PENINGKATAN SKILL GURU UNTUK PEMBUATAN GOOD PRESENTATION DI YAYASAN PENDIDIKAN MAMBAUL ULUM, KABUPATEN MOJOKERTO

Authors

  • Yesy Diah Rosita Universitas Islam Majapahit http://orcid.org/0000-0003-3614-6725
  • Ronny Makkhfuddin Akbar Universitas Islam Majapahit
  • Mimin Fatchiyatur Rohmah Universitas Islam Majapahit
  • Luki Ardiantoro Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i2.8443

Keywords:

covid-19, learning materials, microsoft power point.

Abstract

ABSTRAK

Peran guru di dunia pendidikan sangat penting dalam masa depan bangsa. Guru tidak hanya mengajar namun juga mendidik siswa untuk menjadi pribadi yang tidak hanya cerdas namun memiliki akhlak yang baik. Adanya pandemi covid-19 memberikan dampak positif bagi guru meskipun juga memiliki dampak negatif dengan banyak jumlah korban yang meninggal akibat Covid-19 sejak tahun 2020. Dampak positifnya bagi guru adalah secara tidak langsung memaksa guru untuk lebih kreatif dalam penyajian materi pembelajaran kepada siswa. Aplikasi pembuatan materi pembelajaran sangatlah variatif namun masing-masing memiliki kelemahan dan kelebihannya. Aplikasi Micosoft Power Point merupakan aplikasi yang paling umum dan hampir tersedia di seluruh sistem operasi Windows. Guru SMK Grafika di Yayasan Pendidikan Mambaul Ulum Kabupaten Mojokerto bekerjasama dengan Program Studi Teknik Informatika-Universitas Islam Majapahit untuk mengadakan kegiatan workshop tentang pembuatan materi pembelajaran yang memiliki nilai good presentation dalam rangka upaya untuk meningkatkan pengetahuan guru dan keahlian (skill) dalam    hal tersebut. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test serta produk materi pembelajaran yang dihasilkan tingkat pengetahuan para guru SMK Grafika tentang penggunaan Micorosoft Power Point dalam pembuatan materi pembelajaran mencapai 56.43% dan produk yang dihasilkan dalam kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa dengan adanya workshop dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh para guru SMK Grafika.

 

Kata kunci: covid-19; materi pembelajaran; microsoft power point.

 

ABSTRACT

The role of teachers in education is very important in the future of the nation. Teachers not only teach but also educate students to become individuals who are not only intelligent but have good morals. The existence of the covid-19 pandemic has had a positive impact on teachers although it also has a negative impact with a large number of victims who have died from Covid-19 since 2020. The positive impact for teachers is that it indirectly forces teachers to be more creative in presenting learning materials to students. Applications for making learning materials are very varied, but each has its advantages and disadvantages. The Microsoft Power Point application is the most common application and is almost available on all Windows operating systems. Graphics Vocational School teachers at the Mambaul Ulum Education Foundation, Mojokerto Regency in collaboration with the Informatics Engineering Study Program-Majapahit Islamic University to hold a workshop on making learning materials that have good presentation values in an effort to increase teacher knowledge and skills in this regard. Based on the results of the pre-test and post-test as well as the learning material products produced, the level of knowledge of the Graphic Vocational High School teachers about the use of Microsoft Power Point in making learning materials reached 56.43% and the resulting product was in a good category. This shows that the existence of a workshop can help solve the problems faced by the Graphic Vocational High School teachers.

 

Keywords: covid-19; learning materials; microsoft power point.

References

Istimewa, L., Indrawati, & Wicaksono, I. (2021). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Menggunakan Platform Schoology Pada Materi Ipa ( Pencemaran Lingkungan ) Terhadap Kemandirian Belajar dan Hasil. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 52–63.

Kurniawati, A., & Ardiansyah. (2020). Analisis Performa Perangkat Lunak Antivirus dengan Menggunakan Metodologi Pengukuran Performance. Jurnal Ilmiah MATRIK, 22(1), 43–54.

Maulana, I., & Patrikha, F. D. (2021). Analisis Kinerja dan Strategi berdasarkan Analisis SWOT dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Performance Analysis and Strategies based on SWOT Analysis in An Effort to Improve Service Quality. 18(4), 770–775.

Ramadanti, E., Mukhlis, I., & Utomo, S. H. (2021). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Pendidikan Tinggi di Kota Malang. 1(3), 209–218.

https://doi.org/10.17977/um066v1i32021p 209-218

Rosita, Y. D., Jayanti, R., & Ainiyah, N. (2021). Pelatihan Bahan Ajar Tematik Berbasis Multimedia untuk Guru SMPLB-ACD Pertiwi, Mojokerto Yesy. E-DIMAS, 12(1), 125–131. http://103.98.176.9/index.php/e- dimas/article/view/3597

Sudihartono, Y. (2020). Penerapan Quizizz Dalam Pelaksanaan Penilaian Pengetahuan Peserta Diklat di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Lentera Pendidikan, 5(1), 1–15.

Downloads

Published

2022-06-05

Issue

Section

Articles