PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM MEMBANGUN KEMANDIRIAN EKONOMI
DOI:
https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.4861Keywords:
digital era, entrepreneurship, pandemic, women, empowermentAbstract
ABSTRAK
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan para perempuan yang berusia produktif mengenai kewirausahaan serta memanfaatkan peluang bisnis di era digital dan di masa pandemi, sehingga para perempuan dapat berdaya secara ekonomi. Program pengabdian masyarakat melibatkan 132 perempuan berusia produktif dari seluruh Indonesia. Program pengabdian masyarakat ini dilakukan melalui beberapa tahap. Tahap pertama adalah memetakan usaha yang akan membantu perekonomian para perempuan. Tahap kedua adalah tahap pelaksanaan dan tahap ketiga adalah tahap evaluasi untuk memastikan para peserta dapat memiliki panduan dalam memulai atau mengembangkan usahanya. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa setelah mendapatkan pengetahuan dan keterampilan sebagian besar peserta (75%) memiliki motivasi yang tinggi untuk memulai dan mengembangkan usaha yang diukur dengan skala motivasi berwirausaha. Selain itu, semua peserta memandang bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat karena menambah pengetahuan dan keterampilan dalam berwirausaha. Dengan demikian, diharapkan para perempuan mampu berdaya secara ekonomi baik di masa pandemi maupun pasca pandemi.
Â
Kata kunci: era digital; kewirausahaan; pandemi; perempuan; pemberdayaan
Â
ABSTRACT
This community service aims to provide productive women with skills and knowledge regarding entrepreneurship and take advantage of business opportunities in the digital era and during the pandemic so that women can be economically empowered. This community service program involved 132 participants from all over Indonesia. The implementation of this community service program is carried out virtually or through webinars. The results of this activity indicate that after gaining knowledge and skills most of the participants have high motivation to start and develop businesses. In addition, all participants saw that this activity was very useful because it added knowledge and skills in entrepreneurship. Thus, it is hoped that women will be able to be economically empowered both now and in the future.
Â
Keywords: digital era; entrepreneurship; pandemic; women; empowerment
ÂReferences
Abidin, Z. (2017). Kesetaraan Gender dan Emansipasi Perempuan dalam Pendidikan Islam. Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(01), 1–17.
Antonites, A. J., & Vuuren, J. J. Van. (2005). Inducing Entrepreneurial Creativity, Innovation and Opportunity - Finding Skills. 8(3), 255–271.
Garba, M. M., & Abubakar, S. L. (2019). The Influence of Entrepreneurial Learning Environment and Intrinsic Learners’ Need on Entrepreneurship Education. Open Journal of Business and Management, 07(03), 1244–1261. https://doi.org/10.4236/ojbm.2019.73087
Hartatik, ., & Baroto, T. (2017). Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Metode Business Model Canvas. Jurnal Teknik Industri, 18(2), 113. https://doi.org/10.22219/jtiumm.vol18.no2.113-120
Herawati, N., Lindriati, T., & Suryaningrat, I. B. (2019). Penerapan Bisnis Model Kanvas Dalam Penentuan Rencana Manajemen Usaha Kedelai Edamame Goreng. Jurnal Agroteknologi, 13(01), 42. https://doi.org/10.19184/j-agt.v13i01.8554
Kim, B. C., Lee, G., Murrmann, S. K., & George, T. R. (2012). Motivational effects of empowerment on employees’ organizational commitment: A mediating role of management trustworthiness. Cornell Hospitality Quarterly, 53(1), 10–19. https://doi.org/10.1177/1938965511426561
Kurniawati, D. (2013). Pemberdayaan Masyarakat Di Bidang Usaha Ekonomi (Studi Pada Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Mojokerto). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 1(4), 9–14.
Omar, K. M. (2021). Measuring the Entrepreneurship Characteristics and Its Impact on Entrepreneurial Intentions. Open Journal of Business and Management, 09(02), 672–687. https://doi.org/10.4236/ojbm.2021.92035
Sun, D., Chen, H., Wu, P., & Yang, D. (2020). Entrepreneurship Education Promotes Individual Entrepreneurial Intention: Does Proactive Personality Work? OALib, 07(10), 1–15. https://doi.org/10.4236/oalib.1106835
Tasia, F. E., & Nurhasanah, E. (2019). Partisipasi Perempuan Dalam Pendidikan Tinggi Dan Pengaruh Pendidikan Tinggi Pada Perempuan: Sebuah Studi Literatur. Pekobis Jurnal Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.30537/sjcms.v4i1
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.