PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN SOAL EKONOMI/AKUNTANSI BERBASIS ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) PADA GURU SMA ANGGOTA MGMP KABUPATEN JEMBER SEBAGAI PERSIAPAN ASESMEN NASIONAL PENGGANTI UN 2021

Authors

  • Sri Kantun Universitas Jember,
  • Tiara Tiara Universitas Jember
  • Dwi Herlindawati Universitas Jember
  • Retna Ngesti Sedyati Universitas Jember
  • Anna Widayani Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.5666

Keywords:

ssistance, AKM-based questions.

Abstract

ABSTRAK

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan asesmen yang mengukur kemampuan minimal yang dibutuhkan siswa untuk dapat belajar dan merupakan bentuk penyederhanaan dari Ujian Nasional yang begitu kompleks. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan memberikan  pendampingan pengembangan soal ekonomi/akuntansi berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) pada guru SMA anggota MGMP Kabupaten Jember sebagai persiapan asesmen nasional pengganti UN 2021. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah metode Tutorial. Hasil yang didapat setelah dilakukannya kegiatan ini adalah peserta mampu menyusun soal-soal ekonomi/akuntansi berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Simpulan   hasil   pengabdian   adalah  guru SMA anggota MGMP dapat menambah pengetahuan tentang pembuatan soal berbasis AKM.

 

Kata kunci: pendampingan; soal berbasis AKM

 

ABSTRACT

Minimum Competency Assessment (AKM) is an assessment that measures the minimum skills required by students to be able to learn and is a simplification of the complex National Examination. This activity was carried out to assist in the development of economic/accounting questions based on the Minimum Competency Assessment (AKM) for high school teachers who are members of the Jember Regency MGMP as a preparation for the national assessment to replace the 2021 UN. The method used in this community service is the Tutorial method. The results obtained after this activity was carried out were that participants were able to compile economic/accounting questions based on the Minimum Competency Assessment (AKM). The service results conclude that high school teachers who are members of MGMP can increase knowledge about making AKM-based questions.

 

Keywords: assistance; AKM-based questions.

 

References

Albertus. (2020). Penjelasannya, Apa Itu Asesmen Kompetensi Minimum? Retrieved from Kompas.com website: https://edukasi.kompas.com/read/2020/10/26/162536471/apa-itu-asesmen-kompetensi-minimum-simak-penjelasannya?page=all

Detlev Leutner, Jens Fleischer, Juliane Grunkorn, E. K. (2017). Competence Assessment in Education. https://doi.org/10.1007/978-3-319-50030-0_16

Fajri Ismail. (2015). Pro Kontra Ujian Nasional. : : J U R Na L K E Pe N Di Di K a N, 7, http://ejournal.stain.sorong.ac.id/indeks.php/al-r.

Mendikbud. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–37.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2019. (n.d.). Penyelenggaraan Ujian Yang Diselenggarakan Satuan Pendidikan Dan Ujian Nasional. Lembaran Negara RI, 53(9).

Sari, A., Daulay, S., Putri, Y. Y., Epriani, P., & Medan, U. N. (2021). Penghapusan Ujian Nasional Tahun 2021 Dalam Perspektif. 213–220.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003. (n.d.). Sistem Pendidikan Nasional. 18, 19–28.

Downloads

Published

2021-12-11

Issue

Section

Articles