SMART PACKAGING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HARGA JUAL “KEPENG AMINA” DI KABUPATEN SUMENEP

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7161

Keywords:

smart packaging, selling price.

Abstract

ABSTRAK

Salah satu industri rumah tangga yang berlokasi di Desa Ketawang Larangan, Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep yaitu IRT Kepeng Amina. Usaha ini memiliki potensi untuk terus berkembang serta dapat meningkatkan perekonomian para petani singkong disekitar lokasi tersebut. Beberapa permasalahan yang dialami mitra diantaranya yaitu Packaging (Kemasan), Pemasaran dan Harga Jual. Adapun solusi yang ditawarkan dalam program PkM ini yaitu smart packaging, pemasaran melalui e-commerce dan peningkatan harga jual kepeng. Metode yang digunakan dalam PkM ini yaitu terdiri dari 4 tahap, yaitu : 1) Tahap Analisis Kebutuhan, 2) Tahap Perancanagan, 3) Tahap Pendampingan dan Implementasi dan kemudian diakhiri dengan tahap 4) Tahap Evaluasi. Hasilnya menunjukkan bahwa dengan penggunaan smart packaging, Kepeng Amina memiliki pangsa pasar baru sehingga dapat meningkatkan penjualannya.

 

Kata kunci: smart packaging; harga jual.

 

ABSTRACT

One of the home industries located in Ketawang Larangan Village, Ganding District, Sumenep Regency is IRT Kepeng Amina. This business has the potential to continue to grow and can improve the economy of cassava farmers around the location. Some of the problems experienced by partners include Packaging, Marketing and Selling Prices. The solutions offered in this PkM program are smart packaging, marketing through e-commerce and increasing the selling price of kepeng. The method used in this PkM consists of 4 stages, namely: 1) Needs Analysis Stage, 2) Design Stage, 3) Assistance and Implementation Stage and then ends with stage 4) Evaluation Stage. The results show that with the use of smart packaging, Kepeng Amina has a new market share so that it can increase its sales.

 

Keywords: smart packaging; selling price.

Author Biographies

Arief Hidayatullah Khamainy, Universitas Wiraraja

Department of Accounting, Faculty of Economics and Bussiness

Mohammad Rofik, Universitas Wiraraja

Department of Management, Faculty of Economics and Bussiness

References

Andriani, F. (2021). Pengaruh Iklan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Tokopedia (Studi Kasus Pada Pengguna Tokopedia Di Jabodetabek). Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 1(3), 266–278.

Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Sosio E-Kons, 10(1), 20. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i1.2223

Boing Sitanggang, A., Fakhrian Irsali, M., & Rawdkeun, S. (2020). INKORPORASI OLEAT DAN EKSTRAK ANTOSIANIN PADA FILM GELATIN SEBAGAI INDIKATOR pH UNTUK KEMASAN PINTAR. Jurnal Teknologi Dan Industri Pangan, 31(1), 66–75. https://doi.org/10.6066/jtip.2020.31.1.66

Imawan, C., Fitriana, R., Listyarini, A., Sholihah, W., & Pudjiastuti, W. (2018). Kertas Label Kolorimetrik Dengan Ekstrak Ubi Ungu Sebagai Indikator Pada Kemasan Pintar Untuk Mendeteksi Kesegaran Susu. Jurnal Kimia Dan Kemasan, 40(1), 25. https://doi.org/10.24817/jkk.v40i1.3525

Nitiyacassari, N., Kuswandi, B., & Pangaribowo, D. A. (2021). Label Pintar untuk Pemonitoran Kesegaran Daging Ayam pada Kemasan ( Smart Labels for Monitoring of Chicken Meat Freshness in Package ). E-Journal Pustaka Kesehatan, 9(2), 123–128.

Schaefer, D., & Cheung, W. M. (2018). Smart Packaging: Opportunities and Challenges. Procedia CIRP, 72, 1022–1027. https://doi.org/10.1016/j.procir.2018.03.240.

https://www.idipac.com

Downloads

Published

2022-03-15

Issue

Section

Articles