WORKSHOP PENERAPAN EDPUZZLE TERINTEGRASI GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KETERLIBATA SISWA SMK PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH BAGI GURU-GURU SMK IPTEK SANGGABUANA PANGKALAN KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.8917Keywords:
workshop, edpuzzle, google classroom, PJJ.Abstract
ABSTRAK
Berdasarkan hasil analisis dan wawancara yang telah dilakukan, terdapat beberapa masalah yang dihadapi oleh guru-guru SMK Iptek Sanggabuana Karawang selama mengajar pembelajaran jarak jauh sesuai dengan ketetapan pemerintah Indonesia agar mencegah penyebaran virus covid-19. Permasalahan pertama yaitu banyak guru yang masih belum paham mengenai aplikasi pembelajaran yang efektif bagi guru maupun siswa, kemudian yang kedua siswa menjadi kurang tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran jarak jauh karena keterbatasan penggunaan aplikasi yang tidak bervariatif. Maka dari itu selaras dengan permasalahan yang ada, tujuan pelatihan ini yaitu untuk memudahkan guru-guru SMK Iptek Sanggabuana Karawang dalam penerapan aplikasi pembelajaran khususnya aplikasi edpuzzle yang terintegrasi dengan google classroom. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah dengan metode ceramah dan praktek. Kegiatan pelatihan dilakukan selama satu hari dan melibatkan 20 guru SMK Iptek Sanggabuana Karawang. Hasil dari pelatihan tersebut yaitu guru-guru menjadi lebih paham untuk menerapkan aplikasi edpuzzle terintegrasi dengan google classroom pada kelas pembelajaran jarak jauh agar lebih efektif, serta siswa pun tertarik dan lebih semangat selama proses pembelajaran karena aplikasi yang digunakan lebih bervariatif, dan interaktif.
Â
Kata kunci: workshop; edpuzzle; google classroom; PJJ.
Â
ABSTRACT
Based on the results of the analysis and interviews that have been carried out, there are several problems faced by teachers of SMK Iptek Sanggabuana Karawang during teaching distance learning in accordance with the provisions of the Indonesian government in order to prevent the spread of the covid-19 virus. The first problem is that many teachers still do not understand about effective learning applications for teachers and students, then the second is students become less interested in participating in distance learning activities because of the limitations of using applications that are not varied. Therefore, in line with the existing problems, the purpose of this training is to make it easier for teachers of SMK Iptek Sanggabuana Karawang in implementing learning applications, especially the edpuzzle application which is integrated with google classroom. The method used in this workshop is the lecture method and practice. The training activity was carried out in one day and involved 20 teachers of SMK Iptek Sanggabuana Karawang. The results of the workshop were that teachers became more understand to implementing the edpuzzle application integrated with Google Classroom in distance learning classes to be more effective, and students were interested and more enthusiastic during the learning process because the applications used were more varied, and interactive.
Â
Keywords: workshop; edpuzzle; google classroom; PJJ.
References
Achmad, N,, Ganiati,, Kur’aeni. (2021) IMPLEMENTASI EDPUZZLE DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA ERA NEW NORMAL
Amaliah. (2020). Implimentation of Edpuzzle to Improve Students’ analytical Thingking Skill In Narrative Text. Prosidi:Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra Program Studi Bahasa Inggris Universitas Trunojaya, 14(1), 35-44.
Atikah, Rini,. Rani Titik Prihatin. (2021). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.
Habibi, A. (2020). Normal baru pasca COVID-19. Hukum dan Keadilan. 4(1),197-204. DOI:10.15408/adalah.v4i1.15809.
Puspitaloka, Nina. (2020). Pelatihan Basic English for Computing untuk Siswa SMK TEKSAS Purwakarta.
Sirri, Evi, Latifatus,. dan Puji Lestari. (2020). Implementasi Edpuzzle Berbantuan Whatsapp Group sebagai Alternatif Pembelajaran Daring pada Era Pandemi.
Sundi, V. H., Astari, T., Rosiyanti, H., & Ramadhani, A. (2021). Efektivitas Penggunaan Edpuzzle dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.