PENGENALAN KODE ETIK PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENYUSUN MAKALAH
DOI:
https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6402Keywords:
code of ethics of publications, scientific papers, drafting papersAbstract
ABSTRAK
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang jenis-jenis dan susunan karya tulis ilmiah, pedoman penulisan karya tulis ilmiah, dan penelusuran database pengindeks sebagai sumber referensi. Kegiatan workshop ini dilakukan secara luring di Akademi Dakwah Indonesia Provinsi NTB dengan peserta berjumlah 10 orang. Evaluasi kegiatan dilakukan menggunakan angket skala Likert 5 option yang berisi lima pernyataan positif. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa tingkat pemahaman mahasiswa terhadap materi yang telah disampaikan rata-rata sebesar 85,2%. Pemahaman tentang karya ilmiah yang telah diperoleh semoga dapat diterapkan di masa mendatang guna menghasilkan karya tulis yang berkualitas dan bermutu.
Â
Kata kunci: kode etik publikasi; karya tulis ilmiah; menyusun makalah
Â
ABSTRACT
This activity aims to improve students' understanding of the types and arrangements of scientific papers, guidelines for writing scientific papers, and tracing indexing databases as reference sources. This workshop activity was conducted offline at the Indonesian Dawah Academy of NTB Province with 10 participants. Evaluation of activities is carried out using the Likert 5 option scale questionnaire which contains five positive statements. The evaluation results showed that the level of student understanding of the material that has been delivered is on average 85,2%. Understanding of scientific work that has been obtained hopefully can be applied in the future to produce quality and quality writing
Â
Keywords: code of ethics of publications; scientific papers; drafting papers
References
Ardianto, A. (2018). Pemakaian Bahasa Indonesia Dalam Karya Tulis Mahasiswa (Suatu Kajian dengan Pendekatan Analisis Wacana). Jurnal Ilmiah Iqra’, 7(1). https://doi.org/10.30984/jii.v7i1.601
Cahyani, I. (2010). Peningkatan Kemampuan Menulis Makalah Melalui Model Pembelajaran Berbasis Penelitian pada Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia. Sosiohumanika: Jurnal Pendidikan Sains Sosial Dan Kemanusiaan, 3(2), 175–192.
Juniarti, Y. (2019). Pentingnya keterampilan menulis akademik di perguruan tinggi. Prosiding Sembadra Universitas Sriwijaya, 2(1), 185–189.
Kristanto, V. H. (2018). Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). In Deepublish Publisher (p. 66).
Lilis Amaliah Rosdiana. (2020). Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) Pada Karya Ilmiah Mahasiswa. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.31943/bi.v5i1.58
Nastiti, A., & Yuliarti, Y. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Makalah Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Semarang. ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33503/alfabeta.v3i2.1083
Nugroho, R. D., Suryawati, C. T., & Zuliastutik, H. (2019). Analisis Kesalahan Dalam Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa Jepang Dalam Pembelajaran BIPA. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(2), 193–209. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v18i2.15508
Saman, A., & Bakhtiar, M. I. (2018). Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa STKIPi Matappa Kabupaten Pangkep. Jurnal Terapan Abdimas, 3(1), 39. https://doi.org/10.25273/jta.v3i1.2165
Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan dalam Penelitian Pendidikan IPA. Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53.
Sukarma, I. K., Prayogi, S., Muliadi, A., Firdaus, L., Samsuri, T., Mirawati, B., Sabda, D., Prasetya, B., & Karmana, I. W. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas ( Ptk ). Jurnal Lumbung Inovasi, 2(1), 68–71.
Supianti, I. I. (2018). Mendeley Sebagai Alat Bantu Dalam Penyusunan Referensi Artikel. Prosiding Seminar Nasional Dan Workshop “Penulisan Dan Publikasi Artikel Ilmiah,†168–177.
Syaharuddin, Mandailina, V., Pramita, D., Rahmaniah, R., Rosada, & Negara, H. R. P. (2021). Peningkatan Kualitas Publikasi Mahasiswa dan Sitasi Karya Ilmiah Dosen Melalui Workshop Managemen Software Mendeley. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 8–13.
Syaharuddin, S., Mandailina, V., Saddam, S., Negara, H. R. P., Satriawan, R., & Ibrahim, M. (2021). Minimalisasi Tingkat Plagiat Karya Ilmiah Mahasiswa Melalui Workshop Software Plagiarism Checker X. Bakti Cendana, 4(1), 62–67.
Tussolekha, R. (2019). Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia pada Makalah Karya Mahasiswa. AKSARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 20(1), 35–43. https://doi.org/10.23960/aksara/v20i1.pp35-43
Windarto, A. P., Hartama, D., Wanto, A., Parlina, I., Kurniadi, F., Dr. Syaikhul Falah, SE., M. S., & Munawwaroh Zahrotul. (2018). Menyusun Makalah yang Baik dan Benar. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 1–18.
Yudhyarta, D. Y., Susanti, E., & Ilyas, M. (2021). Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.46963/ams.v2i1.338
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.