PELUANG USAHA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH KERAJINAN TANGAN ” PRODUK KULIT KREASINDO ” DI BARATAJAYA SURABAYA

Authors

  • Juliani Pudjowati Universitas Bhayangkara Surabaya
  • Susi Tri Wahyuni Universitas Bhayangkara Surabaya
  • Mayke Puspita Anindi Universitas Bhayangkara Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7782

Keywords:

leather based products, handicrafts, leather smes, kreasindo products

Abstract

ABSTRAK

Produk kerajinan tangan dari kulit yang dibuat oleh UMKM “ Kulit Kreasindo Product†yang berada di wilayah Barata Jaya Surabaya. Produk yang berbahan dasar kulit ini memiliki nilai jual yang cukup terbilang lumayan tinggi serta mampu mendorong perekonomian di Indonesia. Namun dari segi pemasaran produk ini masih belum terlalu luas, yaitu hanya mengandalkan event-event besar berupa pameran di Mall. Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa produk ini bisa sampai ke luar yang dihasilkan negeri. Produk pun sangat berguna, selain sebagai hiasan/dekorasi ruangan produk Kreasindo ini juga memiliki manfaat yang lebih seperti tempat tisu, toples, tempat payung, tas, tempat gelas air meniral dan masih banyak lagi. Tujuan untuk dilakukannya pengabdian ini ialah dengan memberi value added pengrajin-pengrajin yang ada di Surabaya untuk terus berkembang dan memberikan kontribusi terhadap perekonomian di Indonesia dan dijadikannya peluang usaha rumah tangga. Metode yang dipergunakan ialah (1) pelatihan/training terkait pada jasa atau barang, substitusi ipteks, difusi ipteks,  maupun simulasi ipteks; (2) Pendidikan berkelanjutan: (3) peningkatan/penyadaran pemahaman pada sebuah permasalahan; (4) pendampingan/konsultasi/mediasi. Hasil yang diperoleh dari pengabdian masyarakat ini ialah ditekankannya luaran program yang bisa berwujud sebagai barang/produk maupun jasa yang dihasilkannya oleh mitra sebagai indikator atas keberhasilannya program

 

Kata kunci: produk berbahan dasar kulit; kerajinan tangan; umkm kulit; produk kreasindo

 

ABSTRACT

Leather handicraft products made by UMKM "Kreasindo Leather Products" located in the Barata Jaya area of Surabaya. This leather-based product has a fairly high selling value and is able to encourage the economy in Indonesia. However, in terms of marketing this product is still not too broad, which only relies on large events in the form of exhibitions in malls. But it does not rule out the possibility that this product can be produced abroad. The product is also very useful, apart from being a room decoration, Kreasindo's products also have more benefits such as tissue holders, jars, umbrella holders, bags, meniral water glasses and many more. The purpose of this service is to provide value added for craftsmen in Surabaya to continue to develop and contribute to the economy in Indonesia and make it a home business opportunity. The methodologies used are (1) training/training related to services or goods, science and technology substitution, science and technology diffusion, and science and technology simulations; (2) Continuing education: (3) increasing/awareness of understanding on a problem; (4) assistance/consultation/mediation. The results obtained from this community service are the emphasis on programs that can be tangible as goods/products or services produced by partners as an indicator of the success of the program.

 

Keywords: leather based products; handicrafts; leather smes; kreasindo products

References

DJKN. (2020). UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terungkit. Kementrian Keuangan Republik Indonesia.

Erick Karunia, Ahmad Juliana, Syahran, Ahmatang, Nurul Hidayat, Budi Hasyim, Muh. Irfandy Azis, & Shalahuddin. (2021). Digital Marketing Training for UMKM of Tarakan City. International Journal Of Community Service. https://doi.org/10.51601/ijcs.v1i2.3

Hendriadi, A. A., Sari, B. nurina, & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1133

Jamiat, N., & Supyansuri, C. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Pada Umkm Sukapura Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. Atrabis.

Ningsih, A. K., & Witanti, W. (2021). Sistem Rekomendasi Penjualan Menu Makanan di UMKM Kuliner Menggunakan Association Rule. Jurnal ICT : Information Communication & Technology. https://doi.org/10.36054/jict-ikmi.v20i2.265

Nirwana, N. Q. S., & Biduri, S. (2021). Implementasi Digital Marketing Pada UMKM Di Era Revolusi Industri 4.0 (Study Pada UMKM Di Kabupaten Sidoarjo). BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal. https://doi.org/10.30651/blc.v18i1.5720

PENGARUH KARAKTERISTIK WIRAUSAHA, MODAL USAHA DAN TENAGA KERJA TERHADAP KEBERHASILAN UMKM BATIK. (2019). Economic Education Analysis Journal.

Purwana ES, Dedi, Rahmi, Aditya, S. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro , Kecil , Dan Menengah ( Umkm ). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM).

Savitri, R. V., & Saifudin, . . (2018). PENCATATAN AKUNTANSI PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (STUDI PADA UMKM MR. PELANGI SEMARANG). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). https://doi.org/10.35794/jmbi.v5i2.20808

Wahyuni, H. U. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Usaha Mikro Kecil (UMK) di Kabupaten Trenggalek. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB.

Downloads

Published

2022-03-07

Issue

Section

Articles