PENETAPAN BRAND AMBASSADOR SEBAGAI UPAYA STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN “RUANGGURU†DI ERA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6401Keywords:
brand ambassador, marketing, ruang guru.Abstract
ABSTRAK
Kegiatan pembelajaran saat pandemi di Indonesia dilakukan secara daring. Perlu adanya dukungan media pembelajaran seperti yang disediakan oleh Ruang guru. Ruang guru merupakan penyedia media pembejaran yang bisa diakses menggunakan internet, sehingga memudahkan guru dan siswa saat proses belajar. Dengan persaingan yang terus bertumbuh, Ruang guru perlu memilih strategi komunikasi pemasaran yang tepat, salah satunya dengan menunjuk brand ambassador. Tahun 2021, telah dipilih lima brand ambassadors baru yang berasal dari kalangan artis. Pengabdian dilakukan untuk mengetahui perkembangan strategi komunikasi pemasaran Ruang guru melalui pemilihan brand ambassadors dan seperti apa respon masyarakat terkait hal tersebut. Metode pengabdian melalui proses tahapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Diketahui bahwa masyarakat setuju akan terpilihnya brand ambassador Ruangguru 2021 dan dinilai mampu meningkatkan positif perusahaan. Teori strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan adalah pull, push, dan profle strategies. Hasil akhir kegiatan PKL menunjukkan sebanyak 40 responden setuju atas pemilihan brand ambassador, diantaranya 28% memilih Prilly Latuconsina sebagai “ikon†Ruang guru paling sesuai. Selain itu, banyak pengguna yang setuju atas terpilihnya kelima brand ambassadors karena prestasi serta rekam jejak yang baik dari masing-masing brand ambassador. Saran yang dapat diberikan adalah kedepannya Ruang guru harus lebih meningkatkan kualitas konten dan lebih selektif memilih brand ambassador agar sesuai dengan visi dan misi perusahaan.
Â
Kata kunci: brand ambassador; pemasaran; ruang guru.
Â
ABSTRACT
Learning activities during the pandemic in Indonesia are carried out online. There needs to be support for learning media such as those provided by Ruang guru. With the high rivalry in this industry, Ruangguru needs to choose the right marketing communication strategy, one of which is by appointing a brand ambassador. In 2021, five new brand ambassadors have been selected from among the artists. This community dedication held to know the effect of Ruang guru’s brand ambassadors and what’s public responses to it. The method is through a process of stages, implementation, and evaluation. The marketing communication strategies used are pull, push, and profile strategies. The final result showed that 40 respondents agreed with the selection of brand ambassadors and they be able to increase the company's positivity and of which 28% chose Prilly Latuconsina as the most compatible Ruang guru "icon". In addition, many users agree with the selection of the five brand ambassadors because of the achievements and good track records of each brand ambassador. Recommendations that can be given are that in the future Ruang guru should further improve the quality of content and be more selective in choosing brand ambassadors to fit in the company's vision and mission.
Â
Keywords: brand ambassador; marketing; ruang guru.
References
Afif, N. (2019). Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 117–129. https://doi.org/10.37542/iq.v2i01.28
Agustin, M. (2020). Implementasi Teknologi Pendidikan Berbasis Digital dalam Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Siswa: (Studi Kasus Pada Start-Up Bimbingan Belajar dalam Jaringan Ruangguru di Kota Yogyakarta) [Institut Agama Islam Negeri Ponorogo]. http://etheses.iainponorogo.ac.id/12265/1/MUFIDA AGUSTIN_210616210_PGMI.pdf
Anjarsari, D. F., & Hendriyani, C. T. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, Terpaan Iklan, dan Lingkungan Sosial Terhadap Keputusan Berlangganan. Universitas Sebelas Maret. http://www.jurnalkommas.com/docs/Jurnal D0216027.pdf
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112
Caturini, R. (2018). Perluas Pasar, Ruangguru Teken Kerja Sama dengan Pemkab Banyuwangi. Kontan.Co.Id. https://industri.kontan.co.id/news/perluas-pasar-ruangguru-teken-kerja-sama-dengan-pemkab-banyuwangi
Hidayat, M. (2020). Ruangguru Dapuk 4 Brand Ambassador Baru. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/tekno/read/4147301/ruangguru-dapuk-4-brand-ambassador-baru
Joo-Young, J., & Moro, M. (2012). Cross-Level Analysis of Social Media: Toward the Construction of an Ecological Framework. J Soc Sci, 53–74.
Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020, Pub. L. No. Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020, Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2O2O 1 (2020). https://www.kemdikbud.go.id/main/files/download/27bdb5850ac3939
Krisnawati. et all, E. (2016). Studi Kasus Perilaku Remaja di Kota Salatiga dalam Penggunaan Media. Komunikatif, 5(1), 43–69. https://media.neliti.com/media/publications/232180-perilaku-konsumsi-media-oleh-kalangan-re-9a678f21.pdf
Kurniandari, R. (2018). Bikin Bangga! Kurang dari 2 Tahun, Iqbaal Ramadhan Lulus Pendidikan di AS, Begini Potretnya Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Bikin Bangga! Kurang dari 2 Tahun, Iqbaal Ramadhan Lulus Pendidikan di AS, Begini Potretnya. TribunJakarta.Com. https://jakarta.tribunnews.com/2018/05/21/bikin-bangga-kurang-dari-2-tahun-iqbaal-ramadhan-lulus-pendidikan-di-as-begini-potretnya
Lea-Greenwood, G. (2013). Fashion Marketing Communications E-book. Somerset, NJ, USA: Wiley.
Moriansyah, L. (2015). Pemasaran Melalui Media Sosial: Antecedents Dan Consequences. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 19(3), 187–196. https://media.neliti.com/media/publications/124068-ID-none.pdf
Muhamad, S. V. (2021). Pandemi Covid-19 Sebagai Persoalan Serius Banyak Negara di Dunia. Info Singkat: Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, XIII(13), 7–12. https://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-XIII-13-I-P3DI-Juli-2021-183.pdf
Pakpahan, S. P. (2011). Gaya Belajar Dan Strategi Belajar Mahasiswa Universitas Terbuka Unit Program Belajar Jarak Jauh Medan. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 12(1), 49–65. http://www.jurnal.ut.ac.id/index.php/jptjj/article/view/441/425
Puspitasari, A. (2021). 5 Brand Ambassador Baru Ruangguru untuk Temani Belajar Makin Seru. Ruangguru.Com. https://www.ruangguru.com/blog/brand-ambassador-baru-ruangguru
Putra, M. (2014). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada pengguna LINE di Asia). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 12(1), 83211. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/497
Sarastuti, D. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Online Produk Busana Muslim Queenova. Visi Komunikasi, 16(01), 71–90. https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/viskom/article/download/1645/1255
Setiawati, N. S. R. dan 2Mia. (2019). Aplikasi Pendidikan Online “Ruang Guru†Sebagai Peningkatan Minat Belajar Generasi Milenial Dalam Menyikapi Perkembangan Revolusi Industri 4.0. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 241–246. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Bahastra/article/view/3179
Shoumi, A. Z. (2019). Peran Multimedia Dalam Pendidikan Pada Aplikasi Ruang Guru. Prosiding Seminar Nasional Cendekiawan, 2.23.1-2.23.6. https://doi.org/10.25105/semnas.v0i0.5809
Susanti, E., Harta, R., Karyana, A., & Halimah, M. (2018). Desain Video Pembelajaran Yang Efektif Pada Pendidikan Jarak Jauh: Studi Di Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(2), 167–185. https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i2.929
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.