WORKSHOP ASISTEN PRAKTIKUM PADA CALON GURU FISIKA
DOI:
https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i2.8139Keywords:
workshop, practicum assistant, basic physic, teacher in the futureAbstract
ABSTRAK
Berdasarkan analisis permasalahan isu pendidikan pada bidang fisika, tidak semua guru menguasai penggunaan alat-alat laboratorium untuk praktikum. Padahal penting bagi guru mempunyai kecakapan ilmiah agar tidak ada lagi isu bahwa guru belum bisa menggunakan alat praktikum yang membuat siswa tidak melakukan praktikum fisika. Guru merupakan jembatan bagi siswa untuk mentransfer ilmunya. Oleh karena itu, tim pengabdian masyarakat memberikan antisipasi kepada calon guru fisika agar tidak terjadi lagi hal tersebut dengan adanya workshop asisten praktikum pada calon guru fisika. Tujuan dari workshop ini adalah untuk mengembangkan kecakapan ilmiah calon guru fisika. Metode yang dilakukan pada pengabdian ini adalah demonstrasi, praktek langsung dan tanya jawab. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa semester 5 yang nantinya akan menjadi asisten praktikum fisika. Hasil dari kegiatan ini berkembangnya kecakapan asisten praktikum sehingga dapat membina mahasiswa yang mengambil mata kuliah praktikum fisika dasar sebagai calon guru fisika. Dari kegiatan ini diharapkan diharapkan dapat membuat calon guru fisika mengimplementasikan ilmunya ketika mengajar nanti.
Â
Kata kunci: workshop; asisten praktikum; fisika dasar; calon guru
Â
ABSTRACT
Based on the analysis of educational issues in the field of physics, not all teachers master the use of laboratory equipment for practicum. Even though it is important for teachers to have scientific skills so that there are no more issues that teachers cannot use practical tools that prevent students from doing physics practicum. The teacher is a bridge for students to transfer their knowledge. Therefore, the community service team provides anticipation for prospective physics teachers so that this will not happen again with a practicum assistant workshop for prospective physics teachers. The purpose of this workshop is to develop the scientific skills of prospective physics teachers. The methods used in this service are demonstration, direct practice and question and answer. This activity is attended by 5th semester students who will later become physics practicum assistants. The result of this activity is the development of practical assistant skills so that they can foster students who take basic physics practicum courses as prospective physics teachers. It is hoped that this activity can make prospective physics teachers implement their knowledge when teaching later.
Â
Keywords: workshop; practicum assistant; basic physic; teacher in the future
References
Ariani, T., & Yolanda, Y. (2019). Effectiveness of Physics Teaching Material based on Contextual Static. Kasuari: Physics Education Journal, 2(2), 70=81.
Ariesta, R., & Supartono. (2011). Pengembangan Perangkat Perkuliahan Kegiatan Laboratorium Fisika Dadar II Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Mngembangkankan Kerja Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(1), 62-68.
Aththibby, A., & Salim, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Analisis Flash Topik Bahasan Usaha dan Energi. JPF: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 25-33.
Dari, R., & Suzima, A. (2019). Identification of The Independence Character Value Applied of Students in Physics Learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 6(2), 20-26.
Didik, L. (2019). Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Listrik Magnet dari Barang Bekas untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Calon Guru Fisika. J. Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, 3(2), 70-74.
Ismail, M. (2010). Kinerja dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 13(1), 44-63.
Kurnianto, P., Dwijananti, P., & Khumaedi. (2010). Pengembangan Kemampuan Menyimpulkan dan Mengkomunikasikan Konsep Fisika Melalui kegiatan Praktikum Fisika Sederhana. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1), 6-9.
Kustijono, R. (2011). Implementasi Student Centered Learning Dalam Praktikum Fisika Dasar. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 1(2), 19-32.
Marianus, & Tulandi, D. (2021). PKM Peningkatan Kompetensi Guru Fisika SMA Dalam Mengembangkan Kemampuan Pembuatan Alat Praktikum. EDUPREUNER: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidan Kewirausahaan, 4(2), 19-21.
Murni, S., Susilawati, & Sridana, N. (2018). Perbedaan Prestasi Belajar Pada Pembelajaran Fisika dengan Menggunakan Laboratorium Real dan Virtual Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 1(1), 68-74.
Noorjannah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1), 97-114.
