PENINGKATAN KREATIVITAS KARANG TARUNA MELALUI PELATIHAN FOTOGRAFI UNTUK DESTINASI WISATA GEDONG PASS (G-PASS)
DOI:
https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6502Keywords:
creativity, photography training, tourist destination, G-PassAbstract
ABSTRAK
Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kreativitas Karang Taruna Kridha Arum sebagai pengelola destinasi wisata Gedong Pass (G-Pass) melalui pelatihan fotografi dengan keindahan alam G-Pass sebagai obyeknya. Pelatihan ini dapat membantu Karang Taruna Kridha Arum untuk dapat menyediakan foto-foto yang akan digunakan untuk promosi destinasi wisata G-Pass melalui media sosial. Pelatihan fotografi dilakukan dari tanggal 8-10 Mei 2021, setiap hari ada dua sesi, yaitu sesi pemaparan materi tentang konsep dasar fotografi dan sesi praktik fotografi, sedangkan kegiatan pendampingan fotografi dilakukan sampai akhir bulan Juni 2021 melalui grup whatsapp. Pelatihan ini diikuti oleh delapan orang pemuda Dusun Gedong yang merupakan anggota dari Karang Taruna Kridha Arum. Peserta pelatihan diberi materi dasar-dasar fotografi, terkait pengenalan fitur kamera di telepon genggam, pencahayaan, point of interest, ruang tajam dan komposisi serta proses pengunggahannya di media sosial. Setelah mengikuti pelatihan fotografi, para peserta sudah dapat menyediakan foto-foto destinasi wisata G-Pass dengan mutu visual yang baik dan sudah mengunggahnya pada media sosial baik itu media sosial milik pribadi maupun milik G-Pass untuk mempromosikan destinasi wisata G-Pass, Dusun Gedong.
Â
Kata kunci: kreativitas; pelatihan fotografi; destinasi wisata; G-Pass
Â
ABSTRACT
The purpose of this community service activity is to increase the creativity of Kridha Arum Youth Organization as the manager of the Gedong Pass (G-Pass) tourist destination through photography training with the natural beauty of the G-Pass as the object. This training can help Kridha Arum Youth Organization to be able to provide photos that will be used for the promotion of G-Pass tourist destinations through social media. Photography training will be held from 8-10 May 2021, every day there are two sessions, namely a presentation session on the basic concepts of photography and a photography practice session in the area around the G-Pass, while photography assistance activities are carried out until the end of June 2021 through the whatsapp group. This training was attended by eight youths from Gedong Hamlet who are members of the Kridha Arum Youth Organization. The training participants were given the basics of photography, related to the introduction of camera features on mobile phones, lighting, point of interest, sharp space and composition as well as the process of uploading them on social media. After participating in the photography training, the participants have been able to provide photos of G-Pass tourist destinations with good visual quality and have uploaded them on social media, both personal and G-Pass social media to promote the G-Pass tourist destination, Dusun Gedong.
Â
Kata kunci: creativity; photography training; tourist destination; G-Pass
References
Hamzah, Y. I. (2013). Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Interaktif Bagi Pariwisata Indonesia. Jurnal Kepariwisataan Indonesia, 8(3), 1–9. http://www.kemenpar.go.id/userfiles/JKI Vol_8 No_3 2013 - Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Interaktif Bagi Pariwisata Indonesia.pdf
Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Hiram, T., Winnie, W. P. ., Ernest, C. D. R., & Sally, L, Y, C. (2015). Beliefs sbout the Use of Instagram: An Exploratory Study. International Journal of Business and Innovation, 2(2).
Kurniawati, W. D. N. (2015). Pemanfaatan Instagram oleh Komunitas Wisata Grobogan dalam Mempromosikan Potensi Pariwisata Daerah. Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 8(2), 127–143. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/komuniti.v8i5.2943
Muhyiddin, A. (2019). MODUL PELATIHAN : Membuat Media Promosi Dan Kehumasan Dengan Ponsel Pintar. USAID.
Nurjanah, N. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Masyarakat Sadar Wisata Dalam Mempromosikan Potensi Wisata Baru. Medium, 6(2), 39–50. https://doi.org/10.25299/medium.2018.vol6(2).2412
Pamungkas, B. A., & Zuhroh, S. (2017). Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kedai Bontacos, Jombang). Jurnal Komunikasi, 10(2), 145–159. https://doi.org/10.21107/ilkom.v10i2.2518
Qualman, E. (2013). Socialnomics: How social media transforms the way we live and do business. Canada: John Wiley & Sons, Inc.
Romadhan, M. I., Sri, D., & Rusmana, A. (2017). Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Media Promosi Pariwisata Berbasis Partisipasi Masyarakat. Prosiding Seminar Dan Call For Paper, 85–90.
Trihayuningtyas, E., Wulandari, W., Adriani, Y., & Sarasvati, S. (2019). Media Sosial Sebagai Sarana Informasi Dan Promosi Pariwisata Bagi Generasi Z Di Kabupaten Garut. Tourism Scientific Journal, 4(1), 1. https://doi.org/10.32659/tsj.v4i1.46
Umami, Z. (2015). Social Strategy Pada Media Sosial Untuk Promosi Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. INTERAKSI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 195–201. https://doi.org/10.14710/interaksi,4,2,195-201
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.