Yunus, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Renny Permata Saputri, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 11.

Fransisca, M., Yunus, Y., Sutiasih, A. D., & Saputri, R. P. (2019). Practicality of e-learning as learning media in digital simulation subjects at vocational school in Padang. Journal of Physics: Conference Series, 1339(1), 012077.

Makaborang, Y., Lalupanda, E. M., Bano, V. O., Taranau, O. T. K., Endah, R. R. H., & Njdoeroemana, Y. (2021). SIMULASI PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 KAMBERA. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 5. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4375

Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Mansyur, M. Z., & Iskandar, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Pangga, D., Ahzan, S., Gummah, S., & Prayogi, S. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK GURU MA AL-ISTIQOMAH NW BEDUS. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(2), 4. https://doi.org/10.31764/jpmb.v3i2.1512

Purba, R. A., Rofiki, I., Purba, S., Purba, P. B., Bachtiar, E., Iskandar, A., & Purba, B. (2020). Pengantar Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Saputri, R. P., & Fransisca, M. (2020a). ANALISIS KEBUTUHAN SISWA TERHADAP MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(1), 8.

Saputri, R. P., & Fransisca, M. (2020b). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. Indonesian Journal of Computer Science, 9(2), 11. https://doi.org/https://doi.org/10.33022/ijcs.v9i2.304

Yunus, Y., & Fransisca, M. (2020). Analisis kebutuhan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran kewirausahaan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 9. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32424

Downloads

Published

2021-12-06

Issue

Section

Articles