PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM MEMBANGUN KEMANDIRIAN EKONOMI

Authors

  • Rizqy Aiddha Yuniawati Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.4861

Keywords:

digital era, entrepreneurship, pandemic, women, empowerment

Abstract

ABSTRAK

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan para perempuan yang berusia produktif mengenai kewirausahaan serta memanfaatkan peluang bisnis di era digital dan di masa pandemi, sehingga para perempuan dapat berdaya secara ekonomi. Program pengabdian masyarakat melibatkan 132 perempuan berusia produktif dari seluruh Indonesia. Program pengabdian masyarakat ini dilakukan melalui beberapa tahap. Tahap pertama adalah memetakan usaha yang akan membantu perekonomian para perempuan. Tahap kedua adalah tahap pelaksanaan dan tahap ketiga adalah tahap evaluasi untuk memastikan para peserta dapat memiliki panduan dalam memulai atau mengembangkan usahanya. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa setelah mendapatkan pengetahuan dan keterampilan sebagian besar peserta (75%) memiliki motivasi yang tinggi untuk memulai dan mengembangkan usaha yang diukur dengan skala motivasi berwirausaha. Selain itu, semua peserta memandang bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat karena menambah pengetahuan dan keterampilan dalam berwirausaha. Dengan demikian, diharapkan para perempuan mampu berdaya secara ekonomi baik di masa pandemi maupun pasca pandemi.

 

Kata kunci: era digital; kewirausahaan; pandemi; perempuan; pemberdayaan

 

ABSTRACT

This community service aims to provide productive women with skills and knowledge regarding entrepreneurship and take advantage of business opportunities in the digital era and during the pandemic so that women can be economically empowered. This community service program involved 132 participants from all over Indonesia. The implementation of this community service program is carried out virtually or through webinars. The results of this activity indicate that after gaining knowledge and skills most of the participants have high motivation to start and develop businesses. In addition, all participants saw that this activity was very useful because it added knowledge and skills in entrepreneurship. Thus, it is hoped that women will be able to be economically empowered both now and in the future.

 

Keywords: digital era; entrepreneurship; pandemic; women; empowerment

 

References

Abidin, Z. (2017). Kesetaraan Gender dan Emansipasi Perempuan dalam Pendidikan Islam. Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(01), 1–17.

Antonites, A. J., & Vuuren, J. J. Van. (2005). Inducing Entrepreneurial Creativity, Innovation and Opportunity - Finding Skills. 8(3), 255–271.

Garba, M. M., & Abubakar, S. L. (2019). The Influence of Entrepreneurial Learning Environment and Intrinsic Learners’ Need on Entrepreneurship Education. Open Journal of Business and Management, 07(03), 1244–1261. https://doi.org/10.4236/ojbm.2019.73087

Hartatik, ., & Baroto, T. (2017). Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Metode Business Model Canvas. Jurnal Teknik Industri, 18(2), 113. https://doi.org/10.22219/jtiumm.vol18.no2.113-120

Herawati, N., Lindriati, T., & Suryaningrat, I. B. (2019). Penerapan Bisnis Model Kanvas Dalam Penentuan Rencana Manajemen Usaha Kedelai Edamame Goreng. Jurnal Agroteknologi, 13(01), 42. https://doi.org/10.19184/j-agt.v13i01.8554

Kim, B. C., Lee, G., Murrmann, S. K., & George, T. R. (2012). Motivational effects of empowerment on employees’ organizational commitment: A mediating role of management trustworthiness. Cornell Hospitality Quarterly, 53(1), 10–19. https://doi.org/10.1177/1938965511426561

Kurniawati, D. (2013). Pemberdayaan Masyarakat Di Bidang Usaha Ekonomi (Studi Pada Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Mojokerto). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 1(4), 9–14.

Omar, K. M. (2021). Measuring the Entrepreneurship Characteristics and Its Impact on Entrepreneurial Intentions. Open Journal of Business and Management, 09(02), 672–687. https://doi.org/10.4236/ojbm.2021.92035

Sun, D., Chen, H., Wu, P., & Yang, D. (2020). Entrepreneurship Education Promotes Individual Entrepreneurial Intention: Does Proactive Personality Work? OALib, 07(10), 1–15. https://doi.org/10.4236/oalib.1106835

Tasia, F. E., & Nurhasanah, E. (2019). Partisipasi Perempuan Dalam Pendidikan Tinggi Dan Pengaruh Pendidikan Tinggi Pada Perempuan: Sebuah Studi Literatur. Pekobis Jurnal Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.30537/sjcms.v4i1

Downloads

Published

2021-12-06

Issue

Section

Articles