PELATIHAN DIGITAL MARKETING BAGI ANGGOTA NASYIATUL AISYIYAH PURBALINGGA DALAM MENGHADAPI ERA PASAR GLOBAL DAN PENGEMBANGAN INDUSTRI KREATIF
DOI:
https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i3.5395Keywords:
digital marketing, nasyiatul ‘aisyiyah, webinar, comunity service.Abstract
ABSTRAK
Kemajuan teknologi adalah sebuah keniscayaan, konektivitas menjadi sebuah kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dari gaya hidup masyarakat. Aktivitas yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara-cara konvensional, sekarang bisa dilakukan secara daring tanpa batasan ruang dan waktu. Salah satu dampak yang terpengaruh secara langsung oleh digitalisasi adalah transaksi dan perdagangan. Pemasaran konvensional pun kini telah bergeser ke pemasaran digital atau digital marketing. Digital marketing merupakan kegiatan bisnis baik penjualan maupun pemasaran yang memanfaatkan teknologi digital sebagai media. Pelatihan digital marketing terhadap anggota Nasyiatul ‘Aisyiyah cabang Rabak Purbalingga dilakukan dengan metode webinar, yaitu memberikan informasi secara daring mengenai strategi digital marketing, dengan tujuan agar ilmu pemasaran secara digital dapat diimplementasikan secara maksimal oleh anggota Nasyiatul ‘Aisyiyah. Di masa pandemi dimana kegiatan transaksi melalui internet semakin marak dilakukan, maka momentum ini dirasa tepat untuk belajar mengembangkan keahlian berbisnis dan mengamalkan ilmu digital marketing demi meningkatkan pendapatan keluarga dan memberdayakan perempuan di tengah masyarakat. Media digital marketing yang diajarkan pada webinar ini yaitu: Whatsapp, Facebook, dan Instagram, dimana ketiga media sosial tersebut merupakan salah satu yang paling banyak digunakan sekarang, sehingga jangkauan pangsa pasarnya cukup menjanjikan. Hasil pengabdian yaitu ibu-ibu mempraktikkan cara membuat story di Whatsapp agar menarik, serta diberi tips-tips dalam mengelola akun media sosial baik instagram maupun facebook agar menarik dan dapat dimaksimalkan untuk media promosi digital sehingga ikut berkontribusi dalam menghadapi era pasar global dan mampu turut serta dalam mengembangkan industri kreatif.
Â
Kata kunci: digital marketing; nasyiatul ‘aisyiyah; webinar; pengabdian masyarakat
Â
ABSTRACT
Technological advancement is inevitable, connectivity becomes a necessity that can not be separated from the lifestyle of society. Activities that previously could only be done in conventional ways, can now be done online without any restrictions on space and time. One of the impacts directly affected by digitization is transactions and trade. Conventional marketing has now shifted to digital marketing. Digital marketing is a business activity of both sales and marketing that utilizes digital technology as a medium.
Digital marketing training for members of Nasyiatul 'Aisyiyah Rabak Purbalingga branch is conducted by webinar method, which is to provide information online about digital marketing strategy, with the aim that digital marketing knowledge can be implemented to the maximum by Nasyiatul ‘Aisyiyah members. In a pandemic where internet transaction activities are increasingly being carried out, this momentum is felt appropriate to learn to develop business skills and practice digital marketing to increase family income and empower women in the community. Digital media marketing taught in this webinar is: Whatsapp, Facebook, and Instagram, where these three social media are one of the most used now, so the reach of market share is quite promising. The result of devotion is that the members practice how to create stories on Whatsapp to be interesting, as well as given tips in managing social media accounts both instagram and facebook to be interesting and can be maximized for digital promotional media so as to contribute in facing the global market era and able to participate in developing creative industries.
Â
Keywords: digital marketing; nasyiatul ‘aisyiyah; webinar; comunity service.
References
Andamisari, Dessy. (2021). “Penggunaan Status Whatsapp Sebagai Digital Marketing Warga Kecamatan Medan Satria Bekasi Di Era New Normal.†5(1):66–72.
Atshaya, S., and Sristy Rungta. (2016). “Digital Marketing VS Internet Marketing : A Detailed Study.†Digital Marketing VS Internet Marketing: A Detailed Study 3(1):29–33.
Kim, Juran, Seungmook Kang, and Ki Hoon Lee. (2019). “Evolution of Digital Marketing Communication: Bibliometric Analysis and Network Visualization from Key Articles.†Journal of Business Research (September):0–1. doi: 10.1016/j.jbusres.2019.09.043.
Kusuma, Diana Fitri, and Mohamad Syahriar Sugandi. (2019). “Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts.†Jurnal Manajemen Komunikasi 3(1):18. doi: 10.24198/jmk.v3i1.12963.
Mandal, Pinaki. (2017). “Understanding Digital Marketing Strategy.†International Journal of Scientific Research and Management 5(06):5428–31. doi: 10.18535/ijsrm/v5i6.11.
Minculete, Gheorghe, and Polixenia Olar. (2018). “Approaches to the Modern Concept of Digital Marketing.†International Conference KNOWLEDGE-BASED ORGANIZATION 24(2):63–69. doi: 10.1515/kbo-2018-0067.
Oktaviani, Femi, and Diki Rustandi. (2018). “Implementasi Digital Marketing Dalam Membangun Brand Awareness.†PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat 3(1):1. doi: 10.24198/prh.v3i1.15878.
Pradiani, Theresia. (2018). “Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan.†Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia 11(2):46–53. doi: 10.32812/jibeka.v11i2.45.
Simatupang, Sudung, Efendi Efendi, and Debi Eka Putri. (2021). “Facebook Marketplace Serta Pengaruhnya Terhadap Minat Beli.†Jurnal Ekbis 22(1):28. doi: 10.30736/je.v22i1.695.
Taqiyya, Rahmah, and Sugeng Riyanto. (2020). “Strategi Pemanfaatan Media Sosial Facebook Dan WhatsApp Untuk Memperluas Jaringan Pemasaran Digital Benih Sayuran Oleh Wafipreneur Di Masa Pandemi Covid-19.†Syntax Idea 2(10):810–23.
Woelandari, Dewi Sri, and Novita Wahyu Setyawati. (2019). “Digital Dengan Menggunakan Media Sosial Facebook Dan Instagram Bagi Industri Rumahan Di.†Seminar Santika (September):62–67.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.