Pratiwi, D., Astutik, S., & Maryani. (2018). Model Pembelajaran Collaborative Creativity Berbantuan Virtual Laboratory Pada Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(3), 229-234.
Prayogi, R., & Estetika, R. (2019). Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 144-151.
Qomariyah, N., Wirawan, R., Minardi, S., Alaa', S., & Handayana, I. (2020). Pendalaman Konsep Fisika Menggunakan Alat Peraga Berbasis Mikrokontroler Pada Siswa SMA. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan , 4(1), 491-495.
Rapi, N. (2017). Laboratorium Fisika I. Depok: RajaGrafindo.
Rizqa, A., Harjono, A., & Wahyudi. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Post Organizer. ORBITA: Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 243-247.
Sapiruddin, Novianti, B., & Kertanah. (2021). Edukasi dan Pendampingan Praktikum Fisika Pada Siswa Menengah Atas Negeri 1 Suralaga Kecamatan Suralaga. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 738-742.
Satrio, Harjono, A., & Sahidu, H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Eksperimen Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Penguasaan Scientific Method Calon Guru. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(1), 126-133. doi:https://doi.org/10.29303/jipp.v6i1.168
Selamet, M. (2014). Pengaruh Kompetensi Supervisi Manajerial dan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah terhadap Kinerja Guru (Studi Deskriptif Kuantitatif pada SMP Negeri di Kota Banjar). (Studi Deskriptif Kuantitatif pada SMP Negeri di Kota Banjar), 2(1), 73-85.
Suchaina, Kartika, D., Ayunin, K., & Fitriyah. (2019). Pendampingan Ekstrakulikuler Menjahit Untuk Meningkatkan Soft Skills dan Kesiapan Berwirausaha Siswa Madrasah Aliyah (MA) Sunan Ampel Keraton Pasuruan. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(2), 115-124.
Sukmawa, O., Rosidin, U., & Sesunan, F. (2019). Pengembangan Instrumen Asesmen Kinerja (Performance Assesment) Praktikum Pada Mata Pelajaran Fisika di SMA. JPF: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 116-129.
Suprianto, Khalida, S., & Andi, H. (2017). Panduan Praktikum Fisika Dasar 1 Berbasis Guided Inquiry Terhadap Penongkatan Hard Skills dan Soft Skills Mahasiswa. Momentum: Physics Education Journal., 1(2), 122-139. doi:http://dx.doi.org/10.21067/mpej.v1i2.2073
Susilawati, Doyan, A., Harjono, A., & Kosim. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Media Virtual Program Java Pada Guru Fisika Dan Siswa SMA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 1(1), 4-10.
Tiandho, D., Gusa, R., Indriawati, A., Aldila, H., & Kurniawan, W. (2020). Pelatihan Pengajaran Fisika Berbasis Simulasi Menggunakan Perangkat Lunak PhET Bagi Guru IPA di Bangka sebagai Perangkat Laboratorium Virtua. ABIMANYU: Journal of Community Engagement, 1(2), 55-61.
Tulandi, D., & Marianus. (2021). KKN PPM Pembelajaran Fisika Berbasis Alam di SMA Kristen Imanuel Laikit 2020. EDUPRENEUR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Kewirausahaan, 4(2), 1-7.
Umboh, S. (2017). Pelatihan Merancang Alat Praktikum dan Pemantapan Materi Fisika SMP Bagi Guru-Guru Fisika. Jurnal ABDIMAS, 10(1), 77-81.
Winarti, W., Yuliani, H., Rohmadi, M., & Septiana, N. (2021). Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Discovery Learning. This is an open access article under the CC–BY-SA license, 5(1), 47-54. doi:https://doi.org/10.20527/jipf.v5i1.2789
Yanti, D., Subiki, & Yushardi. (2016). Analisis Sarana Prasarana Laboratorium Fisika dan Intensitas Kegiatan Paraktikum Fisika Dalam Mendukung Pelaksanaan Pembelajaran Fisika SMA Negeri di Kabupaten Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 41-46.
Zuhdi, M., Makhrus, M., Wahyudi, Ardhuha, J., Susilawati, & Raharja, P. (2021). Pelatihan Fisika Aeromodellinguntuk Siswa SMA Negeri 1 Mataram. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia (JPMSI), 3(2), 278-281. doi:https://doi.org/10.29303/jpmsi.v3i2.139
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.