PELATIHAN HSK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBAHASA MANDARIN BAGI GURU-GURU BAHASA MANDARIN SE-MALANG RAYA
DOI:
https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6222Keywords:
training, HSK, chinese language.Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran Bahasa Mandarin menjadi kebutuhan masyarakat untuk membekali diri dalam dunia kerja, sehingga banyak sekolah mulai dari Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA) memunculkan mata pelajaran Bahasa Mandarin. Guru merupakan salah satu faktor utama berlangsungnya pembelajaran efektif. sebagian besar guru Bahasa Mandarin di Malang belum memiliki sertifikat 汉è¯æ°´å¹³è€ƒè¯• HSK yang menjadi tolak ukur kemampuan minimal seseorang dalam menguasai Bahasa Mandarin, terutama bagi pengajar atau guru Bahasa Madarin. Pengabdian pelatihan 汉è¯æ°´å¹³è€ƒè¯• HSK sebagai upaya meningkatkan kemahiran berbahasa Mandarin bagi guru-guru bahasa Mandarin ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan tingkat profesionalitas serta kemampuan berbahasa Mandarin guru-guru Bahasa Mandarin. Adapun kegiatan dalam pengabdian berupa (1) Memperkenalkan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam 汉è¯æ°´å¹³è€ƒè¯• HSK; (2) Meperkenalan materi汉è¯æ°´å¹³è€ƒè¯• HSK; (3) Mendemonstrasikan penggunaan kosakata, tata Bahasa serta tips-tips mengertakan tes 汉è¯æ°´å¹³è€ƒè¯• HSK; (4) Guru praktek mengerjakan secara langsung tes汉è¯æ°´å¹³è€ƒè¯• HSK 4. Hasil dari kegiatan pelatihan HSK ini menunjukkan bahwa para guru antusias dalam mengikuti
pelatihan yang dilaksanakan, terbukti dari para guru dengan antusias mengerjakan soal latihan HSK, mengajukan beberapa pertanyaan mengenai HSK serta merespon pemateri selama kegiatan pelatihan HSK berlangsung. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelatihan HSK penting dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Mandarin guru-guru bahasa Mandarin dan juga dapat menambah wawasan tentang HSK terbaru bagi guru.
Â
Kata kunci: pelatihan; HSK; bahasa mandarin
Â
ABSTRACT
Learning Chinese has become a community need to equip themselves in the world of work so that many schools from Elementary School (SD) to Senior High School (SMA) introduce Chinese subjects. The teacher is one of the main factors for effective learning to take place. Most Chinese teachers in Malang do not yet have an HSK certificate which is a benchmark for a person's minimum ability to master Chinese, especially for Chinese teacher. The HSK training as an effort to improve Chinese language proficiency for Chinese teachers is intended to optimize the level of professionalism and Chinese language skills of Chinese teachers. The activities in this training are (1) Introducing several things that must be considered in HSK; (2) Introducing the material汉è¯æ°´å¹³è€ƒè¯• HSK; (3) Demonstrating the use of vocabulary, grammar, and tips for writing the HSK test; (4) Teachers practice working directly on the HSK test level 4. The results of this HSK training activity show that the teachers are enthusiastic in participating in the HSK test the training carried out, the teachers enthusiastically working on the HSK training, asking several questions about HSK, and responding to the presenters during the HSK training activities. Thus, it can be concluded that HSK training is important to improve the Mandarin language skills of Chinese teachers and can also add insight into the latest HSK for teachers.
Â
Keywords: training; HSK; chinese language.
ÂReferences
Amanah, Siti dkk. (2016). Pemberdayaan Sosial Petani-Nelayan, Keunikan Agroekosistem, dan Daya Saing. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Fatimah, B. M. O. (2016). Analisis Kesalahan Mengerjakan Hsk 3 Pada Kemampuan Menulis Mahasiswa Angkatan 2013 Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Gintings, Abdorrakhman.(2011). Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan: Esensi Praktis. Bandung: Humaniora,
Haidir, dan S. (2014). Strategi Pembelajaran (Suatu Pendekatan Bagaimana Meningkatkan Kegiatan Belajar Siswa Secara Transformatif). Medan: Perdana Publishing.
Liping, J. (2013). Standard Course æ ‡å‡†æ•™ç¨‹ HSK 6上. Beijing: Beijing Language and Culture University Press.
Lokajaya, Devi Natalia Harijanto. (2019). Meningkatkan Literasi Visual Dan Kepekaan Fonologi Dalam Belajar Karakter Mandarin Piktograf Melalui Pengajaran Visual Pada Siswa K3A Di Sekolah Pelita. Masters thesis, Universitas Pelita Harapan.
Putri, Manda Prima Winarti, dkk. (2018). Analisis Kesulitan Mahasiswa Semester Vi Angkatan 2013 Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Semarang Dalam Memahami Teks阅读pada 汉è¯æ°´å¹³è€ƒè¯• ( HSK ) Level IV. Journal of Chinese Learning and Teaching. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/longdaxiaokan.
Sumei, W. (2012). 新汉è¯æ°´å¹³è€ƒè¯•æ¨¡æ‹Ÿè¯•é¢˜é›†. Beijing Language and Culture University Press北京è¯è¨€å¤§å¦å‡ºç‰ˆ.
Thamrin, Lily. dkk. (2021). Sosialisasi Pembelajaran Bahasa Mandarin Di Sma/Ma Raudhatul Ulum Meranti Kuburaya. Jurnal Masyarakat Mandiri vol 5, no 1. DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v5i1.3234.
Xuming, N. (2013). ä¸å›½æ¦‚况China Overview. Beijing Language and Culture University Press北京è¯è¨€å¤§å¦å‡ºç‰ˆ.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.