PENGUATAN KONSEP KOMPETISI SAINS NASIONAL BAGI GURU DAN SISWA UNGGULAN DI SMAN 7 KOTA LHOKSEUMAWE DAN SMAN 2 DEWANTARA ACEH UTARA: BIDANG KIMIA, FISIKA DAN KEBUMIAN

Authors

  • Mellyzar Mellyzar Universitas Malikussaleh
  • Syafrizal Syafrizal Universitas Malikussaleh
  • Fajrul Wahdi Ginting

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6035

Keywords:

national science competition, chemical, physics, geoscience.

Abstract

ABSTRAK

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dan siswa unggulan untuk menghadapi Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tahun 2022. Kegiatan dilaksanakan di SMAN 7 Lhokseumawe dan SMAN 2 Dewantara untuk bidang kimia, fisika dan kebumian. Peserta masing-masing bidang 13 orang, metode pelaksanaannya dengan pembelajaran langsung (direct instruction), latihan dan tanya jawab. Instrumen untuk mengukur tingkat pemahaman peserta dengan menggunakan soal pre-test dan post-test sedangkan untuk mengetahui respon siswa menggunakan kuesioner. Analisis data soal tes dengan menghitung nilai pre-test dan post-test serta nilai N-Gain sedangkan kuesioner dengan persentase. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini terjadi peningkatan pemahaman peserta dengan rata-rata nilai pre-test dan post-test peserta untuk setiap bidang adalah 20 menjadi 60,77 untuk kimia, 13,08 menjadi 56,15 untuk fisika dan 25,38 menjadi 73,08 untuk kebumian. Peningkatan N-Gain tiap peserta dalam kategori tinggi dan sedang. Respon peserta terhadap kegiatan ini juga sangat baik dengan persentase rata-rata kuesioner 82,91%.

 

Kata kunci: kompetisi sains nasional; kimia; fisika; kebumian.

 

ABSTRACT

This community service activity aimed to improve the competence of superior teachers and students in facing the National Science Competition (KSN) in 2022. The activities were carried out at SMAN 7 Lhokseumawe and SMAN 2 Dewantara for the fields of chemistry, physics and geoscience. Participants in each field are 13 people, the method of implementation are direct instruction, exercises and questions and answers. Instruments to measure the level of understanding of participants using pre-test and post-test questions while to determine student responses using a questionnaire. Analysis of the test data by calculating the pre-test and post-test scores and the N-Gain value, while the questionnaire used a percentage. Results obtained from this activity increased understanding of the participants with the average value of the pre-test and post-test participants for each field is 20 to 60.77 for chemistry, 13.08 to 56.15 for physics and 25.38 to 73.08 for geoscience . Increased N-Gain of each participant in the high and medium category. Participants' responses to this activity were also very good with an average percentage of 82.91%.

 

Keywords: national science competition; chemical; physics; geoscience.

References

Bustomi, M. A., & Sudarsono, S. (2021). Pembinaan OSP IPA SMP Sekota Surabaya oleh Departemen Fisika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 69–76.

Fitriyah, D., Sarkity, D., Elvi, M., & Liana, M. (2019). Pembinaan Penyelesaian Soal-soal Olimpiade Sains bagi Siswa SMP Negeri 4 Tanjungpinang. Jurnal Anugerah, 1(2), 77–81. https://doi.org/10.31629/anugerah.v1i2.1826

Harry, S., Prayitno, S., Hamdani, D., Apsari, R. A., & Wulandari, N. P. (2021). Desain Pembinaan Bakat Matematika siswa SMP untuk Persiapan Menghadapi Kompetisi Sains Nasional. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 3(1), 32–40.

Ibrahim, I. U., & Mumpuni, K. (2021). Panduan Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional Tingkat Provinsi 2021. Jakarta: Puspresnas. Puspresnas.

Kemdikbud. (2019). Pengumuman Hasil OSP Tahun 2019.

Maulina, D., Pramudiyanti, P., Rakhmawati, I., & Meriza, N. (2021). Program Pendampingan Kegiatan Kompetisi Sains Nasional Bidang Biologi Siswa SMAN 5 Bandar Lampung. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 73–79. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v5i1.2818

Mellyzar, M. (2021). Pendampingan Persiapan Kompetensi Sains Nasional (KSN) Tingkat Provinsi Di SMAN Modal Bangsa Arun Aceh. Humanis, 20(1), 14–16. https://doi.org/doi.org/10.26858/humanis.v20i1.19192

Mellyzar, M., Herizal, H., Ginting, F. W., & Syafrizal, S. (2021). PENGUATAN MATERI KOMPETISI SAINS NASIONAL (KSN) BAGI GURU SMA DI ACEH UTARA. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(2), 184-188.

Muliani, F., Noviati, D., & . F. (2018). PEMBINAAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN BIDANG OLIMPIADE SAINS BAGI GURU SD KOTA LANGSA PROVINSI ACEH. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 3(2), 9–13. https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i2.2586

Pranata, O. D. (2021). Kerjasama Guru-Dosen Untuk Menghadapi Tantangan Besar Dalam Kompetisi Sains Cabang Kebumian. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(3), 315–321.

Puspresnas. (2021). Panduan Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional Tahun 2021. Pusat Prestasi Nasional Kemdikbut RI.

Styawati, S., Oktaviani, L., & Lathifah, L. (2021). Penerapan Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan Berbasis Web Pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Pesawaran. Jurnal Widya Laksmi, 1(2), 68–75.

Subekti, Y., & Ariswan, A. (2016). Pembelajaran fisika dengan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 252. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.6278

Suyanto, E., Safitri, A., Kurnianingsih, N., & Fatchiyah, F. (2020). Pendampingan Penguatan Kompetensi Guru dan Siswa SMA Melalui Pengembangan Inovasi Sains dan Kompetisi Olimpiade Biologi di Kabupaten Sampang, Madura. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 402–424. https://doi.org/10.29062/engagement.v4i2.288

Zainal, A. (2020). Metodologi penelitian pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 1(1).

Downloads

Published

2021-12-06

Issue

Section

Articles