OPTIMASI UMKM DI KEC.KEDUNGBANTENG KAB.BANYUMAS MELALUI PENDEKATAN IPTEK GUNA KETAHANAN EKONOMI PADA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7951Keywords:
digital marketing, IPTEK, UMKM.Abstract
ABSTRAK
Hadirnya Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia mampu meratakan pertumbuhan ekonomi hingga ke pelosok daerah. Tingginya penyerapan tenaga kerja dapat mengurangi tingkat pengangguran hingga menurunnya angka kemiskinan. Pandemi COVID-19 di Indonesia yang berlangsung dari pertengahan Maret 2020 hingga kini telah menimbulkan dampak pada sektor ekonomi Indonesia. Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada kota-kota besar di Indonesia mengakibatkan kelumpuhan sektor ekonomi di berbagai wilayah salah satunya Banyumas. Metode yang dilakukan adalah dengan Participatory Action Research (PAR), dimana tim melakukan observasi guna mengidentifikasi permasalahan mitra UMKM, pelaksanaan dan evaluasi. Dari kegiatan yang telah dilaksanakan mitra cukup memahami tentang penggunaan IPTEK diantaranay konsep digital marketing dan mampu menggunakan internet untuk melakukan pemasaran. Meningkatnya kemampuan mitra dalam melakukan pemasaran diharapkan dapat membantu mitra untuk memperoleh pasar yang lebih luas dan meningkatkan daya saing mitra sebagai pelaku UMKM.
Â
Kata kunci: digital marketing; IPTEK; UMKM.
Â
ABSTRACT
The The presence of Micro, Small and Medium Enterprises (UMKM) in Indonesia is able to even out economic growth to remote areas. The high absorption of labor can reduce the unemployment rate and reduce the poverty rate. The COVID-19 pandemic in Indonesia which lasted from mid-March 2020 until now has had an impact on the Indonesian economic sector. The Large-Scale Social Restriction Policy (PSBB) in big cities in Indonesia has resulted in paralysis of the economic sector in various regions, one of which is Banyumas. The method used is Participatory Action Research (PAR), where the team conducts observations to identify the problems of UMKM partners, implementation and evaluation. From the activities that have been carried out, partners understand enough about the use of science and technology including the concept of digital marketing and are able to use the internet to do marketing. The increased ability of partners in marketing is expected to help partners to gain a wider market and increase the competitiveness of partners as UMKM actors..
Â
Keywords: digital marketing; IPTEK; UMKM.
ÂReferences
A. Budiyanto, (2020 ). “Analisis Kebijakan Pemerintah Kota Tangerang Selatan Dalam Memberdayakan Peranan UMKM dan Koperasi Terhadap Perekonomian Kota Tangerang Selatan,†J. Mandiri Ilmu Pengetahuan, Seni dan Teknol., vol. 4, no. 1, pp. 80–93.
E. F. Harahap, Luviana, and N. Huda, (2020). “Tinjauan Defisit Fiskal, Ekspor, Impor dan Jumlah UMKM terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia,†J. Benefita, vol. 5, no. Juli.
Sudarno, (2011.).“Kontribusi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Penyerapan Tenaga Kerja di Depok,†J. Ekon. dan Bisnis, vol. 10, no. 2, pp. 139–146.
L. M. Hamzah and D. Agustien, (2019). “Pengaruh Perkembangan Usaha Mikro , Kecil , dan Menengah Terhadap Pendapatan Nasional Pada Sektor UMKM di Indonesia,†J. Ekon. Pembang., vol. 8, no. 2, pp. 127–135.
F. R. Yamali and R. N. Putri, (2020 ). “Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi Indonesia,†Ekon. J. Econ. Bus., vol. 4, no. September, pp. 384–388.
A. F. Thaha, (2020). “DAMPAK COVID-19 TERHADAP UMKM DI INDONESIA,†J. Brand, vol. 2, no. 1.
B. D. Komara, H. C. Setiawan, and A. Kurniawan, (2020).“Jalan Terjal UMKM dan Pedagang Kecil Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19 dan Ancaman Krisis Ekonomi Global,†J. Manaj. Bisnis, vol. 17, no. 3, pp. 342–359.
Sumarwoto, (2020 ). “Bupati: Warga Banyumas diminta Pahami Larangan Hajatan,†Antarajaten.
R. A. A. Saputri, I. Darmawan, and A. A. N. Fajrillah, “Transformasi Digital bagi UMKM dengan Perancangan Enterprise Architecture Menggunakan TOGAF ADM (Studi Kasus : UMKM Penghasil Makanan Khas Daerah),†TIARSIE, vol. 16, no. 1, pp. 17–22
N. Sunardi, R. Lesmana, Kartono, Rudy, and W. Hasbiyah, (2019). “Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi UMKM Pasar Modern Intermoda Bsd City Tangerang Selatan di Tengah Pandemi,†J. Abdi Masy. Humanis, vol. 2, no. 1, 2020.
Sakban, I. Nurmal, and R. Bin Ridwan, (2019). “Manajemen Sumber Daya Manusia,†J. Adm. Educ. Manag., vol. 2, pp. 93–104
G. Murdjito, (2012). “Metoda Pengabdian Pada Masyarakat,†in Pelatihan Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.