PENDAMPINGAN PEMBUATAN INSTAGRAM DALAM PEMASARAN PRODUK LOKAL DESA BAHAL GAJAH, KAB. SIMALUNGUN

Authors

  • Damayanti Safitri Universitas Simalungun
  • Hafiz Azhar Universitas Simalungun
  • Liharman Saragih Universitas Simalungun
  • Taufik Parinduri Universitas Simalungun
  • Mahaitin H. Sinaga Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i2.8221

Keywords:

technology utilization, social media, accompaniment.

Abstract

ABSTRAK

Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang dihasilkan oleh masyarakat di Desa Bahal Gajah salah satunya adalah membuat produk hiasan dinding dan bunga yang terbuat dari limbah kulit jagung yang dilakukan oleh para pemuda – pemudi  dimana salah satu sektor penghasilan terbesar di Desa Bahal Gajah adalah bertani jagung. Banyak kendala yang dihadapi terutama dalam hal pemasaran produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah sehingga masih kurang maksimal dalam hal penjualan, mereka biasanya hanya menjual produknya di pasar dengan membuka lapak. Strategi pemasaran yang dijadikan solusi adalah dengan memanfaatkan teknologi yang akan menjadi kekuatan dalam pemasaran produk yang dihasilkan. Oleh sebab itu kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memanfaatkan media sosial instagram untuk pemasaran. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini berupa demonstrasi dan praktek langsung. Harapan dari dilakukan nya kegiatan ini dapat merubah wawasan pemuda - pemudi agar dapat melakukan pemasaran melalui media sosial instagram.

 

Kata kunci: pemanfaatan teknologi; media social; pendampingan.

 

ABSTRACT

One of the Micro Small and Medium Enterprises products produced by the community in Bahal Gajah village is making wall and flower decoration products made from corn husk waste which is carried out by young people where one of the biggest income sectors in Bahal Gajah village is corn farming. Many obstacles are faced, especially in terms of marketing  pro Micro Small and Medium Enterprises pducts so that they are still not optimal in terms of sales, they usually only sell their products in the market by opening stalls. The marketing strategy used as a solution is to utilize technology that will be a strength in marketing the resulting product. Therefore, this service activity aims to utilize Instagram social media for marketing. The method used in this service activity is in the form of demonstration and direct practice. It is hoped that this activity can change the insight of young people so that they can do marketing through social media Instagram.

 

Keywords: technology utilization; social media; accompaniment.

References

Handayani, S., Ghofur, A., & Fadhillah, D. N. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Kdalam Pengabdian dan Pendampingan Pemasaran Produk Hasil Homemade dengan Media Sosial di Desa Deketagung Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 299-304.

Khairani, Z., Soviyant, E., & Aznuriyandi, A. (2018). Efektivitas promosi melalui instagram pada umkm sektor makanan dan minuman di Kota Pekanbaru. Jurnal Benefita, 3(2), 239-247.

Lestari, D. P. (2015). Analisis strategi internet marketing butik online di Surabaya melalui instagram. Commonline Departemen Komunikasi, 4(2), 412-424.

Priambada, S. (2015). Manfaat penggunaan media sosial pada usaha kecil menengah (UKM). SESINDO, 2015.

Raharjo, T., & Prasetyo, D. H. (2018). Pendampingan Optimalisasi media sosial sebagai sarana pemasaran produk. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 2(2), 288-306.

Ramadhan, K. A., Chaelani, S., Yulianti, Y., & Rahman, A. (2021). Pemberdayaan UMKM Jahe Merah BunTik Dengan Penggunaan Instagram Marketing. Paper presented at the Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.

Rini, E. S., & Arini, N. W. S. (2019). Pemanfaatan teknologi informasi sebagai media promosi produk hasil kerajinan Dynler (Dainy Leather). WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(1), 118-123

Soelaiman, L., & Utami, A. R. (2021). gram dan Dampaknya Terhadap Kinerja UMKM. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 5(1), 124-133.

Sudirwo, S., Nurriqli, A., & Risanta, M. (2021). Pemanfaatan Instagram bagi Pengembangan Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Banjarbaru. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Adopsi Media Sosial Insta Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan, 5(1), 50-57.

Tatarina, W. A. W., & Husna, J. (2017). Dampak Media Sosial Instagram@ jaklib_cikini sebagai Media Promosi Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta Cikini. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1), 351-360.

Downloads

Published

2022-06-05

Issue

Section

Articles