SINKRONISASI KURIKULUM JURUSAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA DI SMK NU 01 KENDAL

Authors

  • Dwi Astarani Aslindar Universitas Selamat Sri
  • Shofiatul Mila Universitas Selamat Sri
  • Rizki Ridhasyah Universitas Selamat Sri

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.5832

Keywords:

curriculum synchronization, department of accounting and institutional finance, SMK NU 01 Kendal

Abstract

ABSTRAK

Kurikulum SMK dibuat agar peserta didik siap langsung masuk ke dunia kerja. Maka dari itu diperlukan pengembangan dan penyesuaian kurikulum sesuai dengan kebutuhan dunia usaha/dunia industri. Hal ini juga dibutuhkankan oleh SMK NU 01 Kendal jurusan akuntansi dan keuangan Lembaga karena kurikulum yang digunakan belum memberikan pengembangan keilmuan akuntansi, teknologi dan kesesuaian dengan kebutuhan dunia usaha/dunia industry (DU/DI). Tim pengabdian Program Studi Akuntansi Universitas Selamat Sri menaggapi positif dengan mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat tentang sinkronisasi kurikulum pada jurusan akuntansi dan keuangan Lembaga SMK NU 01 Kendal. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah mengembangkan kurikulum sesuai dengan KKNI Level 2 yang berbasis pengembangan bidang ilmu akuntansi, memberikan realisasi konsep link and match antara SMK dan dunia usaha/dunia industry (DU/DI) dan berorientasi pada pengembangan teknologi. Kegiatan pengabdian dengan metode ceramah, tutorial, diskusi dan simulasi penyusunan kurikulum memberikan pemahaman dan keilmuan tentang perkembangan akuntansi, perkembangan teknologi dan kebutuhan Dunia Usaha Dunia Industri (DU/DI) untuk dapat diterapkan pada jurusan akuntansi dan keuangan lembaga di SMK NU 01 Kendal.

 

Kata kunci: sinkronisasi kurikulum; jurusan akuntansi dan keuangan lembaga; SMK NU 01 Kendal

 

ABSTRACT

The SMK curriculum is designed so that students are ready to enter the world of work. Therefore, it is necessary to develop and adjust the curriculum according to the needs of the business world/industrial world. This is also needed by SMK NU 01 Kendal majoring in accounting and institutional finance because the curriculum used does not provide scientific development of accounting, technology and conformity to the needs of the business world/industrial world (DU/DI). The service team for the Accounting Study Program at Selamat Sri University responded positively by holding community service activities regarding curriculum synchronization in the accounting and finance department of the SMK NU 01 Kendal. The purpose of this community service activity is to develop a curriculum in accordance with KKNI Level 2 which is based on the development of the field of accounting science, provides the realization of the link and match concept between SMK and the business world/industrial world (DU/DI) and is oriented towards technology development. Service activities with lecture methods, tutorials, discussions and curriculum preparation simulations provide understanding and knowledge of accounting developments, technological developments and the needs of the Industrial World Business World (DU/DI) to be applied to accounting and institutional finance departments at SMK NU 01 Kendal.

 

Keywords: curriculum synchronization; department of accounting and institutional finance; SMK NU 01 Kendal

References

Akhriza, T. M., Arifin, S., Syaifulloh, A. (2019). PKM Pengembangan Kurikulum Berbasis Sertifikasi Internasional Untuk SMK Kabupaten Malang. Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat Vol. 2 No. 2 hal 10 – 21

http://www.smknu01kendal.sch.id/home/sambutan_kepala_sekolah diakses 20 September 2021

https://money.kompas.com/read/2020/12/11/143242326/jumlah-pengangguran-terus-bertambah-paling-banyak-lulusan-smk diakses 20 September 2021

https://web.dpmptsp.jatengprov.go.id/statistik_potensi_smk/kabupaten_kendal diakses 20 September 2021

Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan Edisi (2004). Tentang : Landasan, Program dan Pengembangan. Jakarta : Direktorat Dikmenjur

Reksoadmodjo, T.N. (2010). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Bandung : Refika Aditama

Taufiq, E. (2020). Sinkronisasi Kurikulum Jurusan Akuntansi dan Lembaga Keuangan di SMK Karya Guna Bhakti II. Jurnal Pengabdian Masyarakat TRI PAMAS, Vol. 2 No. 2 hal 72 – 78

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Wageyanto. (2013). Sinkronisasi Kurikulum dalam Pencapaian Tujuan Kurikulum Program Keahlian Produksi Grafika SMK Negeri 4 Malang. Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 1 hal. 61-67. ISSN. 2337-7607

Yoto. Kustono, D., Muladi., Wardana. (2013). Partisipasi Masyarakat Industri Dalam Penyusunan Sinkronisasi Kurikulum di SMK. Jurnal Teknik Mesin No. 1 hal 113-126

Downloads

Published

2021-12-08

Issue

Section

Articles