PELATIHAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH BAGI GURU SMK AL-INABAH KECAMATAN BABADAN KABUPATEN PONOROGO

Authors

  • Mohammad Arfi Setiawan Program Studi Teknik Kimia, Universitas PGRI Madiun
  • Ade Trisnawati Program Studi Teknik Kimia, Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v2i1.558

Keywords:

artikel, karya ilmiah, pelatihan jurnal, publikasi

Abstract

Publikasi merupakan tahap akhir yang penting dilakukan dalam penulisan karya ilmiah. Publikasi adalah cara yang dilakukan agar karya atau hasil temuan dapat dikenal secara luas, sehingga dapat menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan. Guru dituntut tidak hanya mengajar tetapi juga menghasilkan karya atau temuan. Salah satu bentuk pengembangan profesi guru adalah pengembangan kemampuan guru dalam membuat karya tulis ilmiah. Kemampuan ini dapat dilihat dari publikasi para guru yang dimuat dalam
berbagai media, khususnya jurnal ilmiah. Namun sebagian besar guru tidak mau menyusun dan melakukan publikasi karena membutuhkan waktu dan tenaga, sehingga guru hanya menyusun karya ilmiah tanpa melakukan publikasi. Program ini berupa sosialisasi mengenai publikasi karya ilmiah dimaksudkan untuk memberi pengetahuan dan memotivasi guru agar melakukan publikasi karya ilmiah ke dalam jurnal. Selain itu, dilakukan juga pelatihan publikasi karya ilmiah ke dalam jurnal sehingga dapat dilakukan sendiri oleh guru-guru khususnya guru SMK Al-Inabah. Hasil kegiatan ini yaitu pengetahuan guru tentang publikasi artikel makin meningkat.

Downloads

Published

2018-11-26

Issue

Section

Articles