PELATIHAN PENGUATAN LITERASI SAINS, KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN TEKNOLOGI BAGI GURU-GURU SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7175Keywords:
scientific lietarcy, science process skill, technologyAbstract
ABSTRAK
Literasi sains dan keterampilan proses sains merupakan kemampuan yang dibutuhkan dalam abad 21. Selain itu penguasaan teknologi dalam pembelajaran juga menjadi tuntutan dalam pembelajaran. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan penguatan literasi sains, keterampilan proses sains dan teknologi bagi guru-guru SDN Cipinang Cempedak 05 dan 06 Pagi. Sasaran dari kegiatan ini adalah 15 orang guru yang merupakan mitra pengabdian. Kegiatan dilaksanakan secara luring di aula SDN Cipinang Cempedak 05 dan 06 Pagi. Kegiatan terdiri dari tiga tahap yaitu 1) Pemaparan materi literasi sains dan keterampilan proses sains, 2) Pemaparan materi dan praktek penggunaan aplikasi Quizizz, 3) Pemaparan materi dan praktek pembuatan dan edit video pembelajaran menggunakan program Powerpoint. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Analisis data menggunakan rata-rata respon peserta. Hasil respon peserta menunjukkan hasil yang positif dimana para guru mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dalam literasi sains, keterampilan proses sains serta penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Kendala dalam kegiatan ini terkait dengan penggunaan alat bantu pelatihan.
Â
Kata kunci: literasi sains; keterampilan proses sains; teknologi
Â
ABSTRACT
Scientific literacy and science process skills are skills needed in the 21st century. Furthermore, mastery of technology in learning is very important at this time. The purpose of this service activity was to give a strengthening on scientific literacy, science process skills, and technology for SDN Cipinang Cempedak 05 and 06 Pagi’s teachers. The target of this activity is 15 teachers. The activity consists of three stages, namely 1) Presentation of the material scientific literacy and science process skills, 2) Presentation of the material and practice of using the Quizizz application, 3) Presentation of the material and practice of using Powerpoint to make and edit learning video. Data collection techniques was a questionnaire. Data analysis using the average of participant responses. The results of the participants' responses showed positive results where the teachers gained knowledge and skills in scient. The obstacles in this activity were related to the use of device of the activity.
Â
Keywords: scientific lietarcy; science process skill; technology
References
Belfali, Y. (2019). Programme for International Student Assessment (PISA) 2018 Result Indonesia. In Oecd 2019.
Indrawati. (2000). Keterampilan Proses Sains: Tinjauan Kritis dari Teori ke Praktis. Depdikbud Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru Ilmu Pengetahuan Alam.
Kemendikbud, B. (2019). Pendidikan di Indonesia belajar dari Hasil PISA 2018. In Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang KEMENDIKBUD (Issue 021, pp. 1–206). http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/16742
Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605
Suharsono, A. (2020). The Use of Quizizz and Kahoot! In The Training for Millennial Generation. Journal, International Education, Indonesian, 4(2), 332–342.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.