MENINGKATKAN PEMANFAATAN PASAR DIGITAL UNTUK EKSPOR PRODUK UMKM DI JAWA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6532Keywords:
exports, digital market, MSMEs.Abstract
ABSTRAK
Sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memiliki peran yang sangat penting dalam membangkitkan perekonomian di daerah, tidak terkecuali Jawa Timur. Kontribusi UMKM dalam peningkatan perekonomian provinsi Jawa Timur merupakan yang terbesar dibandingkan sektor lainnya. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada acara Briliant Preneur 2021 bahwa kontribusi UMKM terhadap produk domestik regional bruto (PDRB) di Jawa Timur bahkan mencapai 57,25 persen. Agar pasar UMKM dapat lebih luas hingga ke luar negeri, maka pelatihan ekspor kepada para pelaku UMKM di Jawa Timur perlu diadakan. Kegiatan “Workshop Peluang Ekspor UMKM Melalui Pasar Digital†dilakukan untuk memfasilitasi para pelaku UMKM dalam memulai ekspor produk mereka. Kegiatan yang ini diikuti kurang lebih 50 perwakilan UMKM di Jawa Timur ini terdiri dari 3 tahap kegiatan, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap monitoring evaluasi. Pada tahap persiapan, panitia melakukan koordinasi internal juga memberikan lembar untuk diisi dengan data usaha pelaku UMKM. Pada tahap pelaksanaan, workshop dilakukan melalui dua (2) sesi. Sesi pertama merupakan pemberian materi terkait pemanfaatan pasar digital untuk ekspor produk-produk UMKM Jawa Timur. Pada sesi kedua, para peserta dapat langsung melakukan praktek atas materi yang diberikan, dan dapat melaporkan hasilnya. Monitoring dan evaluasi pelaksanaan dilakukan dengan mengisi lembar evaluasi kegiatan, baik yang dilakukan oleh narasumber terhadap pelaksanaan acara maupun para pelaku UMKM terhadap pelaksanaan acara. Seluruh peserta workshop dapat mengikuti dengan baik walaupun ada beberapa kendala saat sesi praktek seperti banyaknya penggunaan bahasa asing dalam praktek pembuatan akun website e-commerce maupun pembuatan deskripsi produk.
Â
Kata kunci: ekspor; pasar digital; UMKM.
Â
ABSTRACT
The micro, small and medium enterprise (MSMEs) sector has a very important role in generating the economy in the region. East Java is no exception. The contribution of MSMEs in improving the economy of East Java province is the largest compared to other sectors. East Java Governor Khofifah Indar Parawansa at the Briliant Preneur 2021 event that the contribution of MSMEs to gross regional domestic product (GRDP) in East Java even reached 57.25 percent. So that the MSME market can be wider overseas, then export training for MSME actors in East Java needs to be held. The activity "Workshop on MSME Export Opportunities Through Digital Markets" was carried out to facilitate MSMEs players in exporting their products. This activity, attended by approximately 50 representatives of MSMEs in East Java, consisted of 3 stages of activity, the preparation stage, the implementation stage, and the evaluation monitoring stage. The committee carried out internal coordination at the preparation stage and provided a sheet filled with business data for MSME actors. The workshop was conducted in two (2) sessions at the implementation stage. The first session was the provision of material related to the use of the digital market to export East Java MSME products. In the second session, the participants could immediately practice the provided material and report the results. Monitoring and evaluation of implementation are carried out by filling out activity evaluation sheets, both those carried out by resource persons on the implementation of the event and MSME actors on the implementation of the event. All workshop participants were able to follow well. However, there were several obstacles during the practice session, such as using foreign languages to create e-commerce website accounts and making product descriptions.
Â
Keywords: exports; digital market; MSMEs.
References
Karyati, I. P. (2019, September 13). E-Commerce untuk UMKM Dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Retrieved Agustus 5, 2021, from https://bppk.kemenkeu.go.id/: https://bppk.kemenkeu.go.id/content/berita/pusdiklat-keuangan-umum-ecommerce-untuk-umkm-dan-pertumbuhan-ekonomi-indonesia-2019-11-05-ebe6e220/
Katadata.co.id. (2020, Juni). Digitalisasi UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Retrieved September 30, 2021, from https://katadata.co.id/: https://katadata.co.id/umkm
Kompas.com. (2020, Agustus 18). Go Digital, Pemerintah Jatim Ajak UMKM Manfaatkan Program #TerusUsaha Milik Grab. Retrieved September 30, 2021, from https://amp.kompas.com: https://amp.kompas.com/money/read/2020/08/18/143600626/go-digital-pemerintah-jatim-ajak-umkm-manfaatkan-program-terususaha-milik-grab
Kontenesia.com. (2021, Juni 02). Membuat Deskripsi Produk yang Tepat untuk Menarik Minat Pembeli. Retrieved Agustus 5, 2021, from https://kontenesia.com/: https://kontenesia.com/deskripsi-produk/
Pamungkas, I. C. (2021, July 1). Dampak COVID-19 terhadap Perdagangan Internasional di Indonesia. Retrieved September 28, 2021, from https://kumparan.com/: https://kumparan.com/ivan-cahya-pamungkas/dampak-covid-19-terhadap-perdagangan-internasional-di-indonesia-1w4amVHCdl2
Sirclo.com. (2018, Mei 2016). Mengenal Jenis-Jenis Website E-commerce Berdasarkan Model Bisnisnya. Retrieved Agustus 5, 2021, from https://www.sirclo.com/: https://www.sirclo.com/mengenal-jenis-jenis-website-e-commerce-berdasarkan-model-bisnisnya/
Totoaminoto. (2019, Mei 16). Klasifikasi Barang Ekspor. Retrieved Agustus 5, 2021, from https://www.lspeii.co.id/: https://www.lspeii.co.id/2019/05/16/klasifikasi-barang-ekspor/
Widarti, P. (2021, Agustus 9). UMKM Jatim Didorong Masuk Ekosistem Digital. Retrieved September 30, 2021, from https://m.bisnis.com/: https://m.bisnis.com/amp/read/20210809/531/1427683/umkm-jatim-didorong-masuk-ekosistem-digital
Zahro, F. (2021, Maret 21). UPT Pelatihan Diresmikan di Malang, Akan Dimaksimalkan Bantu Digitalisasi IT Koperasi dan UKM Jatim. Retrieved September 30, 2021, from https://surabaya.tribunnews.com/: https://surabaya.tribunnews.com/amp/2021/03/30/upt-pelatihan-diresmikan-di-malang-akan-dimaksimalkan-bantu-digitalisasi-it-koperasi-dan-ukm-jatim
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.