PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA MENGGUNAKAN APLIKASI LECTORA INSPIRE YANG DIINTEGRASIKAN DENGAN CAMTASIA STUDIO BAGI GURU SD DI PESISIR TELUK TOMINI

Authors

  • Daud Yusuf Universitas Negeri Gorontalo
  • Rusiyah Rusiyah Universitas Negeri Gorontalo
  • Sri Maryati Universitas Negeri Gorontalo
  • Nurmuhniyanti M. Hubaib Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.5602

Keywords:

lectora inspire, camtasia studio, multimedia, kabila bone.

Abstract

ABSTRAK

Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Multimedia Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire Yang Diintegrasikan dengan Camtasia Studio bagi Guru SD Di Pesisir Teluk Tomini. Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan di Kecamatan Kabila Bone dengan sasaran adalah Guru Sekolah Dasar. Kegiatan ini bertujuan memberikan pelatih guru-guru untuk membuat media pembelajaran multimedia menggunakan aplikasi Lectora Inspire yang dintegrasikan dengan Camtasia Studio. Metode yang digunakan adalah pengenalan aplikasi dan pelatihan menggunakan aplikasi Lectora Inspire untuk membuat video pembelajaran. Video pembelajaran yang dihasilkan menggunakan gambar, suara, video dan animasi yang dikemas menjadi materi pelajaran yang interaktif. Hasil dari kegiatan ini adalah dari video ini bisa diunggah di media sosial seperti Youtube, Instagram, dan Facebook sehingga mudah untuk dimanfaatkan oleh murid.

 

Kata kunci: lectora inspire; camtasia studio; multimedia; kabila bone.

 

ABSTRACT

Training on Making Multimedia Learning Media Using the Lectora Inspire Application Integrated with Camtasia Studio for Elementary School Teachers in the Coast of Tomini Bay. Community service activities are carried out in Kabila Bone District with the target of being elementary school teachers. This activity aims to provide teacher trainers to create multimedia learning media using the Lectora Inspire application which is integrated with Camtasia Studio. The method used is application introduction and training using the Lectora Inspire application to make learning videos. The resulting learning videos use images, sounds, videos and animations that are packaged into interactive subject matter. The result of this activity is that this video can be uploaded on social media such as Youtube, Instagram, and Facebook so that it is easy for students to use

 

Keywords: lectora inspire; camtasia studio; multimedia; kabila bone.

 

References

Aripin B.C. Membuat Video Klip Super Kren dengan Camtasia Studio. 2016

Daud Yusuf. Tutorial Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Camtasia Studio. 2017

https://lectora-inspire.software.informer.com

https://camtasia-studio.com

Jubile Enterprise. Teknik Membuat Video Tutorial dengan Camtasia Studio. Elex Media Komputindo. 2013

Muhamad Masud. Membuat Multimedia Pembelajaran dengan Lectora. Pustaka Shonif

Trisna Ulfatuzzahra Development of learning media based on Lectora Inspire on social science subjects http://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi

Yemima Otoluwa Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Yang Diintegrasikan Dengan Camtasia Studio Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Sistem Informasi Geografi. Vol 1, No 1 (2020): Jambura Geo Education Journal (JGEJ) - Articles

Downloads

Published

2021-12-20

Issue

Section

Articles