PENGUATAN KONSEP BANGUN DATAR DAN SATUAN PANJANG PADA SISWA TUNANETRA MELALUI MEDIA BLIND’S PLAYPAD

Authors

  • Dharul Jannah Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Ermawati Samsiah Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Liona Amalia Dewi Widyandana Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Emfadhil Tribruari Hadist Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Fiba Eka Maharani Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Sandha Soemantri Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6804

Keywords:

blind's playpad, innovation, mathematics, learning, visually impaired.

Abstract

ABSTRAK

Pembelajaran matematika berbasis game saat ini sangat diminati oleh siswa SD terlebih lagi oleh siswa SD penyandang tunanetra, sehingga dapat mempermudah siswa-siswi tunanetra dalam memahami materi. Memperhatikan permasalahan yang ada, dilakukan program pengabdian masyarakat melalui media BLIND’S PLAYPAD sebagai upaya dalam inovasi media pembelajaran matematika di SDLB-A YPAB Surabaya. Tujuan dari program ini adalah untuk menarik minat siswa tunanetra di SDLB-A YPAB Surabaya pada pembelajaran matematika sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar matematika, serta mengenalkan media BLIND’S PLAYPAD sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran matematika secara mandiri. Metode pelaksanaan program ini dilakukan secara luring dengan mematuhi protocol Kesehatan dan daring melalui video conference (zoom). Pada program ini terdiri dari lima kegiatan. Pertama, tahap persiapan yang terdiri dari melakukan diskusi tim dengan mitra hingga tahap terakhir yakni membahas keberlanjutan program. Hasil yang dicapai dari program Blind’s Playpad adalah adanya media BLIND’S PLAYPAD, laporan, serta publikasi pada media elektronik dan artikel ilmiah. Program ini berhasil dilaksanakan karena siswa mampu menyelesaikan soal-soal yang diberikan dan mendapat nilai lebih dari sama dengan 70, dimana 70 itu merupakan satuan ketentuan mata pelajaran SDLB-A YPAB. Kemudian adanya peningkatan keaktifan siswa minimal 80 persen.

 

Kata kunci : blind’s playpad; inovasi; matematika; pembelajaran; tunanetra.

 

ABSTRACT

Game-based mathematics learning is currently in great demand by elementary school students especially by elementary school students with visual impairments, so that it can make it easier for blind students to understand about the lesson. Taking into account the existing problems, a community service program was carried out through the BLIND'S PLAYPAD media as an effort to innovate mathematics learning media at SDLB-A YPAB Surabaya. The purpose of this program is to attract the interest of blind students at SDLB-A YPAB Surabaya in learning mathematics so as to improve students' abilities in learning mathematics, and to introduce BLIND'S PLAYPAD media so that it can be used in independent mathematics learning. The method of implementing this program is carried out offline by complying with the health protocol and online via video conference (zoom). This program consists of five activities. First, the preparation stage which consists of conducting team discussions with partners to the last stage, which is discussing the sustainability of the program. The results achieved from the Blind's Playpad program are the existence of BLIND'S PLAYPAD media, reports, and publications in electronic media and scientific articles. This program was successfully implemented because students were able to solve the questions given and got a score of more than equal to 70, of which 70 was the unit of provision for SDLB-A YPAB subjects. Then there is an increase in student activity of at least 80 percent.

 

Keywords: blind's playpad; innovation; mathematics; learning; visually impaired.

Author Biography

Dharul Jannah, Universitas Muhammadiyah Surabaya


References

Desiningrum, D. R. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. In Psikosain (Pertama). Yogyakarta: Psikosain.

Huda, M. (2017). Kompetensi kepribadian guru dan motivasi belajar siswa. Jurnal Penelitian, 11(2), 237–266.

Mardhiah, A., & Ali Akbar, S. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Sma Negeri 16 Banda Aceh. Lantanida Journal, 6(1), 49.https://doi.org/10.22373/lj.v6i1.3173

Permendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 65 Tentang Standar Proses 1. (1), 1–11.

Rohani. (2019). Diktat Media Pembelajaran. In Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Soemantri, S. (2019). PBL Dengan Pendekatan Realistic Mathematic Meningkatkan Nilai Karakter Siswa Berkebutuhan Khusus. MATH DIDACTIC: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 5(1), 1–12.

Downloads

Published

2021-12-23

Issue

Section

Articles