PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI LAPOR KEPADA KOMUNITAS PEMUDA UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT
DOI:
https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i3.5383Keywords:
aspiration, complain, reportAbstract
ABSTRAK
Keterlibatan masyarakat untuk ikut turut serta dalam pengawasan organisasi publik sangat penting untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pemerintah, dalam rangka menjalankan pemerintahan yang efektif. Pelatihan penggunaan aplikasi lapor menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan partisipasi masyarakat tersebut. Sasaran mitra pelatihan ini adalah komunitas pemuda demokrasi Palembang, pelatihan ini dilaksanakan menggunakan metode daring dengan melakukan pre-test dan post-test untuk menunjukkan hasil pelatihan yang dilakukan. Peserta pelatihan pada umun-nya belum mengetahui dan belum memahami cara teknis penggunaan aplikasi tersebut. Hasil pelatihan menunjukkan terdapat peningkatan pengetahuan dan ketrampilan teknis penggunaan aplikasi lapor yang cukup signifikan. Hal tersebut akan berdampak pada peningkatan partisipasi masyarakat, khususnya generasi muda untuk dapat menggunakan aplikasi lapor sebagai media penyampaian aspirasi dan pengaduan yang resmi.
Â
Kata kunci: aspirasi; pengaduan; lapor
Â
ABSTRACT
Community involvement to participate in the supervision of public organizations is very important to increase government accountability and transparency, in order to run an effective government. Training on the use of the report application is one alternative to increase community participation. The target of this training partner is the Palembang democracy youth community, this training is carried out using an online method by conducting pre-test and post-test to show the results of the training carried out. The trainees in general do not know and do not understand the technical way of using the application. The results of the training showed that there was a significant increase in knowledge and technical skills in the use of reporting applications. This will have an impact on increasing community participation, especially the younger generation to be able to use the report application as a medium for formally submitting aspirations and complaints.
Â
Keywords: aspiration; complain; report
References
Herdiansah, A. G., dkk (2018). PARTISIPASI
GENERASI MUDA DALAM
MEMBENTUK MASYARAKAT PEMILIH YANG CERDAS DAN DEWASA BERPOLITIK DI KECAMATAN JATINANGOR. Dharmakarya, 7(4), 252-256.
Kariem, M. Q., & PAG, M. A. A. (2021). Edukasi Pengawasan Organisasi Publik bagi Kelompok Pemuda di Palembang. Jurnal Abdimas Mahakam, 5(01), 74-80.
Kuswati, Y. (2019). PENYULUHAN PENDIDIKAN POLITIK BAGI PEMILIH
PEMULA KARANG TARUNA KECAMATAN PANYINGKIRAN. JURNAL PARAHITA ABDIMAS Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 52-62.
Ngiu, Z., Wantu, A. W., & Djafar, D. R. (2021).
Sosialisasi Pembinaan bagi Pemuda
dalam Pembangunan Desa di Desa Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Jurnal Abdidas, 2(2), 420-423.
Mengenal Aplikasi LAPOR! dan Cara Kirim
Laporan Warga ke Pemerintah, diakses : https://tirto.id/mengenal-aplikasi-lapor-dan-cara-kirim-laporan-warga-ke-pemeritah-f2ZH
Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2021
Tembus 202 Juta, diakses : https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/16100057/jumlah-pengguna-internet-indonesia-2021-tembus-202-juta?nomgid=1
Berapa Usia Mayoritas Pengguna Media
Sosial di Indonesia ? diakses : https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/23/berapa-usia-mayoritas-pengguna-media-sosial-di-indonesia
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.