PENDAMPINGAN PEMBUATAN MINYAK SUMBAWA PADA KARANG TARUNA DESA REMPE SETELUK SUMBAWA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6501Keywords:
mentoring, sumbawa oil and youth organizations.Abstract
ABSTRAKÂ Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
Tujuan dilakukan pengabdian kepada masyarakat khususnya Pembuatan Minyak Sumbawa (Melala) dalam rangka siar budaya dan pengenalan pada Karang Taruna Desa Rempe Seteluk Sumbawa Barat. Pengenalan pembuatan minyak Sumbawa pada generasi muda saat ini sebagai langkah memperkenalkan minyak Sumbawa sebagai Obat tradisional sebagai obat-obatan yang diolah secara tadisional, turun-temurun berdasarkan resep nenek moyang, adat-istiadat, kepercayaan dan kebiasaan setempat, sehingga merupakan pengetahuan tradisional. Pengabdian kepada masyarakat dilakukan di Desa Rempe Kecamatan Seteluk Kabuapten Sumbawa Barat. Metode yang digunakan adalah sosialisasi dan praktek langsung. Hasil Pengabdian kepada masyarakat ini diketahui bahwa antusias dari karang taruna dalam ikut terlibat dalam pembutan minyak Sumbawa cukup tinggi karena memberikan pengetahuan baru dalam mengembangkan budaya local di masa akan datang.
Â
Kata Kunci: pendampingan; minyak sumbawa dan karang taruna.
Â
ABSTRACT
The purpose of doing community service, especially Sumbawa Oil Production (Malala) in the context of cultural broadcasting and introduction to the Youth Organization of Rempe Seteluk Village, West Sumbawa. The introduction of Sumbawa oil manufacture to the younger generation today is a step to introduce Sumbawa oil as traditional medicine as medicines that are processed traditionally, from generation to generation. from generation to generation based on ancestral recipes, customs, beliefs and local customs, so that it is traditional knowledge. Community service is carried out in Rempe Village, Seteluk District, West Sumbawa Regency. The method used is socialization and direct practice. The results of this community service show that the enthusiasm of youth organizations in being involved in the production of Sumbawa oil is quite high because it provides new knowledge in developing local culture in the future.
Â
Keywords: mentoring; sumbawa oil and youth organizations.
References
Ali, I. I., Sutarna, I. T., Abdullah, I., Kamaluddin, K., & Mas’ad, M. (2019). Faktor Penghambat Dan Pendukung Badan Usaha Milik Desa Pada Kawasan Pertambangan Emas Di Sumbawa Barat. Sosiohumaniora. Https://Doi.Org/10.24198/Sosiohumaniora.V21i3.23464
Funay, Y. E. N. (2020). Sabalong Samalewa Sebagai Etika Moral Orang Sumbawa. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 7(2), 103. Https://Doi.Org/10.22146/Jps.V7i2.62526
Halawiya, A., Tatontos, E. Y., & Agrijanti. (2017). Efektivitas Sediaan Minyak Sumbawa Terhadap Kadarkolesterol Total Pada Tikus Putih (Rattusnorvegicus) Strain Wistar Yang Diberi Diet Hiperkolesterolemia. Jurnal Analis Medika Bio Sains, 4(2), 6.
Ibrahim, Baiquni, M., Ritohardoyo, S., & Setiadi. (2016). Characteristics Of Poverty In Rural Communities Of Gold Mining District Area West Sumbawa. Mimbar, 32(1), 163–174.
Ibrahim, I., Mas,Ad, M., Kamaluddin, K., & Djunaidi, A. (2018). Peningkatan Kualitas Pelayanan Badan Usaha Milik Desa Melalui Pelatihan Administrasi Program Simpan Pinjam Di Selebung Batukliang Lombok Tengah. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. Https://Doi.Org/10.31764/Jpmb.V1i2.457
Ibrahim, I., & Sutarna, I. T. (2018). Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Perdesaan Kawasan Pertambangan Emas Di Kabupaten Sumbawa Barat. Tataloka. Https://Doi.Org/10.14710/Tataloka.20.3.309-316
Ibrahim, Mintasrihardi, Kamaluddin, Mas’ad, & Syukuriadi. (2020). Community Empowerment Pattern Through Village-Owned Enterprise Strategy In The Gold Mine Area Of West Sumbawa, Indonesia. Iop Conference Series: Earth And Environmental Science. Https://Doi.Org/10.1088/1755-1315/413/1/012036
Leonita, E., & Jalinus, N. (2018). Peran Media Sosial Dalam Upaya Promosi Kesehatan: Tinjauan Literatur. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(2), 25–34. Https://Doi.Org/10.24036/Invotek.V18i2.261
Semuel, H., & Setiawan, K. Y. (2018). Promosi Melalui Sosial Media , Brand Awareness , Purchase. Manajemen Pemasaran, 12(1), 47–52.
Septian, D., & Saputra, A. (2020). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kepri Mall. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 43–53. Https://Doi.Org/10.37403/Mjm.V6i1.151
Sulistiyawati, E. S., & Widayani, A. (2020). Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan Umkm Di Kota Blitar. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 133. Https://Doi.Org/10.32493/Jpkpk.V4i1.7087
Suspitasari, Mas’ad, I. A. (2018). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Pengembangan Kegiatan Tambak Udang Di Desa Tambak Sari Kecematan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat. Geography : Jurnal Kajian Penelitian & Pengembangan Pendidikan.
Zebua, Y. (2020). Pengaruh Budaya Kerja Dan Promosi Jabatan Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada Pt. Perkebunan Nusantara Iii Labuhan Haji Labuhanbatu Utara. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(2), 109–124. Https://Doi.Org/10.36987/Ecobi.V7i2.1758
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.