SOSIALISASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA PADA ANAK-ANAK DENGAN MEDIA VIDEO
DOI:
https://doi.org/10.31764/jpmb.v2i2.881Keywords:
Pendidikan Karakter, Budaya, Media VideoAbstract
Pengabdian kepada Masyarakat dilaksanakan di TPQ di Mushola Baumata yang merupakan tempat belajar Al Quran bagi anak-anak yang berada di Baumata Barat Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang. Peran keluarga terutama orang tua di daerah Baumata Barat dalam mengembangkan karakter anak-anak mereka belum sepenuhnya maksimal sehingga perkembangan karakter anak dalam bidang spiritual, emosional dan intelektual belum begitu seimbang dan selaras. Selain itu banyak anak-anak yang ternyata sudah tidak mengenal atau belum mengenal nilai-nilai sosial budaya yang ada dan ternyata mengandung nilai-nilai karakter yang luhur. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu munculnya karakter yang berbasis budaya/kearifan lokal dari anak-anak TPQ tersebut karena dengan hal-hal tersebut kami berharap anak-anak mampu bersaing dengan individu lain dalam berbagai konteks. Untuk menumbuhkan karakter tersebut pada anak-anak di TPQ diperlukan kegiatan secara bertahap agar tercipta kebiasaan yang teratur selain belajar membaca Al Qur’an. Metode kegiatan pengabdian ini yaitu metode kajian kualitatif deskriptif. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penayangan media video berbais budaya pada anak-anak TPQ ternyata dapat membantu anak-anak lebih mudah memahami nilai-nilai karakter sesuai dengan budaya yang mereka miliki. Pendidikan karakter menjadi sangat penting terutama anak-anak karena karakter menjadi dasar seorang individu untuk bersaing di masa yang akan datangDownloads
Published
2019-05-29
Issue
Section
Articles
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.