PEMBERDAYAAN STRATEGI UMKM MELALUI PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT

Authors

  • Wahyudin Wahyudin Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dene Herwanto Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Billy Nugraha Akademi Komunitas Presiden http://orcid.org/0000-0001-7711-3503
  • Hamdani Hamdani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Candra Galang Gemilang Putra Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6225

Keywords:

covid-19 pandemic, SWOT analysis, SWOT matrix.

Abstract

ABSTRAK

UMKM Farida Snack dan Aphe berupaya menjadi produsen kerupuk kulit yang memiliki nilai lebih di mata konsumenya. Mengingat saat ini masih berlangsungnya ketidakstabilan ekonomi yang disebabkan oleh pandemi covid-19. Sehingga membuat para pelaku UMKM perlu melakukan analisis strategi untuk menjaga produksi yang tetap berjalan. Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat ini dengan tujuan untuk pemberdayaan strategi UMKM. Analisis yang dilakukan dengan pendekatan analisis SWOT, dengan lokasi pengabdian kepada masyarakat di Kabupaten Karawang. Hasil dari pengabdian ini adalah diperolehnya analisis SWOT dan rekomendasi yang dapat diimplementasikan. Maka melalui Matriks SWOT yang diperoleh berdasarkan hasil S-O (Strength-Opportunities), W-O (Weaknesses-Opportunities), S-T (Strength-Threat) dan W-T (Weaknesses-Threat). Sehingga melalui Matriks SWOT bertujuan untuk mencocokkan peluang dan ancaman sebagai faktor eksternal yang dihadapi perusahaan dengan kekuatan dan kelemahan sebagai internalnya untuk menghasilkan strategi alternatif. Analisis tersebut menggunakan suatu matriks yang terdiri dari 9 sel yang berisikan 4 sel alternatif strategi yang dikatakan sebagai Matriks SWOT.

 

Kata kunci: covid-19 pandemic; SWOT analysis; SWOT matrix.

 

ABSTRACT

Farida Snack and Aphe strives to be a producer of skin crackers that have more value in the eyes of consumers. Considering the current economic instability caused by the covid-19 pandemic. So that makes MSMEs need to do strategy analysis to keep production running. Through this Community Service with the aim of empowering MSMEs strategies. The analysis is carried out with a SWOT analysis approach, with the location of community service in Karawang Regency. The result of this devotion is the acquisition of SWOT analysis and recommendations that can be implemented. Thus through the SWOT Matrix obtained based on the results of S-O (Strength-Opportunities), W-O (Weaknesses-Opportunities), S-T (Strength-Threat) and W-T (Weaknesses-Threat). Thus through the SWOT Matrix aims to match opportunities and threats as external factors facing the company with strengths and weaknesses as its internal to produce alternative strategies. The analysis uses a matrix consisting of 9 cells containing 4 alternative cell strategies that are said to be swot matrix..

 

Keywords: covid-19 pandemic; SWOT analysis; SWOT matrix.

 

Author Biographies

Wahyudin Wahyudin, Universitas Singaperbangsa Karawang

Koordinator Program Studi S-1 Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang

Dene Herwanto, Universitas Singaperbangsa Karawang

Dosen Program Studi S-1 Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang

Billy Nugraha, Akademi Komunitas Presiden

Mahasiswa Program dan Jurusan D-1 Administrasi Perkantoran, Akademi Komunitas Presiden

Hamdani Hamdani, Universitas Singaperbangsa Karawang

MahasiswaProgram Studi S-1 Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang

Candra Galang Gemilang Putra, Universitas Singaperbangsa Karawang

Mahasiswa Program Studi S-1 Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang

References

Bell, G. G., & Rochford, L. (2016). Rediscovering SWOT's Integrative Nature: A New Understanding of An Old Framework. International Journal of Management Education, XIV(3), 310-326.

David, F. R. (2006). Strategic Management (Penerjemah ed.). Jakarta: Salemba empat.

David, F. R. (2010). Strategic Management (12th ed.). New Jersey: Pearson Education.

David, F. R., & R, F. (2016). Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concepts and Cases (15th ed.). England: Pearson-Prentice Hall.

Grundy, T. (2006). Rethinking and Reinventing Michael Porter's Five Forces Model. Strategic Change, XV(5), 213-229.

Muhammad, S. (2008). Matriks & Skenario dalam Strategi (Penerjemah ed.). Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Nofrizal. (2014). Analisis Strategi Bersaing Gudang Digital Yogyakarta dalam Memperluas Pasar. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, XI(2), 481-501.

Schmitz, H. (1999). Growth Constrains on Small Scale Manufacturing in Developing Countries : A Critical Review. World Development, X(1), 429-450.

Tewari, G. C. (2016). A SWOT Analysis of Serva Shiksha Abhiyan in Uttar Pradesh. GJRA - Global Journal for Research Analysis, V(9), 255-257.

Thompson, A., Peteraf, M., Gamble, J., & I, A. J. (2013). Crafting & Executing Strategy: The Quest for Competitive Advantage: Concepts and Cases (19th ed.). United States of Amerika: McGraw-Hill Education.

Tjiptono, F. (2007). Strategi Pemasaran (8th ed.). Yogyakarta: Andi.

Wheelen, T. L., Hunger, J. D., & Hoffman, A. N. (2015). Strategic Management abd Business Policy: Globalization, Innovation and Sustainbility (Global Edition ed.). England: Pearson High Education.

Downloads

Published

2021-12-06

Issue

Section

Articles